Malaysia: Sehari di Penang

Setelah kehabisan ide bepergian di Kuala Lumpur, saya dan Dwi berpikir untuk ke Penang dan Malaka. Tujuannya tentu saja melihat daerah yang menjadi World Heritage Site dari UNESCO. Ada tiga cara untuk mencapai Penang dari Kuala Lumpur, yaitu menggunakan Bus dan Kereta dengan waktu tempuh 8 jam, atau menggunakan pesawat dengan waktu tempuh 45 menit. Untuk harga, perhatikan baik-baik dari setiap situs yang dikunjungi, karena bisa jadi harga tiket pesawat lebih murah daripada bus atau kereta. Hal inilah yang terjadi pada kami. Kami membeli pesawat pp Kuala Lumpur – Penang seharga 83 MYR per orang!!

img_5363

Saatnya terbang kembali

Jadilah ini kali pertama kami menggunakan pesawat untuk bepergian antar kota dengan hanya membawa tas selempang! Di Indonesia pun, tidak akan pernah terpikir untuk bepergian pp antar kota seperti ini😀 .

img_5406

siap untuk menjelajahi George Town

Kami sengaja mengambil pesawat pagi agar dapat puas berkeliling di George Town. Sayangnya kami sempat merasa salah waktu, karena sepanjang jalan menuju George Town banyak toko yang tutup. Begitupun dengan beberapa galeri serta museumnya. Saya benar-benar lupa kalau untuk orang Cina dan Peranakan, hari Minggu merupakan hari mereka menutup tokonya. Untuk toko yang buka dan cukup ramai ada di daerah Lebuh Cannon dan sekitarnya. Sisanya sepiii.

img_5409

George Town Information Center, sayangnya tutup😦

img_5410

Syed Alatas Mansion, sayang kurang terawat

Jadilah kami berdua berkeliling George Town dan berburu mural. Oia, George Town juga terkenal dengan street art-nya. Kita dapat mencari banyak street art di setiap jalan di daerah George Town. Street Art ini sangat menarik karena menggabungkan benda mati dengan mural, seperti sepeda dan gambar dua anak kecil yang sangat terkenal. Atau pun street art yang menggunakan rangka kawat.

img_5506

The Famous Street Art!! Sampai ngantri yang mau foto di sini

img_5417

img_5418

For all Pokemon Go Player

img_5419

Look at this cute little cat!!

img_5525

img_5531

img_5602

Ayunan ini juga merupakan Street Art yang paling dicari😀

img_5537

bagian batang rokok ini timbul loh

img_5495

A selfie not gonna hurt you

img_5570

Selain itu, saya sempat beberapa kali melewati berbagai kuil dan peranakan mansion. Rasanya ingin dimasukin satu-satu!! Tapi saya takut mengganggu yang beribadah di kuil, jadi hanya melihat dari kejauhan saja. Kalau peranakan mansion, saya hanya berhasil masuk ke salah satunya. Tadinya pengen masuk ke Peranakan Mansion yang terbesar, tapi keburu digeret untuk mencari street art yang lain. Padahal ingin membandingkan dengan Peranakan Mansionnya Chong A Fie yang sempat saya kunjungi ketika di Medan.

img_5430

img_5480

img_5592

I want to go to this Mansion!!

img_5581

Saya pun sempat untuk melihat rumah-rumah dari Klan Jetties. Tapi tidak sampai masuk ke dalam, karena bingung sendiri. Sepanjang yang saya lihat, ini merupakan daerah perumahan warga lokal dengan bahan dasar bangunan berupa kayu. Saat melewati beberapa rumah, banyaknya lebih ke jual souvenir, jadi saya memilih untuk keluar dan kembali berburu mural.

img_5530

Salah satu lorong di Chew Jetty

Tidak terasa, waktu sudah sore. Saatnya kami kembali ke bandara untuk menunggu pesawat pulang ke Kuala Lumpur. Ternyata, sehari tidak cukup untuk menjelajah seluruh Penang dan saya ingin kembali ketika weekday agar bisa melihat geliat masyarakat di sana. Semoga lain kali bisa terwujud, aamiin.

16 thoughts on “Malaysia: Sehari di Penang

    • bagus banget Mbak Yo…Kalau yang terlihat jelas mah beneran bisa antri. kalau yang nyempil mah berasa kayak lagi nyari harta karun buat menemukan street artnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s