Swafoto

Ada yang tahu swafoto? Itu adalah bahasa Indonesia dari Selfie. Tahun lalu, saya sempet berdiskusi soal per”swafoto”an ini dengan cousins in crime dan Ingga. Obrolan ini tercetus karena banyaknya orang yang menggunakan kata swafoto untuk mengatakan jenis foto seseorang yang sendirian. Pertanyaan dasarnya, apakah kalau dia difoto oleh orang lain, tetapi sendiri tetap dikatakan swafoto? Sama seperti kita foto rame-rame dan difoto oleh mas bro atau mbak sis apakah tetap dikatakan wefie?

Berdasarkan pertanyaan sesederhana ini, kita jadi ngebahas soal foto sebelum era digital. Kitakan sering banget foto sendiri dan meminta orang lain untuk memfoto. Apakah kegiatan ini masih disebut swafoto? Memang istilah swafoto ini baru terdengar sekitar tahun 2013-an ketika zaman foto dengan kamera depan telepon pintar sedang ramai dan diunggah ke media sosial. Padahal kalau foto sendiri seperti itu disebut swafoto, mengapa kata-kata itu baru terdengar di tahun 2013 ya? Hihihihi ini benar-benar obrolan random ya😀 .

Ngomong-ngomong kalau melihat ke wikipedia *yang memang belum tentu terpercaya juga*, inilah pengertian dari swafoto:

Swafoto atau yang dikenal dengan selfie adalah jenis foto diri yang diambil sendiri baik dengan menggunakan kamera digital ataupun kamera mobile phone.

Jadi kalau ada yang mengatakan semua foto sendirian itu disebut swafoto, bisa dijawab beum tentu, karena syarat swafoto adalah mengambil gambarnya sendiri. Kalau gambarnya diambil oleh orang lain maka tidak disebut swafoto.

13 thoughts on “Swafoto

  1. Iya, kalau masih bantuan orang lain kan namanya bukan swadaya ya Mbak :hehe. Eh ini informasi baru untuk perbendaharaan kata bahasa Indonesia, terima kasih banyak! Ini bukti bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang dinamis soalnya selalu berkembang :)).

  2. terjawab sudah rasa penasaranku😀 . Saya sering lihat sosmed pengen usil komentarin foto teman yg sering upload foto “selfie sendiri” “selfie sama mama” “selfie sama teman” tp semua foto dia dipotretin org lain berarti bukan selfie doong haha.

    • Obrolan lebaran tahun lalu😆

      tapi jadi aneh loh bahasanya, “selfie bareng2”, jadi semuanya ngeluarin hp terus foto dari berbagai sudut gitu Tan? :p *dibahas*

    • swafoto itu Bahasa Indonesianya Feb. Sama aja lebih membooming download daripada unduh😆 . Padahal kita udah punya padanan kata Bahasa Indonesia untuk istilah-istilah dunia maya, tapi jarang dipake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s