Ketika Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami

Pernah ada di situasi seperti judul tulisan saya ini ga? Atau buat yang masih single pernah terpikirkan ga kalau suatu saat ketika menikah ternyata gaji pasangan kita lebih rendah atau lebih tinggi dari kita? Akan jadi masalah ga sih ketika berumah tangga?

Sebenarnya ini juga adalah pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak saya ketika Mbak Noni dan Vinny mengajak untuk ngobrol santai di podcast mereka, single married. Ngomongin soal hal ini ternyata ga hanya ada di film-film loh, tapi juga terkadang memang kejadian di dunia nyata. Di Indonesia pun beberapa pasangan juga mengalami kondisi di mana istri memiliki penghasilan yang lebih besar dari suami.

Sebenernya ini tidak akan jadi masalah ketika dari kedua belah pihak memiliki komunikasi yang baik dan memang sudah diketahui saat awal pernikahan ataupun saat pacaran. Sayangnya kita ga hidup di dunia yang ideal. Isu-isu terkait hubungan rumah tangga saja sebenarnya cukup banyak tanpa perlu ditambah dengan hal ini. Apalagi dengan pandangan orang-orang yang masih banyak berpikir bahwa kesuksesan perempuan itu ketika bisa mengurus rumah dan anak dengan baik, dan kesuksesan laki-laki apabila memiliki pekerjaan tetap dan punya rumah serta mobil.

Yuk simak obrolan Mbak Noni, Vinny, dan saya di podcast single married untuk melihat pandangan terkait hal ini baik dari sisi yang sudah menikah, yang masih lajang, dan dari sisi psikologinya. Selain itu kami juga ngobrol beberapa kasus nyata yang ada dan pernah kami temui terkait soal penghasilan suami-istri.

5 thoughts on “Ketika Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami

  1. Lol ini situasi kami berdua. Ga pernah jadi masalah. Klo dibalik misalnya selama ini gaji suami selalu lebih besar dari gaji istri, apa ga da masalah? 😆

    Dipandang dari perspektif yg lebih besar, gender gap salary ini masalah global, gaji laki2 dibanding perempuan untuk pekerjaan yg sama persis rata rata lebih besar, bahkan di negara yg mengklaim persamaan hak seperti di Denmark pun. Nah INI YG MENURUTKU BENERAN MASALAH, bukan soal gaji istri lebih gede dari suami. Klo suami tersinggung mah itu egonya aja yg terluka.

    Sorry jadi curcol

    • Wah itu baru permasalahan banget ya Mbak ketika dengan jabatan dan porsi pekerjaan yang sama ternyata gaji laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan.

      • Ya ini emang udah kenyataan kalau memang gaji perempuan dan laki2 untuk bidang yang sama tidak sama besarnya. Juga di negara maju seperti Denmark. Maksudku seharusnya lebih melihat ini sebagai permasalahan yang aktual daripada melihat perbedaan gaji suami istri saja sih :/

        Contoh saya kalau ngeliat statistik gaji disini, kalau memasukkan kolom jenis kelamin perempuan, gaji rata2 pasti sekitar 4% lebih rendah daripada misalnya jenis kelamin laki2, kan ngga fair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s