Burung Kenari

Canary bird that can not sing will never get a pair

Kemarin saya membeli bubble drink dan mendapatkan tulisan tersebut di gelas minumannya. Saya selalu berpikir bahwa tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Termasuk tulisan di gelas yang membuat saya berpikir kira-kira apa maksud tulisan tersebut. Setelah membaca bolak balik tulisannya, bengong memperhatikan hujan, dan berusaha menamatkan sebuah novel, akhirnya saya sok tahu mulai memahami maksud tulisannya.

Burung kenari merupakan burung kicau yang memiliki tubuh mungil, warna yang indah, serta kicauan yang merdu. Tentu saja karena keunggulan tersebut, Burung Kenari sering diperlombakan. Tetapi, ada burung kenari yang tiba-tiba saja tidak dapat bernyanyi yang disebabkan oleh kondisi Burung yang sedang sakit ataupun karena stres. Stresnya sendiri dapat disebabkan oleh sakit atau karena lingkungan di sekitar kandang yang kurang baik. Burung Kenari yang sakit dan stres tentu akan kesulitan bernyanyi dan memikat pasangannya.

Begitu juga dengan kita. Apabila Burung Kenari memikat orang disekitar dengan nyanyiannya, kita dapat membuat orang disekitar nyaman, tersenyum, dan bahagia apabila kita nyaman dan bahagia dengan diri sendiri. If you want make someone happy, you need to start it with you first. Setelah kita nyaman dan bahagia dengan diri sendiri, energi positifnya akan menular dan membuat bahagia orang disekitar kita.

Saya mendapatkan tulisan ini seperti pengingat untuk diri sendiri dan bertanya kembali. Sudahkan saya bahagia dengan diri sendiri? Sudahkah saya bersyukur dengan apa yang saya miliki? Apakah saya masih menjalani hari dengan kemarahan dan kebingungan? Apakah saya nyaman dengan diri saya sendiri? Apakah saya sudah menikmati hari? Apakah saya sudah mengambil kesempatan-kesempatan yang bisa saya raih hari ini?

Pertanyaan – pertanyaan ini merupakan bentuk evaluasi diri yang saya lakukan sebelum tidur. Untuk melihat kembali bagaimana saya menjalani hari dan berusaha tidur dengan senyum di wajah, agar tidak menyesali hari ini, agar dapat mengawali hari esok dengan ceria dan semangat baru. Ketika kita dapat berbahagia menghadapi hari, tentu orang disekitar akan tertular kebahagiaan. Seperti burung Kenari yang riang bernyanyi dan membuat sekelilingnya tersenyum mendengar nyanyiannya, dan bahkan mendapat pasangan.

*informasi soal Burung Kenari didapatkan dari sini

18 thoughts on “Burung Kenari

  1. Analogi yang bagus, Mbak..😀 Apalagi zaman sekarang kayaknya kita gampang banget ketularan sesuatu yah.. Pengennya sih yang happy aja, yang negatifnya enggak usah.. Wkwkwk..

  2. Berusaha jauhin orang2 yang berenergi negatif biar Gak ketularan. Bersyukur sungguh2 dengan apa yang kita punya itu bakalan bisa buat bahagia. Kedengeranya klise si tapi emang bener adanya… Nice reminder ini Ira postinganmu🙂

Leave a Reply

