Museum Malang Tempo Doeloe

IMG_3380Museum Malang Tempo Doeloe

Ga banyak yang tahu soal museum swasta yang ada di Malang ini. Saudara sepupunya teman saya juga tahunya restaurant Inggil yang terletak di dekat museum. Padahal letaknya sendiri dekat dengan Tugu Malang. Saat melihat bangunannya yang nampak kecil seperti rumah biasa, ga akan menyangka kalau ini adalah museum!

Museum Malang Tempoe Doeloe ini didirikan oleh Bapak Dwi Cahyono, yang merupakan Ketua Dewan Kesenian Malang, dan penggagas Festival Malang Kembali Malang Tempoe Doeloe. Museumnya sendiri buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00.

IMG_3384kalau mau bisa turun ke bawah

Dengan harga Rp.15.000 kita sudah bisa menikmati 20 ruangan dan wahana yang ada di Museum Malang Tempo Doeloe. Kita akan dibawa mulai dari zaman pra sejarah dan asal usul kota Malang. Saya aja baru tahu kalau kota Malang dikelilingi oleh banyak gunung besar seperti Gunung Kelud, Gunung Kawi, Gunung Welirang, Gunung Arjuna, Gunung Bromo, Gunung Tengger, dan Gunung Semeru.

IMG_3383Malang yang dikelilingi banyak gunung

IMG_3385tembikar

Setelah mengenal kota Malang, saya kemudian di ajak masuk ke zaman kerajaan lengkap dengan berbagai benda-benda sejarah, diorama, dan peninggalannya. Mulai dari Kerajaan Kediri, Mataram Kuno, Kerajaan Singosari hingga Kerajaan Majapahit. Benda-benda sejarah disini seperti patung Ken Dedes, lempengan besi, prasasti, serta buku-buku kunonya.

IMG_3405Ken Arok lagi bertapa

Keluar dari wahana kerajaan, kita akan dibawa melihat cara pembuatan alat rumah tangga menggunakan tanah liat, mesin menghalus jagung, alat-alat rumah tangga zaman dulu, serta ruangan penyimpanan rempah. Saya dan teman-teman seru banget ngeliat benda-benda yang aneh dan melihat cara kerjanya. Benda-benda di Museum Tempoe Doeloe ini memang bisa kita pegang loh.

Perjalanan saya di dalam museum kemudian memasuki zaman perang sebelum dan setelah kemerdekaan, hingga Malang saat ini. Mulai dari menyusuri lorong penuh foto-foto Malang dari tahun ke tahun, hingga masa kependudukan Jepang. Selain itu ada suasana kelas zaman dulu, hingga replika Festival Malang Kembali Malang Tempoe Doeloe.

IMG_3390lorong menuju wahana kerjaan


IMG_3406Silsilah

IMG_3411Patung Ken Dedes

IMG_3413Ternyata alatnya berat!

SAMSUNG CSCmencoba bikin mangkok dari tanah liat😀

IMG_3419dapur zaman dulu

IMG_3437Foto-foto Bangunan Tua di Malang

IMG_3466batik!!

Saya tidak sempat memfoto beberapa wahana, karena keburu seru nyobain diorama dan melihat koleksi museumnya. Semoga semakin banyak museum-museum bagus dan terawat seperti ini. Dipikir-pikir, sayang banget kebanyakan museum yang bagus, terawat, dan detail kebanyakan adalah museum swasta. Ketika saya mengunjungi museum yang dikelola pemerintah, lebih banyak benda-benda koleksi yang tidak terawat dan berdebu😦 .

22 thoughts on “Museum Malang Tempo Doeloe

    • aku dapet infonya dari google😆
      jadi kemarin waktu lagi browsing museum atau tempat seru di Malang salah satunya ada ini, sayang kemarin kelewat ga ke museum bentoel😦

      • Museum bentoel rokok? Wah kayaknya harus trip ke Malang nih. Soalnya dulu aku dan teman teman sempat ada rencana mau ke sana, tapi bingung destinasi ke mana lagi selain Bromo..

      • iya Tane, museum bentoel rokok. Sebenernya di dalem Malangnya sendiri banyak yg bisa di eksplore. Kalau di luar malang, di Batu tuh banyak tempat yang bisa dikunjungi. kemaren mepet sih, jadi ga sempet ke Batu

  1. Ya ampun keren banget! Nyesel nih ga ke sana karena ga tau ada museum itu. Padahal liburan semester lalu baru aja ke Malang, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s