Singapore: Shophouse The Social Hostel

IMG_8255one of the friendly staff

When I went to Holiday last February, my friends and I prefer to stay at Shophouse The Social Hostel. It located 5 minutes by walk from Bugis MRT, near Bugis Market, just a minute to Sultan Mosque, across Haji Lane, and a lot of cafe and restaurant. For the price? It just around 18 SGD!!!

At first, I was afraid to see the dorm bedroom since it wasn’t spring bed like another hostel. But after I figure it out, It was not as bad as I thought. Maybe because I lower my expectation, so what I got there really great experience.

The front desk really friendly, helpful, kind, and tell us about the tourist place around hostel. The first floor of this hostel is cafe. My friends ate there at second night we slept and said that it was delicious. The second floor is No Man’s Land for woman dormitory, the third is The Loft dorm consist of eight and 12 beds, and the fourth is Social Room consist of 12 beds , and the last floor was rooftop to eat breakfast and chill out.

IMG_8254working Title cafe

IMG_7872the computers

IMG_7873the pantry

At No Man’s Land or woman  dormitory, there are two rooms that consist of eight and 12 beds. For room with 8 beds, there is no window there. I really support you to choose beds that near the window. You can see the cute cafe around Arab Street. For one bed, there is a pillow, blanket, electrical sockets, individual lockers, and reading lights. There are also four bathrooms in this floor, but the toilet is become one with bathroom. So maybe if you not really use to it, it will be little bit inconvenient. What I love in here, they also provide you with iron, hairdryer, soap, and shampoo.

IMG_8250my dormitory

IMG_8253the bathroom

Another thing that I love is social terrace. In the rooftop, you will see room to get your breakfast and free use of the computers. Beside that there is also social lounge. There are board game, movies, television, and also books. There is also social terrace with beautiful view of Kampong Glams and Singapore buildings. My friends and I really love to sit back and talking about everything at the evening. In the morning, it was really interesting to see view from Singapore in the morning and enjoy our breakfast. We can chat with other  people in the social terrace. Event we went for Holiday at Singapore, we still see another Indonesian in here 😆 .

IMG_7888breakfast!!

IMG_7875Scenery around hostel

If you want to know more about Shophouse The Social Hostel, please visit their website.

Yogya: Edu Hostel

 Untuk para pelancong, salah satu cara berhemat ketika liburan adalah dengan bermalam di hostel. Tapi di Indonesia gampang-gampang susah untuk mencari hostel. Salah satu hostel murah dan nyaman yang pernah saya temui adalah Edu Hostel yang terletak di Yogyakarta.

Saya lupa bagaimana pertama kali menemukan hostel ini, tapi saya langsung jatuh cinta melihat roof topnya. Tulisan “Sky is the limit’ ngingetin sama drama-drama Jepang yang sering membuat tulisan penuh inspirasi. Seperti kalau di dorama berjudul Long Vacation di mana ada billboard bertuliskan “be happy”. Walau belum pernah ke sana, saya selalu semangat banget ngasi tahu ke orang-orang yang mau liburan ke Yogya buat nginep di Edu Hostel. Hahahaha.

IMG_6311“sky is the limit”

Hingga tahun 2015 akhirnya kesampaian juga saya menginap di Edu Hostel bareng temen-temen Magister Psikologi Profesi Pendidikan. Kita memutuskan buat ambil kamar yang private for family. Biar lebih lega gitu tidurnya :D.  Oia buat yang butuh colokan listrik, striker di kamar cuma satu dan pihak hostel ga menyediakan kabel tambahan untuk colokan listrik. Jadi kalau pagi atau malam suka repot banget kita berempat gantian pake colokan.

IMG_5912lobby-nya luas

Walau disebut hostel, tapi fasilitas lengkap banget!! Udah lebih dari hostel umumnya yang saya datengin. Pertama dari bentuk bangunannya aja lebih mirip hotel 😀 . Fasilitas yang ada adalah common room yang berisi mulai dari gitar, berbagai permainan, bantal empuk buat duduk, tv, serta buku. Saya sih biasanya malem-malem suka numpang ngecharge hp di common room sambil baca novel.

