Unit Heritage PT. KAI

Peringatan 112 Tahun Masa Dinas Lokomotif Uap B2502 & B2503gambar diambil dari sini

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya
Soekarno

Selama ini saya sering bepergian dengan kereta. Terkadang juga mengambil bagian dari proyek rekruitment mereka. Akan tetapi baru sekitar tiga minggu lalu saya mengetahui bahwa PT. KAI memiliki sebuah unit yang bernama Heritage. Tidak banyak perusahaan BUMN yang memiliki unit khusus untuk menangani bangunan-bangunan yang dikategorikan Heritage.

Latar belakang adanya unit Heritage di PT. KAI ini tidak lepas dari bangunan-bangunan stasiun kereta serta kantor PT. KAI yang memiliki nilai sejarah dan berusia lebih dari 100 tahun. Sebagian besar dari bangunan stasiun kereta ini menjadi landmark dari kotanya. Sebut saja Stasiun Bogor, maupun Stasiun Semarang Tawang.Β Tidak hanya masalah bangunan, unit ini pun membuka kembali beberapa jalur kereta api lama yang digunakan sebagai moda transportasi dan sarana wisata sejarah.

Pelestarian bangunan stasiun sendiri mulai bisa kita rasakan seperti pelestarian beberapa bangunan stasiun di Pulau Jawa. Sebut saja stasiun lama Bandung yang mulai dibenahi. Kawasan Lawang Sewu yang dahulu merupakan kantor PT. KAI pun mulai diubah sebagian untuk menjadi museum. Kawasan Stasiun Ambarawa pun sedang dibenahi untuk menjadi museum kereta api terlengkap di Indonesia. Saya jadi penasaran ingin ke Ambarawa untuk menengok museum PT. KAI ini.

Selain masalah bangunan, hal lain yang menjadi perhatian unit Heritage ini adalah lokomotifΒ uap serta kereta api lama. Tentunya pemugaran ini dilakukan untuk melestarikan aset peninggalan PT. KAI. Lokomotif uap ini pun bisa digunakan untuk berwisata mengelilingi daerah tertentu seperti Ambarawa dan Sawah Lunto. Hanya saja karena biaya maintenance yang mahal, wisata menggunakan lokomotif uap hanya bisa digunakan untuk keperluan yang spesial. Maklum saja, karena lokomotifnya menggunakan uap, waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air sebagai bahan bakar lokomotif ini berlangsung selama 3 jam!! Bayangkan saja bagaimana ribetnya persiapan PT. KAI kalau ada wisata menggunakan lokomotif uap.

Upaya pelestarian bangunan dan non bangunan dari PT. KAI ini tentu tidak lepas dari orang-orang di dalamnya. Bagian Heritage ini merangkul orang-orang arsitektur, design, lingkungan, serta banyak lagi. Mereka beneran serius untuk memugar, merawat, dan merestorasi bangunan dan non bangunan yang menjadi milik PT. KAI. Kalau ingin lebih tahu mengenai unit Heritage PT. KAI dan kegiatan-kegiatannya, bisa langsung melihat ke websitenya yaπŸ™‚ .

3 thoughts on “Unit Heritage PT. KAI

  1. Pingback: Wisata Sejarah Kereta Api: Buitenzorg – Soekaboemi – Tjiandjoer | Coklat dan Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s