Bersantai di Sihanoukville

UBUW5348

Sihanoukville

Saat merencanakan jalan-jalan ke tiga negara, saya ingin memasukkan pantai di beberapa hari kami pergi. Saya sih bebas aja mau melihat pantai di Kamboja atau di Thailand, yang penting ke pantai. Kasian kak, anak gunung jarang liat pantai :’) . Awalnya sempat terpikir untuk ke Pattaya, tapi setelah melihat beberapa foto dan testimoni yang mengatakan betapa ramainya di sana kita mencoret Pattaya dari daftar.

Jadi mantai ke mana dong? Teh Zen pun mencetuskan untuk ke Sihanoukville. Awalnya saya ga tahu soal keberadaan Sihanoukville hingga melihatnya di google. Pantainya biru dan sepiiii. Teh Win pun setuju buat ke Sihanoukville. Setelah menghitung hari, kami menyisihkan waktu tiga hari dua malam di sini.

Perjalanan ke Sihanoukville ditempuh selama 5-6 jam naik travel dari Phnom Penh. Saya, Teh Zen, dan Teh Win sengaja memilih berangkat siang sehingga bisa sampai saat matahari terbenam. Apakah kita ngeliat matahari terbenam di hari pertama? tentu tidaaaakk. Kami memilih untuk meluruskan badan di hotel. Malamnya baru keluar untuk makan di Olive&Olive Mediterranean Food yang ada di dekat hotel.

IMG_0357

Makan malam pertama

Selama di Sihanoukville kita memang memilih untuk bersantai. Kehidupan di sini pun berjalan dengan lambat dan malemnya pun tergolong sepi. Ketika jam delapan memang ada beberapa bar yang memainkan musik. Tapi jam 11 malam udah pada selesai loh. Jadi sunyi lagi!! Kalau dilihat-lihat Sihanoukville memang kota transit untuk turis yang ingin menghabiskan waktu di pulau-pulau sekitar Sihanoukville seperti Pulau Koh Rong. Kalau kita sih udah seneng bisa leyeh-leyeh santai di Sihanoukvillenya.

Di pagi hari kedua, kami berjalan menuju Pantai Serendipity. Menurut temen saya yang pernah ke Sihanoukville, pantai ini sebenernya ga direkomendasikan karena termasuk kotor dan banyak yang jualan. Kenyataannya pantainya lebih bersih dan jernih dibandingkan Kute!! Memang sih beberapa kali saya menemukan sedotan atau kaleng minuman, tapi ga banyak. Airnya pun jernih!! Saya betah loh maen air di sini. Kita bahkan menemukan banyak ikan yang berenang sampai bibir pantai. Lucuuu banget!!

IMG_0368

Serendipity Beach

Kami pun berjalan hingga sampai di Pantai Oucheuteal. Pantai ini terasa berbeda dengan pantai sebelumnya. Kalau di Pantai Serendipity kehidupan pantainya baru berjalan sore ke malam mengingatkan saya akan Jimbaran Bali. Sedangkan Pantai Oucheuteal dari pagi sudah menggeliat. Kursi-kursi pantai di pasang dan kalau mau duduk di sana mesti bayar 10 usd!! Selama main di pantai ini pun akan banyak tukang pijat, pedagang kelapa muda, seafood bakar, serta tukang gelang yang menjajakan jualannya. Untuk yang mau snorkeling atau bermain jet-ski bisa meminjam peralatannya di Pantai Oucheutal.

IMG_0403

Pantai Oucheuteal

Saat matahari semakin naik, kami memutuskan untuk berjalan kembali ke hotel sambil mencari makan siang. Sepanjang perjalanan kami merasakan sepinya Sihanoukville. Padahal waktu sudah menunjukkan pukul dua belas siang loh!! Untuk makan siang kami mencoba makanan Turki yang berada di perempatan jalan sambil leyeh-leyeh di bawah pohon rindang. Porsi makanan yang besar membuat kami enggan segera beranjak dan memilih untuk menikmati siang di sana.

IMG_0432

our lunch at Benetton Turkish Food

IMG_0436

porsi besar

Sore harinya kami pun ingin melihat matahari tenggelam dari pantai yang lain, Pantai Otres yang berjarak sekitar 8 km dari Serendipity. Tentu saja kami memilih untuk memakai tuk-tuk ke sana. Enak banget rasanya naik tuk-tuk yang berjalan pelan di Kamboja. Tuk-tuknya beneran beda deh sama tuk-tuk Bangkok. Di Pantai Otres, matahari ternyata masih tinggi dan terlihat awan mendung ­čśŽ . Sambil menantikan matahari turun lagi-lagi kami bermain air, mengobrol, dan memandang pantai. Saya bahkan menemukan ayunan dan asyik main ayunan dulu ­čśÇ . Pantai Otres banyak dipilih turis karena memang lebih tenang daripada┬áPantai Oucheuteal. Di pantai ini ga banyak yang keliling menjajakan makanannya. Kita pun lebih enak buat duduk-duduk beralaskan pasir pantai dan bengong ngeliatin laut.

IMG_0457

Pantai Otres

IMG_0455

CKDE6341

jump!!

Pulang dari Pantai Otres kami memilih untuk mencoba makan seafoodnya yang ternyata biasa aja. Lebih enak makan di Olive&Olive deh. Malamnya daripada ngobrol di kamar, kami memilih mencoba Sushi Bar yang berada di seberang hotel. Asli asyik banget deh memilih hotel di dekat Serendipity Beach karena banyak banget tempat makan dan supermarketnya.

IMG_0514

IMG_0517

Keesokan harinya kami masih bisa bermain sebentar ke Serendipity Beach sambil menunggu jadwal travel untuk transit ke Phnom Penh dan dilanjutkan dengan bus malam ke Siem Reap.

Bahagia banget rasanya bisa bersantai sejenak di Sihanoukville. Saya suka banget sama pantainya yang sepi, pasir putihnya yang lembut banget kayak bedak tabur, airnya yang jernih berwarna  biru tosca, dan waktu yang berjalan dengan santai dan damai di sana. Menuliskan soal Sihanoukville jadi kangen main air lagi!!

Advertisements