common room.
*pict from the website*

Fasilitas lain yang disediakan adalah wifi dan juga komputer yang bisa di akses di deket lobi. Sayang saya ga ngecek gimana komputernya di sana. Hostel ini juga menyediakan ruangan meeting. Serunya lagi hostel ini juga menyediakan penyewaan sepeda!! Saya dan seorang temen niat nyewa sepeda walau harga perjamnya agak mahal. Sepedanya cukup besar dan membuat orang-orang langsung menoleh ketika saya mengendarai sepeda keliling Malioboro. Setiap kita lagi berhenti, ada yang nyamper dan nanyain soal si sepeda ini 😀 . Ngomong-ngomong soal sepedahan pagi-pagi, keliling Yogya di pagi hari tuh menarik banget. Kita bisa ngeliat kehidupan masyarakat Yogya di pagi hari, dari anak-anak yang bersepeda ke sekolah, ibu-ibu yang pulang dari pasar, hingga bapak bapak yang berangkat kerja.

IMG_6252sepeda sewaan

Untuk yang mau sarapan, pihak hostel menyediakan sarapan dengan menu Indonesia yang berbeda setiap harinya. Kopi, teh, dan air mineral disediakan oleh pihak hostel. Tidak seperti kebanyakan hostel, di sini kita hanya menyimpan alat makan kotor di tempatnya aja, ga perlu sibuk-sibuk nyuci.

IMG_6273area ruang makan

Ngomong-ngomong rooftop yang ngebuat saya jatuh cinta, asyik banget rasanya makan pagi di sini sambil ngeliatin aktivitas kota Yogya. Di pinggiran rooftopnya ada kolam renang sih. Tapi buat saya pribadi, ketimbang di pake berenang, lebih asyik buat nyengerin badan aja sambil nyelup-nyelupin kaki. Kalau ga hujan, nongkrong malem di rooftop ini enak banget!! Asyik aja ngobrol sambil nyeduh indomie, main kartu, atau bahkan ngerendem kaki yang pegel setelah di ajak seharian keliling Yogya.

rooftop!!
*pict from the website*

Harga buat kamar tipe dormitory cuma Rp.80.000,-/malam. Ini udah disertai fasilitas kunci akses ruangan, loker, colokan di setiap loker, serta kamar mandi yang terletak di dalam kamar. Satu kamar kurang lebih ada 6 tempat tidur. Sedangkan untuk private room, harga permalamnya adalah Rp.460.000,- dengan fasilitas tv, kamar mandi shower, serta selimut. Semua pilihan kamar juga sudah termasuk sarapan pagi.

private room
*pict from the website*

Untuk yang dateng sebelum waktu check-in, kita bisa menitipkan tas di bagian lobby dan diambil ketika check-in 🙂 .

Edu Hostel Yogyakarta
Jl Let Jen Suprapto No. 17, Yogyakarta
Web: http: http://www.eduhostels.com

ABC Hostel Singapore

ABC Hostel adalah salah satu hostel di Singapura yang terletak di daerah Bugis, tepatnya di Jl. Kubor. Kalau dari Changi kita tinggal naik MRT ke Tanah Merah dan ganti MRT jalur East West Line (warna hijau) yang ke arah Joo Koon dan turun di Halte Bugis. Dari MRT Bugis pintu keluar B, kita menempuh jarak sekitar 10 menit dengan berjalan kaki atau berjarak satu halte bus. Menurut saya penginapan yang satu ini keren banget! Harganya bersahabat dan apa yang didapatkan memuaskan. Saya yang pertama kali menginap di hostel kerasan banget di sana XD.

Saya dan enam orang teman (yups, kita backpackeran bertujuh) menyewa tujuh bunk bed. Tadinya ingin satu kamar yang terdiri dari enam bunk bed dan satu bunk bed terserah di kamar manapun. Maklum, dirombongan kami ini ada satu cowo. Ternyata ada miss communication dengan pihak hostel sehingga mereka menetapkan bahwa kami akan menyewa tujuh bunk bed saja. Langsung deh teman kami yang cowo ini meminta izin boleh tidur di satu kamar atau tidak, kami sih ok ok saja. Toh udah kenal dia dan tahu juga ga akan macem-macem (mau digebukin rame-rame apa? :p). Jadilah kami mendapatkan satu kamar yang terdiri dari delapan bunk bed. Satu bunk bed ini tidak ada yang menempatinya, jadilah serasa kamar milik kita sendiri :)).

