Kartu Pos: Colourful Georgian Doors

Dublinsalam dari Dublin!

Kartu pos ini saya dapatkan dari mbak Tjetje saat lagi pulang ke kampung halaman suaminya di Dublin. Saya ga nyangka banget bakal dapet kartu pos dari sana. Jadi begitu liat kalau ini dari mbak Tjetje, saya langsung cengar cengir sepanjang hari😀 , senang tak terkira dapet kartu pos cantik dari Dublin.

Kartu pos ini memperlihatkan pintu warna warni yang terkenal dengan nama Georgian Doors. Sejarahnya sendiri berawal pada awal abad ke-18. Dublin, Irlandia naik menjadi salah satu kota Kerajaan Inggris yang paling menonjol dan makmur. Dubliners mulai membangun rumah Georgia baru yang elegan di luar tembok kota abad pertengahan yang asli. Diberi nama Georgia karena gaya arsitektur ini yang dikembangkan selama periode sejarah 1714-1830 di mana empat Raja Georgia memerintah pada periode ini.

Gaya rumah Georgia ini berdasarkan aturan ketat yang ditetapkan oleh pengembang, harus mematuhi pedoman arsitektur yang sangat spesifik hingga ke detail terkecil. Hal ini membuat bangunan menjadi seragam. Jadi, dalam rangka melawan diri dari aturan ketat tersebut, masyarakat Dublin mulai melukis pintu depan dengan warna yang mereka sukai. Selain mengganti warna pintu, beberapa orang juga menambahkan berbagai hiasan untuk mempercantik pintunya.

Buat yang mau tahu sejarah soal Georgian Door ini silahkan baca blognya mbak Tjetje yang ngebahas soal pintu ini.

Sumber: dari sini, sini, dan sini

8 thoughts on “Kartu Pos: Colourful Georgian Doors

  1. Pingback: Cerita Pintu Cantik Dublin | Ailtje Bini Bule

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s