Locafore 2016

IMG_6519wajib banget foto di sini๐Ÿ˜€

Locafore adalah sebuah festival seni, desain, dan jazz tahunan yang diselenggarakan oleh Kota Baru Parahyangan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat. Sejak pertama kali event ini diselenggarakan, saya suka ga jodoh buat nonton ke sana. Makanya tahun ini saya berniat banget nonton.

Acaranya diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 3 dan 4 September 2016 bertempat di Bale Pare Kota Baru Parahyangan. Saya sih mengincar Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi dan 4peniti. Beneran kangen banget nonton pertunjukan 4peniti secara langsung!! Selain itu, saya mau melihat-lihat tenant desainer lokal. Kebetulan seorang teman membuka tenant natural toys yang bernama Tokecang di sana.

IMG_6546Tokecang

Saya sengaja datang menjelang siang agar tidak terjebak macet tiada berakhir di Pasteur Bandung. Sampai di sana, langsung menemui Teh Kenny dan Kang Iwan. Setelah ngobrol bentar dan menitipkan tas, saya mulai berkeliling melihat tenant-tenant yang ada. Produknya menarik-menarik!! Saya merasa beruntung sudah menitipkan tas di tenant Tokecang, sehingga tidak impulsif buat beli barang-barang di sana.

IMG_6526

Saya bengong banget liat jam ini. Talinya dibuat dari rajutan loh. Jadi berasa pakai gelang. Harganya pun tergolong murah, dibawah Rp.200.000,-.

IMG_6528

IMG_6529

IMG_6530

Jam merk Matoa ini terbuat dari kayu loh. Asli enteng banget!! Packaging-nya juga bagus. Hargaya aja sih yang ga kuat. Lagian banyaknya untuk jam laki-laki.

IMG_6532

IMG_6535

Di Hijack Sandals, saya nyaris mau beli sendal dengan warna biru unyu gini. Alhamdulilah model dan ukuran yang saya mau abis, jadi aman dan tentram๐Ÿ˜€ .

IMG_6537

IMG_6538

Di tenant ini, saya sempat melihat dasi kupu-kupu yang terbuat dari kayu. Unik banget yak.

IMG_6539

IMG_6540

IMG_6542

Gelang dan kalung ini beneran nyaris bikin khilaf!! Langsung teringat segunung gelang yang teronggok di tempatnya.

IMG_6543

Pin ini lucu banget karena terbuat dari batu yang dilukis. Mbak-mbak penjaga tenantnya ramah dan ngajakin bercanda terus๐Ÿ˜€

IMG_6559

Sambil muter-muter, ternyata mulai terdengar suara musik jazz. Ternyata area konser di green area mulai ada pertunjukan pertama dari Coffee Morning. Saya sempat melihat sebentar pertunjukan mereka sampai dijemput oleh Uwa. Maklum udah lama ga sowan ke rumah Uwa, jadi ngikut dulu buat ketemu Eyang dan ponakan. Saya baru kembali ke Bale Pare saat Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi memulai pertunjukannya. Awalnya saya hanya akan didrop oleh Uwa, ternyata Uwa akhirnya ikut nonton sbeentar sebelum kembali pulang๐Ÿ˜€ .

IMG_6561Suasana di Green Stage, nonton Coffee Morning sambil piknik

IMG_6573

Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi mengaransemen ulang lagu-lagu daerah seperti Kampuang Nan Jauah di Mato, Panon Poe,ย Kicir-Kicir, serta Manuk Dadali. Lagunya jadi super jazzy dan bikin merinding!! Sukaaaa banget sama hasil aransemennya. Sayang pas mau beli CD mereka kok yah langsung abis๐Ÿ˜ฆ .

IMG_6592

Selesai pertunjukan ini, saya sempat ngemil dulu sambil dengerin Jafuzz yang lagi manggung di Green Stage. Di area booth makanan, kita bisa melihat pertunjukan jazz yang sedang berlangsung baik di Amphitheater stage ataupun di Green Stage. ย Kalau ke area makanan, siap-siap menahan godaan untuk ga banyak jajan. Semua makanan kayaknya ada, mulai dari sushi, takoyaki, okonomiyaki, rice box, kentang, sosis, hot dog, pecel, tempe mendoan, press juice, kopi, juice, air mineral, semua ada. Semua rasanya pengen dicobain satu-satu๐Ÿ˜† .

IMG_66014Peniti

Ga kerasa, begitu makanan abis, ternyata udah jam 4!! Saatnya menonton pertunjukan 4peniti. Saya udah ceritakan ya betapa kangennya saya sama pertunjukan mereka?! Terakhir ngeliat mereka kumpul itu ya waktu konsernya Kang Ammy di IFI Bandung. Saya betah banget ngeliat aksi panggung dari mereka berempat. Di awal pertunjukan, Kang Zaky aja udah ย ngajak penonton untuk sound check sambil menanti Kang Ammy yang belum datang. Sound check ini kayak udah jadi sebuah lagu sendiri loh!! saat semua personil telah berkumpul, akhirnya mereka membawakan lagu dari album pertama, Menari Bumi. Lagunya jadi panjaaaaaanggg karena ditengah mereka asyik ngejam, sampai sang drummer, Kang Ari Renaldi mesti ngingetin Kang Zaki buat lanjut nyanyi๐Ÿ˜€ . Sayang saya ga ngeliat pertunjukan mereka sampai akhir karena mesti balik ke Bandung.

Semoga tahun depan bisa nonton lagi Locafore hingga akhir, aamiin!!

5 thoughts on “Locafore 2016

  1. Jam rajutnya keren abis Iraaa…. Seru banget siiih itu acara Jazz sambil ada bayarnya. Hiks. Mupeeeng.
    Oiya penasaran sama Kota Baru Parahyangan itu berarti memang statusnya sudah jadi kota ya?

    • Jazznya gratis lagi Mas Dani *ini penting* . Iya, jamnya bikin mupeng.
      Kota Baru Parahyangan itu kalau aku lihat semacam BSD gitu Mas Dani. Namanya aja ada “kota”nya

Leave a Reply

