Instant Gratification

 

Pernah mendengar istilah instant gartification? Bahasa Indonesianya adalah kesenangan sesaat. Siapa di sini yang sering melakukan instant gratification? *tunjuk diri sendiri*.

Memikirkan hari ini saja, esok hari? Bagaimana besok saja. Di zaman dengan teknologi yang serba cepat dan mudah, orang-orang (baca: saya sendiri) sering terkadang melakukan banyak hal secara instan dan jadi ga sabaran. Contoh sederhananya saja ketika mencari bahan kuliah, daripada menelusuri literatur tebal atau membaca ebook, saya lebih memilih mencari di google dan menemukan bahan yang dicari di salah satu artikel ataupun blog yang sumbernya saja belum tentu reliabel.

Instant gratification lainnya apabila ingin makan, harus segera dilaksanakan; begitu ada Whats app masuk, harus segera dilihat; ingin beli sepatu, langsung beli tanpa dipikir; ga perhatian lagi demi ketenangan, memilih kabur daripada menyelesaikan masalah; bertahan di saat tersakiti; Memilih lingkungan baru demi tidak ditampar kenyataan; demi kepuasan sesaat, demi tidak merasa sakit saat ini. Kalau nanti sakit? Gimana nanti, menyesal belakangan.

Impulsif. Jadi tidak bisa bersabar. Padahal kita diajarkan untuk selalu sabar, melakukan delayed gratification. Tapi memang dasar manusia, memilih kesenangan dan menjauhi kesakitan. Semoga bisa menjadi lebih baik lagi di dunia penuh kemudahan dan instan ini, semoga masih terus menghargai proses bukan hasil, aamiin.

 gambar diambil dari sini

15 thoughts on “Instant Gratification

  1. Seriingg niih kaya ginii , apalagi kalau lagi pengen sesuatu 😂😂 . Self control kadang masih labil nih Ira. Tp kalau liat notif di hp udah mulai gak pengen cepet2 diliat karena udah ke distract sama Bazyl 😁😁

  2. Pingback: Diatur oleh Emosi | Coklat dan Hujan

  3. Sama banget. Padahal delayed gratification lebih baik daripada yang instan, dalam beberapa hal misalnya saja sudah lebih dipikir jadinya nggak ada rasa menyesal (kadang kalau instan begitu ada sedikit rasa menyesal menyelip).

    Wooh, Mbak Ira psikolog? Keren… bisa konsultasi gratis via online nih kita :hihi.

    • Iya Gara. Yuk mulai nge-delayed gratification

      Boleh boleh…mumpung belim ditarifin ini😆
      Kalau mau cerita tinggal whats app aja Gara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s