Tengah Tahun

Let’s move along, it’s late.Β The sun will rise once again
This field is lined with the brave souls in relief

Halo 1 Juli. Ga kerasa banget sudah setengah tahun waktu berjalan. Saya jadi pengen melakukan evaluasi diri di tengah tahun ini. Kalau yang masih inget soal tulisan saya ini, kata untuk menggambarkan tahun ini adalah: move. Tentu saja cabangnya banyakπŸ˜† . I am moving for a better person, to another work, to another level. Some of it done, some of it still trying to be move in.

Ngomongin soal perpindahan ini, beberapa hal yang saya garis bawahi adalah kita selalu berpindah, dari satu situasi ke situasi yang lain, dari satu emosi ke emosi yang lain, dan kita juga berubah. Kalau dulu-dulu di awal tahun bawaannya hampa, sedih, dan negatif banget, saat ini sudah jauh lebih positif. Ini terbukti banget saat saya bantuin Catur buat ngisi kuisioner soal perubahan emosi saya seminggu terakhir ini. Hasilnya jauh lebih positif, ga nyinyir-nyinyir banget, dan ga terlalu terbebani lagi sama salah satu tuntutan dewasa awal *baca: nikah*.

Hal lain yang terjadi adalah, saya berusaha menurunkan tuntutan-tuntutan yang dulu selalu saya lakukan. Less expectation make you more grateful. Bersyukur dengan masih diberi banyak nikmat sama Tuhan, mulai dari tubuh yang sehat dan lengkap, banyak teman-teman disekitar saya, membantu orang lain, sampai melakukan hal yang baru. Jalan yang saya lalui insyaAllah mendapatkan ridho dari-Nya, sehingga setiap langkah yang diambil benar-benar membuat saya selalu bersyukur.

Beberapa hasil yang dapat dipetik sampai pertengahan tahun ini adalah alhamdulillah saya sudah menyelesaikan tugas-tugas keprofesian dan berhasil lulus menjadi Psikolog! Walaupun begitu, gelar ini belum boleh dipakai karena pendidikan S2 saya belum selesai. Saya juga lagi dalam proses membuat proposal thesis yang akhirnya mendapatkan pencerahan juga. Saya sudah punya fenomena, judul, dan pembimbing. Selain itu, saya merasa Tuhan banyak membukakan pintu untuk melanjutkan proposal thesis yang sedang saya lakukan. Tiba-tiba banyak menemukan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan yoga untuk anak-anak. Hal-hal bermanfaat soal meningkatkan perhatian, konsentrasi, serta manfaat yoga untuk anak-anak insyaAllah bakalan saya share di sini nantinya. Saya juga memiliki pekerjaan baru. Walaupun begitu kerjaan di lab bakal saya lanjutin dengan jadwal yang lebih sedikit di semester mendatang.

Seperti yang saya tulis di atas, beberapa hal telah saya lakukan, dan masih ada yang belum dilakukan. Berpindah menjadi orang yang lebih baik, tentu merupakan perjalanan yang panjang. Akan tetapi, saya akan tetap mencoba untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik lagi. Tentu saja termasuk ngelancarin nyetir mobil yang rauwis-uwis itu. Saya juga akan berjuang dan berusaha untuk bisa lulus secepatnya. So let’s fight for another move!!

We’ll fight fight till there’s nothing left to say (whatever it takes)
Fight fight till your fears they go away
The light is gone and we know once more
We’ll fight fight till we see another day
–Β One Ok Rock, Fight The Night

17 thoughts on “Tengah Tahun

  1. Love reading this post raaa dapet bangey positive vibesnya.. Now I see different person in you… strong and brave! Congrats for everything ya ra. Semoga sukses thesisnya

  2. Aaaa semangat Mbak! Saya yakin dengan tekad kuat dan evaluasi yang bagus seperti ini, semua yang Mbak niatkan, sebagai peneliti fenomena, pemerhati masalah anak, dan psikolog yang tokcer pasti akan tercapai dengan sangat maksimal :amin. Ah, saya jadi kepengin berpikir juga, sudah setahun berlalu dan apa refleksi yang sudah saya capai selama ini?

    Sukses dengan semua kegiatan, rencana tesis, dan praktiknya juga, semoga semua berhasil dengan baik! Terima kasih karena sudah begitu menginspirasi :)).

  3. Mari kita bersama-sama semangat mewujudkan masa depan yang lebih baik Mba Iraaa. Wah, mba psikolog? Teman sejawat dong ya? Ah, satu lagi. Penggemar OOR juga?πŸ˜€ semoga tercapai ya Mba, amin.

  4. Belajar nyetir saya juga rasanya gak uwis-uwis karena selalu ngerasa gak PD haha
    Saya setuju, makin ke sini rasanya kita mesti makin adaptable to change, bahkan inconvenience. Semangat Mbak! Tema thesisnya menarik sekali, saya siap mantengin hihi

Leave a Reply

