Kereta Ekonomi Sekarang

IMG_3276muka masih pada cerah

Masih ingatkah kereta ekonomi beberapa tahun yang lalu? Panas, kurang tertata, banyak pedagang yang lewat, satu tempat duduk untuk bertiga bisa diisi oleh empat orang, bahkan sampai ada yang tidur di depan WC. Oia jangan lupakan penumpang yang membawa ayam di dalam kereta. Bagaimana wajah kereta ekonomi sekarang? Jauh banget dari kesan sesak nafas seperti dulu.

IMG_3281bersih dan ber-AC

Kereta ekonomi saat ini tidak memperbolehkan ada tiket berdiri. Semua penumpang harus duduk sesuai dengan nomer yang tertera di karcis kereta. Selain itu setiap gerbong sudah memiliki AC sehingga tidak akan tercium bau keringat lagi.


IMG_3334pemandangan sepanjang jalan

Bagaimana dengan pedagang? Sejak beberapa bulan ini, stasiun kereta tidak memperbolehkan ada pedagang yang naik ke kereta. Jangankan pedagang, pengantar dan penjemput tidak lagi dibolehkan masuk ke ruang tunggu kereta api. Hanya pemilik tiket kereta yang diperbolehkan masuk. Saya paling kangen sama penjual pecel setiap kali berhenti di stasiun Madiun. Sayang sekarang jadi tidak bisa menikmati pecel madiun dari kereta.

IMG_3280colokan listrik

Saya juga dikagetkan dengan adanya dua buah colokan listrik di kereta. Saya pikir, colokan listrik hanya ada di kereta eksekutif๐Ÿ˜† . Untuk toiletnya sendiri, tentu lebih bersih daripada sebelumnya.

IMG_3740kerjaan di kereta: nonton dan makan

Jadi selama di kereta kita ngapain aja nih? Ngobrol, tidur, becanda, nyepet, curhat, nonton film, main game, baca novel, dengerin lagu, ngemil, makan, ngemil, dan makan๐Ÿ˜† .Oia, sejak awal tahun PT. Kereta Api Indonesia mulai memberlakukan tarif non subsidi untuk kelas ekonomi. Jadi yang awalnya harga kereta Rp.50.000,- naik menjadi Rp.100.000,- ke atas. Jadi kalau harga kelas ekonomi dan bisnis tidak jauh berbeda, lebih baik pilih kelas bisnis saja.

17 thoughts on “Kereta Ekonomi Sekarang

  1. Raaaaa… ini jadi inget naik kereta Gaya baru malam ( GBM) yg dari pasar senen jkt ke surabaya…ampun dahhh ampe tidur di kolong2 kursi saking padatnya..dulu kita serombongan satu gerbong tiap pulang dari Surabaya. Karena kan kita anak asrama yg rumahnya di Jkt banyak…

    Keren ya skrng kereta ekonomi…

    • sekarang beda banget banget mbak Jo….
      Udah ga ada lagi penumpang yang tidur di lorong kereta atau di depan kamar mandi.
      Mangkanya aku bisa bilang kalau kereta ekonomi sekarang beneran nyaman banget

      Kebayang seru pastinya segerombolan naik kereta ekonomi dan bergulat dengan penumpang lain di dalem kereta mbak.

      • Ga ada penumpang laen ra…tiap.libur sekolah kita boroong tiket segerbong makanya seru2 aja rasanya..banyak cerita cinta bersemilah… perjalanannya 18 jam bok

      • wah borong tiket segerbongo_O
        wah, lama banget ya mbak Jo 18 jam, wajarlah ya ampe ada cinta bersemi di kereta๐Ÿ˜†

  2. Wahh dah beda banget ya yang ekonomi sekarang. Terakhir naik ekonomi waktu masih anaknkuliahan ke jogja aduuhh gak ada ac pedagang naik turun terus toilet kotor dan brenti brenti gitu kayanya gak nyampe2 tujuan deh hihihi. Tapi seru aja si karena bareng teman2 lain. Sekarang dah wayyy more better ya Ra..keren!

  3. Hehehe iya kereta ekonomi sekarang memang lebih nyaman. Tapi aku punya pengalaman buruk saat men-charge iPhone di KA. Angus!๐Ÿ˜ฆ Sejak itu gak berani lagi nge-charge di KA karena listriknya unstable.

  4. Pingback: Tahun Baruan di Bromo | Coklat dan Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s