Yogyakarta: Museum Affandi

IMG_6502Salah satu sudut Museum Affandi

Sudah beberapa kali saya gagal setiap mau berkunjung ke Museum Affandi. Mulai dari waktu yang tidak mencukupi, museum yang tutup, hingga museumnya lagi maintenance. Hingga akhirnya saya bisa berkunjung ke Museum ini bersama dengan salah seorang causin in crime, Tane.

Museum Affandi ini menarik karena dari kejauhan, kita sudah bisa mengenali bentuk bangunannya yang seperti pelepah pisang. Affandi terinspirasi dari kegiatan melukisnya dulu, ketika dilindungi oleh pelepah pisang. Bangunan asli yang dibangun oleh Affandi adalah galeri pertama serta rumah yang dahulu ditempatinya. Galeri kedua dan ketiga adalah bangunan yang dibangun setelah Affandi meninggal.

IMG_6433Bagian dalam galeri pertama

Affandi adalah seorang pelukis yang terkenal dengan aliran ekspresionisme. Diawal karirnya, Affandi masih melukis dengan realistis fotografi, sehingga kalau kita melihat karyanya di awal masih terlihat betul lukisannya bagai foto. Setelah ia pulang dari Eropa lah ia mulai mengubah teknik melukisnya. Kita bisa melihat perubahan gaya melukis Affandi di galerinya yang pertama. Selain itu di galeri pertama kita bisa melihat mobil lama yang digunakan oleh Affandi. Saya dan Tane yang kurang paham lukisan, mencoba menginterpretasikan ekspresi apa saja yang berusaha ditampilkan oleh Affandi. Hasilnya kami lumayan lama melihat, berpikir, dan berdiskusi di galeri pertama.

IMG_6443lukisan awal Affandi

IMG_6437Lukisan Affandi setelah pulang dari Eropa untuk belajar melukis

Pada galeri kedua, saya melihat terdapat dua buah lantai. Lantai satu terdiri dari lukisan, coretan, serta artwork lainnya. Sedangkan lantai dua tidak bisa dinaiki dan merupakan gudang penyimpanan lukisan. Galeri kedua adalah tempat di mana lukisan Affandi yang dapat dibeli. Selain itu juga terdapat lukisan dan karya seni lainnya yang berasal dari teman maupun seniman lain. Di setiap ruang galeri, terdapat kursi untuk kita duduk dan mengobrol. Saya dan sepupu sempat duduk sebentar untuk berdiskusiπŸ˜€ .

IMG_6453Patung Affandi di depan galeri kedua

IMG_6457salah satu karya di galeri kedua

IMG_6466salah satu karya seni di galeri kedua

Selanjutnya ada galeri ketiga yang berisi lukisan-lukisan dari istri dan anak Affandi. Keren banget ya ini, baik istri maupun anaknya semua mengikuti jejak Affandi menjadi pelukis. Galeri ini dibangun dari dana yayasan Affandi. Apabila di galeri kedua gudang penyimpanan ada di lantai 2, maka di galeri ketiga ruang penyimpanan dan restorasi karya Affandi ada di basement. Uniknya lagi galeri ketiga ini terdapat sebuah toweryang terdiri dari tiga lantai. Kita bisa naik ke atas dan melihat pemandangan Sungai Gajah Wong yang terletak tepat di sebelah Galeri Affandi dan sekitarnya.

IMG_6478Lukisan-lukisan di galeri ketiga

Setelah puas mengitari setiap galeri dan sudut Museum Affandi, saya dan Tane akhirnya melihat rumah tempat Affandi tinggal. Rumahnya sendiri terdiri dari satu kamar yang terletak di lantai dua. Sedangkan aktivitas lainnya dilakukan di lantai satu. Kamarnya keren banget!! Di kamarnya Affandi menyimpan semua koleksi souvenir, pecah belah, lukisan, patung, buku, baju, serta foto keluarga. Menurut informasi, kamar ini mempunyai nilai penting karena Affandi sering berkumpul bersama keluarganya di sini.

IMG_6504Kamar Affandi

Saya senang sekali akhirnya bisa juga berkunjung ke sini. Saya sempat melewati makam Affandi dan istrinya yang terletak di dekat galeri kedua. Semua amal dan ibadahnya diterima Tuhan YME, aamiin.

Museum Affandi
Jl. Laksda Adisucipto 167
Yogyakarta
Buka: 09.00 – 16.00
website: www.affandi.org

2 thoughts on “Yogyakarta: Museum Affandi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s