Cerahnya Langit Malam

Hari Kamis tanggal 7 Mei 2020, merupakan hari di mana bulan purnama tampak sangat cantik. Apalagi langit malam itu sedang cerah sekali, sehingga planet dan bintang dapat terlihat sinarnya. Saya sudah lama sekali tidak melihat langit malam secantik malam itu. Warna langit terlihat biru gelap, bulan purnama berwarna kuning oranye dengan bagian sinar halo yang terlihat jelas.

Saat bulan baru terbit, di bagian langit sebelah Barat, saya bahkan masih bisa melihat bintang kejora alias Planet Venus berpendar oranye cantik sekali. Jarang-jarang saya bisa melihat Planet Venus secerah hari itu. Apalagi mengingat saya melihatnya saat pukul 18.30 yang berarti langit sudah cukup gelap. Di sisi lain Planet Venus saya pun bisa melihat planet lain yang juga bersinar cerah. Sayang saya ga tahu pasti planet apa yang saya lihat. Sedangkan di bagian Selatan, rasi bintang berbentuk layang-layang atau terkenal dengan rasi Crux pun terlihat berkelap-kelip.

sebuah titik yang merupakan Planet Venus

Saya sampai menelpon salah seorang sahabat dan memintanya melihat ke langit yang berujung kita ngobrol soal hidup kita berdua akhir-akhir ini. Asyik sekali rasanya bisa bermandikan cahaya bulan di hari itu. Hingga saat sahur, saya pun melihat sekejap sinar bulan yang masih sama terangnya. Sebuah percikan kebahagiaan dan juga menumbuhkan ketakjuban dari tanda–tanda kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

4 thoughts on “Cerahnya Langit Malam

  1. kalo yg terbit dari barat berarti Venus ya Ra….

    dulu seingatku jaman sekolah dikasih tau kalo Venus dari sini, Mars terbit dari arah mana, sekarang lupa hehe…

    • Venus mah selalu ngikut sama matahari Mas Isna. Kadang keliatan waktu matahari terbit atau tenggelam. Kalo Mars tuh asa lebih tinggi posisinya dari Venus. Cuma yah akupun jarnag merhatiin.

Leave a comment