Soal Membersihkan dan Membereskan Barang-Barang

Sudah hampir dua tahun saya belajar dan mencari tahu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan minimalism serta decluttering. Ini semua adalah efek dari belajar mindfulness, jadi merembet kesemua aspek dalam kehidupan!! Termasuk beberapa tahun kebelakang saya juga sedang belajar soal pendidikan Waldorf, mau ga mau jadi mempengaruhi banyak hal dalam hidup yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Saat belajar soal decluttering saya makin mengaamiinkan bahwa membereskan serta membersihkan rumah benar-benar dapat memiliki efek positif untuk kesehatan mental. Untuk hal ini saya pun setuju dengan apa yang disebutkan Marie Kondo dalam bukunya bahwa ketika kita hanya mengisi rumah terhadap hal-hal yang membuat kita bahagia, kita bisa lebih rileks dan menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi. Begitupun dalam Pendidikan Waldorf disebutkan bahwa ketika kita sedang melakukan sesuatu dengan tangan, sebenarnya kita pun sedang mengajarkan pikiran kita untuk melakukan sesuatu terhadap masalah yang bikin pusing. Contohnya nih, setelah selesai beres-beres, perasaan menjadi lega dan dapet aha moment yang bisa terjadi segera ataupun beberapa hari setelahnya.

Ketika sedang membereskan barang-barang serta memilah barang yang akan disimpan dan dilepas, ada perasaan “oh ternyata bisa juga ya melepas baju ini? atau buku yang ini?” yang dirasakan. Seperti sedang mengajarkan batin bahwa saya memiliki kapabilitas untuk melepaskan sesuatu, move on, lalu tetap menjalankan hidup. Ternyata saya baik-baik saja!!

Saat sedang membersihkan rak buku, meja, serta lemari yang berdebu, teryata dapat membantu saya untuk membereskan hati dan jiwa yang kusam dan lelah karena diterpa badai kehidupan -ok ini mungkin lebay 😀 -. Tapi beneran loh setelah selesai melakukan kegiatan membersihkan serta membereskan barang-barang, saya merasa senang dan bangga karena telah berhasil menyelesaikan sesuatu. Bahwa seberat apapun pekerjaan yang dilakukan, apabila tetap dilakukan pada akhirnya akan selesai.

Jordan B. Peterson dalam bukunya 12 Rules for Life bahkan menuliskan bab khusus mengenai membereskan barang-barang, yaitu pada aturan nomer enam: set your house in perfect order before you criticize the world. Karena kalau rumah masih berantakan berarti hidup kita pun masih sama berantakannya dan perlu ditata kembali. Jleb banget baca bab ini!!

Saya merasakan bahwa ketika barang-barang telah dibereskan dan diletakkan dengan rapi, saya mulai melihat ada beberapa tempat yang kosong. Rasanya legaaaaa banget!! Berasa mendapatkan udara baru dan ringan aja ngeliatnya. Beberapa saat setelah selesai membersihkan dan membereskan barang-barang, saya pun mulai merasakan bahwa kehidupan pun kembali dalam ritme yang jelas, langkah yang terasa lebih ringan, dan semakin memahami bahwa semua akan ada waktu dan tempatnya.

Advertisements

6 thoughts on “Soal Membersihkan dan Membereskan Barang-Barang

  1. Aku juga suka beberes dan bersih2 barang tapi belum bisa full decluttering karena masih punya mental hoarder alias pengumpul haha… tapi kl uda punya anak, siap2 brantakan lagi setiap waktu… aku rapopo…

  2. Aku aku aku aku hobi banget beberes. Meja kantor harus beres dan bersih, kamar pun begitu hahaha. Bahkan teh aku tiap mau tidur harus beberes dulu, ya gak perlu rapi banget gitu cuma seengganya gak berantakan banget (ini gimana sih konsepnya hahaha). Terus pernah baca juga kalau tidur dengan kamar rapi lebih menyehatkan jiwa (ceilah jiwa). Udah ah kepanjangan, bye teeeh 😛

    • selain dirapihin sebenernya konsep declutering tuh menyisakan barnag yang memang terpakai dan menyenangkan di kamar/ rumah. jadi pas kita lagi banyak pikiran pun tetep bisa relaks pas masuk kamar/ rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s