Sea of Hope Episode 7

Untuk yang sering lihat instagram story atau twitter saya, mungkin sudah tahu kalau setiap Selasa sejak beberapa minggu lalu saya selalu ribut banget menonton performance dari sebuah reality show berjudul Sea of Hope. Alasan awalnya saya mau menonton acara ini, tak lain dan tak bukan karena ada leader-nya Shinee, Lee Jinki a.k.a Onew. Sudah lama banget sejak terakhir saya melihat Onew di sebuah reality show. Jadi lah penasaran. Eh saat melihat cast-nya hampir semua aku kenal!! Mulai Lee Su Hyun dari Akmu, Yoon Jong Shin yang saya kenal jaman Family Outing, artis Lee Dong Wook, Kim Go Eun, dan Le Ji Ah sih saya menonton beberapa drama mereka. Jeong Dong Hwan ini saya baru kenalan lewat acara ini. Padahal untuk grup duetnya, Melomance itu suka mengisi soundtrack drama Korea loh. Saya aja yang ga sadar. Sedangkan Zai Ro adalah pemusik dan juga pencipta lagu.

Sea of Hope merupakan acara yang bertema healing dengan menggabungkan antara laut, bar, dan harapan. para cast nanti akan menjalankan bar dengan menyediakan minuman (alkohol dan jus) dan makanan yang berasal dari daerah tempat mereka membuka bar, serta menyajikan live music diiringi deburan ombak sehingga para tamu yang datang ke bar mereka merasakan suasana rileks. Selain itu acara ini mengajak kita untuk hidup lebih sustainable dengan menerapkan hidup bebas dari sampah. Hal ini diperlihatkan saat mereka membeli bahan-bahan untuk minuman dan makanan menggunakan kontainer yang dibawa sendiri serta memanfaatkan panel tenaga surya untuk listrik di bar. Selain itu di hari terakhir pembukaan Bar di Pohang, mereka pun melakukan operasi semut dengan mengambil sampah yang berserakan di sekitar lokasi Bar. Selama acara berlangsung pun Kim Go Eun selalu menyelam untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di tepi laut. Oia apron mereka pun terbuat dari bahan daur ulang plastik dan disupport sama wwf loh! Saya jadi pengen punya satu apronnya 😀 .

Sebenarnya, saya mau menulis soal Sea of Hope ketika acaranya sudah selesai, karena acaranya benar-benar bagus dan enak banget buat ditonton malam-malam. Namun saat memasuki episode ketujuh, saya takluk. Ngebrudul banget rasanya yang ingin disampaikan saat menonton episode tujuh!

Pada episode ketujuh ini, mereka berpindah bar dari Pohang ke Goseong. Di lokasi yang baru ini, mereka pun memiliki pekerja paruh waktu baru. Kalau sebelumnya ada Rose dari Blackpink, maka kali ini ada Sun Woo Jung A yang merupakan penyanyi Jazz dan juga sering bernyanyi di reality serupa bernama Begin Again.

Saat episode tujuh ini, cast Sea of Hope tidak bisa membuka bar mereka di tepi pantai. Hujan deras disertai angin kencang menerpa tempat mereka syuting hingga akhirnya lokasi acara dipindahkan ke penginapan mereka yang disekelilingnya terdapat banyak pohon pinus. Jadinya malah hangat dan terasa dekat. Apalagi ditambah dengan hujan gerimis yang menemani mereka bernyanyi, duh syahdu banget.

Live music episode ini dimulai dari Onew yang menyanyikan lagu berjudul My Other Side, yang dilanjutkan oleh Yoon Jong Shin dengan lagu Like it. Lalu pekerja paruh waktu yang baru, Sun Woo Jung A pun menyanyikan lagunya sendiri berjudul Run with Me. Di sinilah aku petjah!!! Ga mau mewek pun akhirnya air matanya menetes sendiri. Mana memang liriknya tuh bagus banget, ditambah Sun Woo Jung A bernyanyi dengan penampilan prima. Kayaknya ga ada yang biasa aja raut wajahnya sepanjang lagu.

