Jadi Lebih Baik

Hidup itu dinamis, terus bergulir dan berubah. Begitu juga lingkungan tempat kita berada. Lingkungan yang dinamis ini tentu mengubah perilaku dan cara pandang kita dalam menghadapi suatu masalah. Lingkungan juga dapat merubah kepribadian kita. Bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Saya jadi teringat sebuah tulisan lama mengenai pengaruh lingkungan di blog ini. Di sana saya menuliskan bahwa lingkungan yang positif dapat menjadikan kita positif, bahagia, dan menjadi lebih sehat. Bagaimana kalau sebaliknya dan kita tidak menyadarinya? Pernah ga sih kita merasa nyaman dan bahagia di dalam suatu kelompok, tapi ternyata berdampak negatif ke sekitar? kita bisa saja bahagia dan nyaman berada di dalam suatu kelompok karena merasa diterima, tetapi isi kelompok itu adalah orang-orang yang senangnya bergosip dan merumit suatu masalah, membuat kita berbohong kepada orang-orang yang kita sayangi, hura-hura, dan bikin kita malah jadi sering ngeluhin hidup? Bagaimana kalau kelompok itu malah membuat kita jadi orang yang negatif dan ga bikin kita jadi bisa berpikir lebih positif? Apalagi kalau membuat hidup menjadi mundur dan malah tidak memiliki tujuan sama sekali, menurut saya sudah saatnya untuk evaluasi diri.

Saya ingin menjadi pribadi yang seperti apa beberapa tahun lagi?

Apabila jawabannya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi, sudah saatnya berbenah diri. Langkah awal yang biasa saya lakukan adalah menerima bahwa saya sedang berada di dalam kondisi yang luluh lantak.Β I screwed everything. Setelah ituΒ saya mulai memaafkan diri saya sendiri. Memaafkan ya, bukan mengasihani. Mengasihani hanya membuat diri kita lemah, tetapi memaafkan berarti membuka jalan untuk melangkah ke depan. Kemudian saatnya saya melihat lingkungan seperti apa tempat saya berada, bersyukurlah bila berada di lingkungan yang bisa membuat kita bahagia, saling menguatkan dan memberikan solusi ketika kita bermasalah, bisa menampar kita ketika terlalu drama menghadapi hidup, ornag-orang yang mau mengkritik dan nunjukin ke kita kalau kita salah, serta sama-sama memiliki tujuan dalam hidup. Sehingga bisa saling mengingatkan dan menguatkan untuk meraih sesuatu dalam hidup, ga cuma hidup untuk hari ini saja.

Menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2 thoughts on “Jadi Lebih Baik

Leave a Reply

