Masak Memasak

Saat saya memposting soal menu makanan selama diet lemak, Mbak Noni sempet nanyain soal resep-resep makanannya. Lalu akupun bingung harus mulai dari manaπŸ˜†. Soalnya sayakan pada dasarnya ga doyan masak. Jadi bisanya yang gampang-gampang aja. Waktu bikin menu buat diet lemak juga sama aja. Nyarinya yang simpel, ga perlu bumbu aneh-aneh, dan bisa dibikin dalam jumlah sedikit.

Ini adalah beberapa menu yang menurut saya gampang:
1. Tahu Bakar Kecap
Tahu yang biasa dibeli, di potong jadi 3 bagian, terus ditusuk-tusuk pake garpu. Kemudian dilumuri kecap. Diamkan sebentar. Udah Β gitu tinggal dibakar. Gampang bangetkan?πŸ˜€

2. Perkedel kentang bakar
Sebenernya sama aja kayak bikin perkedel kentang goreng, bedanya ini dibakar. Kalau ini agak ribet bikinnya. Pertama, kentang dikupas dan dipotong dadu. Udah gitu digoreng dulu bentar dan ditiriskan. Kentang yang udah dingin ini ditumbuk hingga halus dan disisihkan dulu ke pinggir ulekan (iya saya nguleknya pake ulekan batu :lol:). Dibagian ulekan lain, campur bawang goreng, merica, sama garem, kemudian diulek hingga halus. Campurkan kentang tumbuk dengan bumbu hingga rata. Cobain dulu ya, udah sesuai selera apa belum. Kalau udah, masukin daun Β seledri yang dicincang. Kemudian masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk adonan sampai tercampur rata. Setelah itu bentuk sesuai selera. Saya sih sukanya kecil-kecil biar ga terlalu basah tengahnya. Setelah itu dibakar deh.

3. Sayur Bayam dan Sayur Kangkung
Cara bikin dan bumbunya kurang lebih sama. Cuma 1 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, dan cabe satu biji. Kalau suka boleh pake jagung manis yang udah disisir. Cara bikinnya panaskan dulu air hingga mendidih. Kemudian masukkan jagung manis, masak hingga jagung empuk. Masukkan bumbunya dan tambahkan garam serta gula. Kemudian basukin bayam atau kangkungnya. Biarkan sebentar, kemudian diangkat. Oia bayam ini cuma berlaku sehari ya. Ga akan enak kalau dibesokin. Buat yang masak sayur kangkung, jangan kaget kalau airnya jadi itemπŸ˜€

4. Ikan Bakar
Saya bikin ikan bakarnya yang simpel ya, ga dibumbuin aneh-aneh macam di restoranπŸ˜†. Ikannya cuma difillet, kemudian dikasi garem, merica, dan jeruk nipis buat ngilangin bau amisnya. Udah gitu kalau suka di kasi kecap. bolak balik ikannya biar bumbunya rata. Biarkan sekitar 30 menit biar bumbunya meresap. Kemudian bakar deh. Hal ini juga berlaku kalau masak ayam bakar. Bedanya cuma ga pake jeruk nipis.

Gampang bangetkan bikinnya?πŸ˜†. Untuk makanan yang lain, kudu nanyain nyokap dulu, takut salah bumbuπŸ˜€. Semoga bisa diposting dalam waktu dekat yaaaaa

*gambar diambil dari sini

4 thoughts on “Masak Memasak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s