Yogya: Edu Hostel

 Untuk para pelancong, salah satu cara berhemat ketika liburan adalah dengan bermalam di hostel. Tapi di Indonesia gampang-gampang susah untuk mencari hostel. Salah satu hostel murah dan nyaman yang pernah saya temui adalah Edu Hostel yang terletak di Yogyakarta.

Saya lupa bagaimana pertama kali menemukan hostel ini, tapi saya langsung jatuh cinta melihat roof topnya. Tulisan “Sky is the limit’ ngingetin sama drama-drama Jepang yang sering membuat tulisan penuh inspirasi. Seperti kalau di dorama berjudul Long Vacation di mana ada billboard bertuliskan “be happy”. Walau belum pernah ke sana, saya selalu semangat banget ngasi tahu ke orang-orang yang mau liburan ke Yogya buat nginep di Edu Hostel. Hahahaha.

IMG_6311“sky is the limit”

Hingga tahun 2015 akhirnya kesampaian juga saya menginap di Edu Hostel bareng temen-temen Magister Psikologi Profesi Pendidikan. Kita memutuskan buat ambil kamar yang private for family. Biar lebih lega gitu tidurnya😀.  Oia buat yang butuh colokan listrik, striker di kamar cuma satu dan pihak hostel ga menyediakan kabel tambahan untuk colokan listrik. Jadi kalau pagi atau malam suka repot banget kita berempat gantian pake colokan.

IMG_5912lobby-nya luas

Walau disebut hostel, tapi fasilitas lengkap banget!! Udah lebih dari hostel umumnya yang saya datengin. Pertama dari bentuk bangunannya aja lebih mirip hotel😀 . Fasilitas yang ada adalah common room yang berisi mulai dari gitar, berbagai permainan, bantal empuk buat duduk, tv, serta buku. Saya sih biasanya malem-malem suka numpang ngecharge hp di common room sambil baca novel.

common room.
*pict from the website*

Fasilitas lain yang disediakan adalah wifi dan juga komputer yang bisa di akses di deket lobi. Sayang saya ga ngecek gimana komputernya di sana. Hostel ini juga menyediakan ruangan meeting. Serunya lagi hostel ini juga menyediakan penyewaan sepeda!! Saya dan seorang temen niat nyewa sepeda walau harga perjamnya agak mahal. Sepedanya cukup besar dan membuat orang-orang langsung menoleh ketika saya mengendarai sepeda keliling Malioboro. Setiap kita lagi berhenti, ada yang nyamper dan nanyain soal si sepeda ini😀 . Ngomong-ngomong soal sepedahan pagi-pagi, keliling Yogya di pagi hari tuh menarik banget. Kita bisa ngeliat kehidupan masyarakat Yogya di pagi hari, dari anak-anak yang bersepeda ke sekolah, ibu-ibu yang pulang dari pasar, hingga bapak bapak yang berangkat kerja.

IMG_6252sepeda sewaan

Untuk yang mau sarapan, pihak hostel menyediakan sarapan dengan menu Indonesia yang berbeda setiap harinya. Kopi, teh, dan air mineral disediakan oleh pihak hostel. Tidak seperti kebanyakan hostel, di sini kita hanya menyimpan alat makan kotor di tempatnya aja, ga perlu sibuk-sibuk nyuci.

IMG_6273area ruang makan

Ngomong-ngomong rooftop yang ngebuat saya jatuh cinta, asyik banget rasanya makan pagi di sini sambil ngeliatin aktivitas kota Yogya. Di pinggiran rooftopnya ada kolam renang sih. Tapi buat saya pribadi, ketimbang di pake berenang, lebih asyik buat nyengerin badan aja sambil nyelup-nyelupin kaki. Kalau ga hujan, nongkrong malem di rooftop ini enak banget!! Asyik aja ngobrol sambil nyeduh indomie, main kartu, atau bahkan ngerendem kaki yang pegel setelah di ajak seharian keliling Yogya.

rooftop!!
*pict from the website*

Harga buat kamar tipe dormitory cuma Rp.80.000,-/malam. Ini udah disertai fasilitas kunci akses ruangan, loker, colokan di setiap loker, serta kamar mandi yang terletak di dalam kamar. Satu kamar kurang lebih ada 6 tempat tidur. Sedangkan untuk private room, harga permalamnya adalah Rp.460.000,- dengan fasilitas tv, kamar mandi shower, serta selimut. Semua pilihan kamar juga sudah termasuk sarapan pagi.

private room
*pict from the website*

Untuk yang dateng sebelum waktu check-in, kita bisa menitipkan tas di bagian lobby dan diambil ketika check-in🙂 .

Edu Hostel Yogyakarta
Jl Let Jen Suprapto No. 17, Yogyakarta
Web: http: http://www.eduhostels.com

20 thoughts on “Yogya: Edu Hostel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s