Super Show 8!!

Sudah hampir sepuluh tahun sejak anggota Super Junior silih berganti melakukan wajib militer sebelum akhirnya semua selesai dan berkumpul. Sudah pasti ajang Super Show 8 menjadi reuni Elf (sebutan untuk fans Super Junior) dengan idola mereka secara lengkap. Meskipun begitu, harapan untuk melihat kesembilan anggota Super Junior tetap saja pupus. Kondisi kesehatan Heechul yang kurang mendukung, membuatnya jadi tidak bisa ikut dalam rangkaian konser Super Show 8 ini.

Super Show 8 yang bertajuk Infinite Time merupakan gelaran yang cukup besar karena membuktikan mereka masih bisa eksis setelah malang melintang di dunia Idol Korea selama 15 tahun. Saya sendiri mengenal mereka saat masih menjadi mahasiswa semester 5. Saat itu saya diccekokin temen-temen untuk menonton video klip “Sorry-sorry” dan dari sanalah pintu menuju boyband, girlband, band, Jazz Korea, serta variety show dan drama Korea yang hingga saat ini masih sering saya ikuti. Dengan alasan mengingat kembali awal perkenalan dengan Super Junior lah saya menonton konser mereka ini.

Konsernya sendiri diadakan di ICE BSD tepat pukul tiga sore, konsernya sore-sore dooong!!! Tumben banget kan yaaa! Awal konser dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembukaan intro lagu “Superman” yang serempak membuat Elf bernyanyi dengan menggoyangkan light stick yang telah berubah warna menjadi merah. Asliii pemandangan ini keren banget!!! Suasana nonton konser Kpop yang sudah lama tidak saya rasakan. Selain itu saya lihat hanya ada di konser Kpop adalah fans project, contohnya saja seperti di konser Super Junior ini fans memiliki project saat lagu “Somebody new“. Khusus untuk lagu ini Super Junior menyanyikannya dari balik panggung dan baru keluar di pertengahan lagu. Saat itulah penonton konser serentak menghidupkan senter di hp. Efekya asli bagus banget!!! Berasa lagi nonton video klip.

Untuk saya pribadi, menonton konser KPop memiliki suasana sendiri yang berbeda dengan konser-konser artis lain. Di sini para penggemarnya memiliki light stick yang akan digunakan sepanjang konser. Mereka pun biasanya hafal dengan chant atau sahutan atau nyanyian dari penonton untuk idolanya saat konser berlangsung, sehingga menimbulkan ritme yang pas dengan lagu yang dibawakan. Beda banget dengan konser artis non KPop yang biasanya penonton akan lebih banyak nyanyi bareng artisnya.

Selain itu ada beberapa kali sesi Ment atau sesi artis akan memperkenalkan diri dan berinteraksi dengan fansnya saat konser maupun melucu. Sebut saja Siwon yang sempat-sempatnya mempromosikan Mie Sedap karena ia adalah bintang iklannya. Atau kelakuan Leeteuk yang bolak balik bilang “love is…..” dan menjawab dengan mengawang. Atau saat masing-masing anggota Super Junior memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Indonesia. Oh tentu tidak lupa saat Kyuhyun memperkenalkan diri dengan cara lebay. Inilah hal-hal yang bikin kangen saat menonton konser KPop. Apalagi untuk Super Junior yang mana mereka itu gesrek semua dan ga ada yang jaim. Kelakuannya ada aja yang bikin fans tertawa ataupun gemas. Bahkan saat bernyanyi lagu “Believe” mereka bernyanyi sambil ngebecandain anggota yang lain atau ikut ke mana kamera menyorot anggota yang sedang bernyanyi.

Sore itu Super junior benar-benar tampil prima, baik dari suara maupun koreografi yang dilakukan. Suara Yesung maupun Ryeowook udah pasti yang paling stabil dibandingkan yang lainnya. Selain itu ada kejutan untuk para Elf!! Line vocal dari Super Junior seperti Kyuhyun, Yesung, dan Ryeowook melakukan dance. Biasanya mereka jarang banget solo dance! Sedangkan geng rapper Super Junior seperti Eunhyuk, Shindong, serta Dong Hae menyanyikan lagu ballads seperti model di video klip karaokean dan pada akhirnya sukses bikin ngakak penonton konser. Kejadian lain yang membuat satu tempat konser ketawa ngakak adalah saat semua anggota Super Junior berupaya untuk ngerap ala-ala 90an. Asliiiii kocak banget!!!!

Saya sangat puas menonton konser Super Junior. Waktu konser sepanjang tiga jam sungguh tak terasa. Tahu-tahu lagu “sorry-sorry” yang menjadi lagu penutup pun sudah dinyanyikan. Tak lama encore mulai dilakukan dan diakhir anggota Super Junior kembali menyapa penggemarnya dan pamit undur diri. Beneran deh sopan banget. Biasanya kan abis encore kebanyakan penyanyi langsung undur diri yak. Ini sempet loh satu-satu ngucapin makasi ke penggemar dan pamit undur diri. Terima kasih Super Junior telah menjadi senior yang membuktikan bahwa mereka tetap bisa eksis dan bersaing sehat dengan junior-juniornya, tetap lucu dan apa adanya.

3 thoughts on “Super Show 8!!

Leave a comment