Sabtu Bersama Bapak

IMG_4018Sabtu bersama Bapak

Membangun sebuah hubungan itu butuh dua orang yang solid, yang sama-sama kuat.
Bukan yang saling ngisi kelemahan.
Karena untuk menjadi kuat adalah tanggung jawab masing-masing orang.
Bukan tanggung jawab orang lain.
Find someone complimentary, not supplementary.
Cakra, 30 tahun.

Novel terbaru dari kang Adhitya Mulya *sok akrab* ini adalah novel yang lengkap. Tidak hanya membuat kita tertawa, novel ini juga membuat kita berpikir dan terharu.

Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda yang belajar mencari cinta.
Tentang seorang pria yang belajar menjadi bapak dan suami yang  baik.
Tentang seorang ibu yang membesarkan mereka dengan penuh kasih.
dan tentang seorang Bapak yang meninggalkan pesan dan berjanji selalu ada bersama mereka.

Tema besarnya memang tentang keluarga. Keluarganya Bapak Gunawan Garnida dan Ibu Itje yang memiliki anak bernama Satya dan Cakra. Di awal novel ini menceritakan mengenai Bapak Gunawan yang memiliki penyakit kanker dan ingin membuat video untuk anak-anaknya agar mereka tidak kehilangan arah walau bapaknya telah meninggal. Ceritanya sendiri tidak berhenti saat Satya dan Cakra masih kecil, tetapi hingga mereka tumbuh dewasa.

Satya yang telah bekerja di luar negeri, punya anak tiga, dan melakukan long distance married karena harus ke site untuk bekerja. Tentu banyak permasalahan yang terjadi di sini. Kang Adhit mengajarkan  berbagai teknik parenting yang membuat saya berpikir ulang tentang berbagai konsep. Salah satunya adalah soal konsep anak sulung.

Cakra, saat besar adalah seorang yang sukses dalam karir tapi menginjak usia 30 masih tetap menjadi jomblo. Sampai Cakra menjadi bahan bercandaan bawahannya dan membuat ibunya khawatir. Sampai-sampai ibunya mau mengenalkan Cakra ke anak teman-temannya. Cerita soal Cakra ini membuat saya berpikir berbagai macam hal.

Selain cerita soal Satya dan Cakra, juga ada cerita mengenai Ibu Itje yang tidak ingin memberatkan anaknya walaupun mereka sudah bekerja.

Novel kang Adhit ini benar-benar lengkap untuk semua orang. Mulai dari yang masih bingung soal pasangan, yang sudah menikah, hingga orang tua yang anaknya sudah beranjak dewasa. Menurut saya, ini adalah novel kang Adhit yang paling bagus. Kerasa banget bikinnya pakai hati, untuk bekal anak-anaknya kelak.

Novel Kang Adhit kali ini juga lebih banyak memasukkan nilai-nilai moral dan pelajaran hidup yang ia dapatkan selama ini. Kang Adhit juga memberikan sudut pandang baru dalam melihat sebuah permasalahan. Dikemas dengan baik tanpa menggurui. Salah satunya adalah kalimat yang berada di paling atas. Mengingatkan saya tentang tulisan disebuah jurnal psikologi: “Immature love is insecure, whereas mature love is secure. Insecure people worry about losing their partner and will use controlling and manipulative strategies to keep them. These individuals restrict their partner’s development and freedom. Those who feel secure and at peace with themselves do not need a relationship to feel complete. Instead, they seek partnerships to enhance their already satisfying lives. Secure partners celebrate the growth of their significant other and appreciate their unique attributes.”

Selain tulisan di atas, tulisan lain yang saya suka adalah
Laki atau perempuan yang baik itu, gak bikin pasangannya cemburu. Laki atau perempuan yang baik itu… bikin orang lain cemburu sama pasangannya.“.

Untuk bacaan awal tahun, novel ini beneran sukses bikin saya ketawa, berkaca-kaca, dan memikirkan berbagai hal.

16 thoughts on “Sabtu Bersama Bapak

    • Sebelumnya kang adhit nulis mencoba sukses mas Ryan. Novel sebelumnya memang kurang greget sih, mangkanya ga high expectation pas baca yg ini. Ternyata pas baca bagus😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s