Kamarnya bener-bener jauh dari ekspektasi saya pribadi. Jadi saya mengira bakal dapet kamar semodel dengan kamar saat pesantren di kampus dulu. Dengan bunk bed kayu, bau sprei lapuk, lemari locker, dan tanpa selimut. Kenyataannya? Saya mendapatkan bunk bed spring bed bersih dengan bantal yang empuk, dapet selimut (walau tipis), handuk, kamar ber-AC, locker di bawah tempat tidur yang besar, tempat sampah, dan ditiap bunk bed disediakan 3 buah colokan listrik!! Bahagia banget!!! Oia, untuk yang backpacker cewe-cewe, ABC Hostel ini menyediakan female dorm loh. Jadi aman deh kalau ga mau sekamar sama cowo.

Nambah bahagia lagi pas liat ternyata nih hostel lengkap banget. Toilet bersama ada tiga buah, bersih, berair, dan ada tisu toiletnya. Shower bersama ada enam buah, bersih tanpa jamur, ada heaternya, tempat kita naro alat mandi, dan juga gantungan baju. Area dapurnya juga nyaman banget. Di sana ada kulkas buat kita nyimpen makanan (jangan lupa dikasi nama, nomer bunk bed, dan nomer kamar), microwave, air panas, gelas, piring, sendok-garpu-sumpit, dan juga tempat cuci piring. Jadi abis makan, jangan lupa dicuci yah XD. Setiap pagi, kita juga dapet jatah sarapan. Sarapannya adalah roti dengan gula, mentega, atau selai stawberry, teh, dan juga creamer.   Untuk makan, kita ga boleh makan di kamar dan ada ruangan khusus dibelakang dapur untuk kita makan. Selain itu di sini juga ada setrikaan. Jadi kalo baju kusut, bisa numpang setrika. Kebahagiaan lain adalah di sini juga sedia internet. Jadi ada pojokan sebelah dapur buat ngenet, ada enam komputer yang disediakan lengkap dengan web-cam lah!! Semua bisa dipake. Syaratnya idupin sendiri dan jangan lupa matiin lagi setelah dipakai.

Di dekat receptionist juga ada semacam lobby gitu. Jadi tempat kita buat duduk-duduk santai sambil nonton tv, baca koran, atau numpang nyarger :D. Di lobby juga ada aneka minuman *yang entah bayar atau gratis yah* dan juga disediakan peta dan informasi soal Singapura yang bisa kita ambil secara cuma-cuma. Koleksi buku di dekat receptionistnya cukup lengkap loh. Mulai dari majalah, lonely planet, dan novel semua ada dan boleh dibaca di sana. Orang-orangnya juga ramah dan salah satunya ada yang bisa Bahasa Indonesia dengan pas loh.

Oia, berhubung namanya hostel, walau lengkap banget perlu diinget bahwa semuanya adalah self service yah. Jadi ambil sendiri, beresin sendiri, dan jangan lupa buang sampah ditempatnya. Untungnya saya tidak berbagi kamar dengan orang yang tidak dikenal, jadi masih bisa seenaknya naro barang di kamar. Kalo ada yang ga dikenalkan kita perlu lebih aware yah, karena kenyamanan bersama itu diutamakan.

ABC Hostel juga dekat dengan Arab Street loh. Jadi untuk yang mencari makanan halal bisa jadi alternatif nih. Saya bahkan menemukan ada restoran Padang! Selain itu hostel ini juga dekat dengan masjid. Jadi yang mau shalat berjamaah di masjid, tinggal jalan. Kalau mau berbelanja, kita bisa naik bus dan turun di halte kedua yang berada tepat di depan Bugis Junction. Di depan Bugis Junction ini juga ada Bugis Street untuk belanja khas Singapura dengan harga murah. Di daerah Bugis Village yang sebelahan dengan Bugis Street, kita bisa nemu tempat makan mulai dari nasi lemak hinggal fast food semacam KFC dan Burger Kings.

Untuk harga, bervariasi banget sesuai dengan jumlah bunk bed tiap kamarnya. Untuk saya yang menyewa satu bunk bed di dalam kamar berisi delapan, dikenakan biaya 20 SGD permalamnya. Selain itu juga, saat check-in kita diharuskan menaruh security deposit box sebesar 10 SGD yang akan dikembalikan ketika kita check-out dengan syarat barang yang dipinjamkan ke kita lengkap dan tidak ada yang hilang. Untuk info lengkap mengenai ABC Hostel bisa langsung berkunjung ke web-nya di sini.