Lebih Sehat

gambar diambil dari sini

Belakangan ini saya sering mual, pertanda bahwa hidup saya lagi ga sehat. Kebanyakan jajan di luar dan sering banget ngopi. Mulai dari nganterin temen yang ngopi, nyari internet kenceng, nyari tempat yang bisa buat ngerjain laporan tanpa terganggu, sampai nunggu waktu janjian sama temen. Terlebih lagi selama bulan Agustus ini saya banyak dapet kerjaan, sehingga sering begadang. Oh faktor begadang ini juga dipersembahkan oleh tontonan tv series seperti Grey’s anatomy, Sense 8, Arrow, How to get away with murder yang bikn penasaran. Begitu lihat jam, udah jam 2 pagi!! *toyor diri sendiri*.

Begitu saya sering mual, langsung keingetan pengalaman dua tahun yang lalu, saat saya kena sakit hati (dalam arti sebenarnya).  Ga mau dong kejadiannya terulang lagi. Jadi mulai kembali berbenah diri untuk hidup yang lebih sehat. Salah satunya yang udah mulai dilakukan adalah tidur lebih cepet. Batas waktu tidur paling malam adalah jam 11, tapi biasanya jam 9 udah masuk kamar sih buat siap-siap tidur. Kemudian pasang alarm buat bangun jam setengah 3 pagi. Ini lebih sehat dari pada kita begadang loh. Dilihat-lihat jam 9 malam hingga 3 pagi itu adalah masa-masa organ limpa, jantung, dan hati untuk proses pembuangan racun dan regenerasi sel, sehingga paling baik memang tidur. Awalnya memang aneh banget untuk tidur lagi jam 9 malem. Tapi kalau dipikir-pikir badan kita suka ngasi alarm ngantuk loh di jam setengah 10 malam. Itu artinya alarm untuk istirahat dan bisa bangun jam 3 pagi karena waktu tidurrnya cukup 6 jam.

Hal lain yang lagi saya perbaiki adalah pola makan. Mesti nguragin intensitas ngopi. Kalau biasanya saya bisa minum kopi 3 sampai 4 kali seminggu, saya mau ngurangin untuk sesekali aja ngopinya. Kalau makan indomie sama bakso juga ga seminggu sekali sih, jadi masih dalam batas wajar. Paling susah itu ngurangin jajan di luar. Saya kan suka banget nyoba tempat makan baru dan ngemil.

Begitu saya mulai beberapa hal di atas, Allah SWT kayak menjawab doa saya. Beberapa blogger nulis soal diet mayo, hidup sehat, makanan organik dan juga olah raga yang bisa dikerjain di rumah (Dadah dadah ke Mbak Jo, Martilo, Astrid, Mbak Ria, dan Mbak Noni). Selain itu ada beberapa temen saya yang juga sedang melakukan hidup lebih sehat seperti ngajakin saya yoga, makan di tempat makan yang bebas msg, dan ngajak saya nanem sayur sendiri. Saya makin semangat buat hidup lebih sehat! Tapi ga nyampe kepikiran untuk diet mayo juga sih, nanti saya makin kurus kalau ikutan diet mayo😀 . Saya lebih kepikiran untk melakukan clean eating.

Saya tahu clean eating pertama kali dari Mbak Dina. Saya ngikutin instagram dan dilanjut liat-lliat blognya. Clean eating berarti mengkonsumsi makanan secara alami dan tanpa proses masak yang terlalu lama. Ini bukan program diet ya, tapi lebih ke pengaturan pola makan dan memberikan asupan makanan yang kita kenali ke dalam tubuh. Kasihan kan badan kalau dikasi cemilan yang saat baca isi kandungannya aja banyak yang ga ngerti. Nah clean eating ini bantu ngasi alarm ke saya untuk mulai aware dengan apa yang saya makan. Sekarang tiap beli cemilan jadi baca isi kandungannya dulu. Kalau banyak yang ga dimengerti, taro lagi di raknya. Selain bisa ngerem beli cemilan, jadi lebih hemat juga  :D  .

Salah satu inisiasi yang lagi sering banget dilakukan oleh temen-temen penggiat clean eating adalah program balik lagi ke dapur. Bagaimanapun, makanan yang sehat dan enak itukan kalau kita kenal bahan-bahannya dan cara masaknya ya, karena itu masak sendiri adalah cara paling efektif. Kita jadi tahu batesan asupan bahan-bahan masakan yang dipakai.  Kalau masak sendiri kan ga usah pakai msg, bisa ngurangin asupan lemak jahat dalam makanan, ngegoreng dan numis pakai sedikit minyak dan berusaha lebih banyak bikin masakan yang direbus atau dibakar.  Yuk ah mulai masak dan bekel lagi kalau ke mana-mana. Kalau mau makan di luar? Kayaknya masih akan tetap saya lakukan😀 . Tapi, tentu saja dibatesin dan ngeliat lagi menu makanannya. Diusahakan untuk tetap sehat dan makan yang ga terlalu berlemak.

Saya juga lagi berusaha untuk lebih giat berolahraga. Pagi ini saya nyobain melakukan gerakan plank dan cuma tahan 10 detik aja x_x . Keseimbangan saya lagi jelek banget deh. Semoga besok-besok bisa nambah waktu lebih lama untuk melakukan plank.

Semoga dengan begini saya kembali sehat dan ga mual-mual lagi ya🙂

14 thoughts on “Lebih Sehat

  1. Sukses buat clean eatingnya, Mbak. Iya sakit hati memang asalnya dari begadang, saya juga sudah pernah punya pengalaman yang sama, dan ogah mengulang kembali makanya sekarang kalau tidak perlu banget tidak begadang (meski kadang satu hari di akhir pekan bisa buat begadang juga sih, cuma tidak sampai sama seperti dulu yang bisa sampai subuh tidak tidurnya :hehe).

  2. Semoga cepet sehat yaaa.
    Aku 5 hari kmrn coba clean eating dan emang beda sih rasanya. Trus weekend ini boleh cheat, makan membabi buta rasanyaaa…bengkak lagi hahaha

Leave a Reply