Buat yang penasaran sama lirik lagunya, bisa langsung melihat ke sini ya. Sungguh cocok sekali dengan perasaan saya selama sebulan terakhir lagi stres sepanjang pandemi gelombang kedua. Lalu ditambah dengnan lelah sama pekerjaan sendiri. Terus pas denger lagu ini berasa dimengerti. Apalagi pas lirik “Kaboneun geoya dallyeodo bolkka..” hingga akhir. Berasa banget dibolehin buat kita untuk melepaskan isi hati yang tercekat sebelum akhrinya kembali lagi dengan menjadi lebih kuat. Pas bagian ini pun semua orang langsung netes (termasuk saya)!!

Selesai lagu ini, ternyata, Sung Woo Jung A berduet sama Onew untuk menyanyikan The Distance between You and Me atau yang lebih dikenal dengan Selena 6.23. Muka Onew masih tegang banget karena emosional mendengar lagu Run with Me. Apalagi mengingat dia akan menyanyikan lagu dari grupnya sendiri, Selena 6.23. Sampai sebelum mulai, Onew minta waktu dulu untuk menenangkan diri dan minum. Dong Wook, Su Hyun, dan Go Eun langsung sigap menyiapkan air minum buat Onew. Terharu banget melihat mereka membantu dan membesarkan hati Onew.

Untuk yang ga paham kenapa situasi ini sangat emosional untuk Onew, lagu Selena 6.23 ditulis oleh mendiang Jong Hyun yang merupakan member dari Shinee. Jong Hyun meninggal dunia bunuh diri akibat depresi pada akhir tahun 2017. Pada saat kejadian itu beritanya gempar banget. Saya yang saat itu sedang tidak mengikuti per-idol-an Korea pun jadi mengikuti beritanya dan ikut sedih. Sebenarnya lagu Selena 6.23 ini diciptakan sebagai bentuk perasaan dari Shinee kepada fans mereka yang ada di luar Korea Selatan, yang tidak terjangkau oleh mereka. Tapi semakin ke sini, para fans merasa setiap Shinee menyanyikan lagu ini, terasa seperti lagu yang dinyanyikan untuk mendiang Jong Hyun.

Sepanjang lagu ini, kelihatan banget Onew menahan air matanya tapi juga emosinya nyampe banget!!! Kayaknya fans Shinee langsung lega banget ngeliat Onew akhirnya bisa menunjukkan kesedihannya walau masih tetap menahan air mata biar ga tumpah. Sejak meninggalnya Jong Hyun, Onew ini yang paling berubah diantara member Shinee. Dia banyak menahan emosinya dan berasa harus kuat untuk member lainnya. Makanya meskipun kelihatan kayak yang paling muda dan ga keliatan sperti leader, Onew ini sebenernya mengayomi dan memperhatikan anggotanya loh.

Kalau menonton video youutubenya, perhatiin deh, semua orang merasakan emosinya Onew. Yoon Jung Shin aja serius banget saat Onew nyanyi “oh ini bagian Jong Hyun, Onew pasti banyak yang berkecamuk dipikirannya!”. Dong Wook aja sampai ga lepas pandangannya dari Onew dan bahkan remek banget mukanya!! Go Eun juga berusaha banget untuk menahan nangisnya sampai menghadap ke dinding saking ga tahannya. Dong Wook di akhir lagu pun mewek loh!! Dan saat Onew akhirnya pergi ke samping dapur, semua menyambut Onew dan ngasi tepukan di pundak. Ya ampuuun hangat sekali mereka ke Onew! Berasa banget supportnya dan udah keliatan kayak keluarga. Beda banget sama awkward-nya di episode satu.

Lagu terakhir di episode kali ini dinyanyikan oleh Su Hyun yang juga menyanyikan lagu That I was Once by your Side. Sejak hari Selasa Malam hingga Jumat malam ini, saya masih belum berhasil move on dari episode tujuh Sea of Hope ini. Semua lagunya dalem dan bikin hati hangat. Ini adalah episode terfavorit dari pada episode yang lain. Sayangnya justru episode ini punya episode paling rendah dibandingkan episode yang lain.

4 thoughts on “Sea of Hope Episode 7

  1. Pingback: Menonton Legal Acara Asia | Cokelat dan Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s