Pengalaman Nonton Jurassic World di 4DX

image1

Minggu kemarin adalah pengalaman pertama saya menonton 4DX di Blitzmegaplex PVJ Bandung. Saya dan Teh Icha memang udah niat mau menonton Jurassic World di studio 4DX, agar lebih terasa efek dari filmnya. Kami masuk saat film sudah mau dimulai. Gelep banget!! Jadi aja menuju kursi sendiri gelep-gelepan dan sukses ternyata salah kursi x_x . Pesan moral: kalau lain kali nonton 4DX datengnya rada lebih awal. Buat yang belum tahu soal 4DX bisa lihat langsung di website blitzmegaplex.

Begitu duduk, kursi di 4DX ini berbeda karena kursinya sedikit naik, jadi barang-barang saya simpan di lantainya, biar aman kalau si kursi bergoncang. Selain itu di kiri dan kanan ada bolongan untuk sound effect dan di depan kursi ada bolongan-bolongan kecil untuk efek angin atau air. Begitu duduk, kursi sudah bergoncang karena telur dino yang bergerak-gerak. Sepanjang film, kami berdua ketawa mulu. Maklum baru pertama nonton di 4DX, jadi seru sendiri. Rasanya seperti naik wahana di dufan😆

Sebelum cerita lebih lanjut mau ngasi sinopsis dari film Jurassic World. Dua puluh dua tahun sejak kejadian Jurassic Park (1993), Pulau Isla Nublar kini berfungsi penuh sebagai taman wisata dinosaurus, Setelah 10 tahun beroperasi dan pengunjung berkurang, perusahaan memberi mandat untuk meningkatkan kunjungan pengunjung. Atraksi baru pun diciptakan, namun malah menjadi malapetaka baru.

Kalau dilihat dari segi cerita, kurang lebih konsepnya masih sama dengan pendahulunya. Ada sebuah taman berisi dinosaurus, terus ada dinosaurus yang kabur. Bedanya, memang di sisi efek dan grafisnya yang halus banget. Karena itulah saya dan Teh Icha memutuskan merasakan kecanggihan efeknya di studio 4DX.

Sepanjang film, kita disuguhkan terpaan angin, goncangan-goncangan, cipratan air *iya, ikut kecipratan waktu adegan dino yang di air itu*, serta kilat dari senapan. Goncangan itu juga tidak hanya dari gerakan kursi yang naik turun, tetapi juga dari bagian punggung yang bisa memiliki efek seperti kita kejeduk dari belakang gitu. Apalagi saya menonton 3D yang berarti membuat pengalaman menonton semakin nyata. Ikut ngerasa deg-degan saat Indominius-Rex berjalan pelan ke arah Owen atau merasakan sensasinya saat Owen dikawal para Velociraptor buat menemukan Indominius Rex. Seru banget!! Kayaknya waktu itu kami yang paling berisik di studio karena ketawa dan kadang ikut berteriak *tutup muka*. Walaupun ya dari segi harga, ga akan sering-sering deh nonton di 4DX, cukup untuk film yang dirasa pas untuk ditonton di sana.

Satu yang saya ingat ketika selesai menonton Jurassic World, kita ga boleh sombong di bumi yang diciptakan oleh Tuhan. Bagaimanapun juga, kita hanya manusia biasa. Ambisi untuk menggenggam dunia itu benar-benar menjadikan orang tamak. Sebut saja Simon Masrani, yang memiliki keinginan menciptakan dinosaurus yang lebih banyak gigi, lebih berbahaya daripada T-Rex untuk keuntungan perusahaan atau Vic Hoskins yang memiliki keinginan menjadikan dinosaurus sebagai pengganti senjata tempur. Ambisi kedua orang ini malah memuat malapetaka terhadap lingkungan di sekitar mereka.

26 thoughts on “Pengalaman Nonton Jurassic World di 4DX

  1. Wah seru banget yah kayanya Mbak nonton 4DX, sayang di Jogja blom ada Blitz.. Setuju kl adegan Mas Owen bareng Velociraptor ngejar Indominius-Rex seru banget, sama adegan T-Rex berantem sm Indominius-Rex hehehehe.. Mana mas Owen tuh macho abis hahahaha..

  2. 4dx -_- itu kok kayaknya teknologinya udah keren gitu ya mbak -_- ya ampun :’ aku belum pernah nonton begituan -_- di jogja mana ada blitz mbak😀

    Aaah, jurassic keren ya😀

  3. Pertama saya menonton 4DX itu pas Guardians of the Galaxy, dan memang seru dan berkesan nyata sekali :hehe. Apalagi ada cipratan airnya, 4D yang di Dufan pun kayaknya belum ada ya (atau ada tapi saya lupa), ini inovasi menonton yang bagus banget. Cuma memang, harganya lumanyun… lumayan buat bibir agak manyun :haha.

  4. Pingback: [EF]#16.8 What Makes Me Want To Watch Movies in Cinema | Coklat dan Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s