Berkontemplasi

img_6980

Kontemplasi….

Belakangan ini saya sering mendengar kata-kata ini. Dahulu saya mengenalnya sebagai evaluasi diri. Sekarang ada sebuah kata yang lebih sederhana, kontemplasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kontemplasi adalah renungan dengan kebulatan pikiran atau perhatian penuh. Berkontemplasi berarti merenung dan berpikir dengan sepenuh perhatian.

Beberapa hari ini, saya sering berkontemplasi dengan hati dan pikiran saya. Mencoba berdamai dengan beberapa hal yang terjadi dalam hidup. Membebaskan diri dari hiruk pikuk sekeliling dan mencoba hening sejenak. Meresapi setiap stimulus yang dirasakan. Menajamkan setiap indra yang ada. Mengasah insting.

Sengaja bertemu dengan beberapa orang terdekat untuk sekedar berbagi rasa dan asa. Merekalah yang membantu saya untuk mempertanyakan kembali hal-hal yang sedang saya lakukan belakangan ini. Bukan untuk membuat ragu, tapi untuk memperhatikan detail yang luput. Melihat dari berbagai sudut. Memastikan bahwa apa yang saya lakukan bukan karena sesuatu yang diburu-buru.

Menyusun kembali setiap kepingan puzzle yang ada. Tidak terlena dengan hal-hal kecil, tetapi melihat besaran dari gambar puzzle yang ada.

Ya ampun, postingan kali ini sungguh kaya rasa dan bahasa ya!!! Anggap saja sedang terbawa suasana adem dan nyaman dari sebuah perpustakaan kecil.

3 thoughts on “Berkontemplasi

Leave a Reply

