Sakit Hati

Sakit hati yang saya maksud di sini adalah sakit hati dalam arti yang sebenarnya alias sakit liver. Liver sendiri memiliki berbagai fungsi seperti tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral, penyimpanan cadangan air, pembakaran gula, dan pembentukan kolesterol. Liver juga mengubah lemak menjadi asam lemak. Zat-zat racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan dibuang ke hati bersama cairan empedu menuju usus. Salah satu penyakit yang menyerang liver adalah hepatitis a.

Kenapa saya tiba-tiba ngebahas soal hepatitis a? Soalnya sekarang saya lagi dalam  masa recovery dari penyakit ini dan mau berbagi seputar si hepatitis a ini. Hepatitis adalah peradangan pada hati. Ini bisa terjadi karena toxin yang terbawa oleh makanan, obat-obatan, ataupun disebabkan oleh virus.

Gejala yang saya alami sendiri saat sakit hepatitis adalah mual dan muntah. Ini sih udah berasa kayak lagi hamil. Segala yang dimakan atau minum dikeluarin sesuai bentuknya saat di mulut. Saya makan jeruk, keluarnya beneran jeruk yang udah saya kunyah gitu, minum sari buah anggur ya keluarnya bentuknya begitu, bubur keluar bubur. Serasa ga dicerna sama sekali. Karena itulah badan sayanya juga jadi lemas. Selain itu urin saya berwarna kuning pekat. Udah mulai parno banget saat urin udah kuning. Tapi pas liat mata dan kulit belum berwarna kuning. Selaput mata dan kulit saya baru berubah jadi kuning saat ketemu dokter. Sebelumnya sih ga keliatan kuningnya x_x. Gejala lain yang saya alami adalah gatel. Gatelnya beneran ampe bikin kebangun dan susah tidur karena mau udah disalepin, dikasi bedak purol, dikasi lotion, tetep ga mempan. Gatel ini juga berlaku di tenggorokan alias jadi batuk-batuk. Kalau yang terakhir ini karena saya punya turunan asma kali yah, jadi gatelnya bisa nyampe batuk.

Menurut diagnosis dokternya, saya kena virus hepatitis ini saat awal-awal puasa. Virusnya bisa kena ke saya saat sebelum puasa, ataupun saat puasa. Efek kebanyakan makan di luar saat munggahan ama buka puasa bareng😀. Selama bulan puasa ini, saya emang suka tiba-tiba mual dan batuk ga sembuh-sembuh. Padahal saya udah nyobain minum obat batuk ampe bosen dan milih buat minum air jeruk nipis saking keselnya ama batuk yang ga sembuh-sembuh. Berhubung lebaran di rumah dan saya sempet ke Surabaya juga, jadilah pulang dari Surabaya saya ga enak badan. Tadinya saya mikir masuk angin ama agak kecapekan. Biasanya emang suka mual, muntah sekali, minum teh anget, tidur seharian sembuh. Tapi ini ga sembuh-sembuh. Udah gitu saya sempet ikut UAS sama pemeriksaan psikologi jadi aslab. Besoknya, saya langsung lemes banget. Teman-teman saya langsung bilang efek ngerjain tes yang bentuknya kayak kertas koran di sore hari, jadi aja langsung parah sakitnya😆

Dua hari ga ada perubahan, saya mulai mikir, ini penyakitnya rada serius. Ke dokter umum deket rumah buat ngecek. Udah curiga sih sebenernya ada pembengkakan liver, tapi dikasi obat maag dulu aja, karena takutnya memang cuma maag doang. Tiga hari ga ada perubahan dan malah makin sering muntah, akhirnya diputusin buat tes lab buat ngecek trombosit (karena takutnya DB juga) sama ngecek livernya. Malemnya begitu hasil lab nyampe rumah, langsung liat trombositnya, ternyata normal. Lihat halaman selanjutnya, kita sekeluarga bengong, ga ngerti. Besok paginya nelpon dokter umum buat ngasi tahu hasil labnya.

Begitu dokter umumnya denger hasil SGOT sama SGPT saya 800 sama 600, saya langsung dikasi dua nama dokter speasialis gastro untuk pengecekan lebih lanjut karena saya udah positif kena hepatitis. Langsung panik serumah, mulai nyariin dokter gastro yang dianjurin dan juga ganti alat makan saya biar beda karena takut nularin. Alhamdulillah banget dapet info soal dokter gastro yang praktek hari itu. Ternyata prakteknya jam 8 malem aja gitu

-_______-.

Sore-sore mama dan saya siap-siap buat yang terburuk untuk diopname. Jadi pas mau ke dokter itu kita udah bawa baju segala. Datenglah kita ke tempat prakteknya di daerah Cikapundung sehabis maghrib. Ternyata dapet nomer 14

 krik * krik * krik
-________________________________-

Badan udah lemes banget ampe mama dan calon kakak ipar saya makan sate padang, sayahanya bisa memandang dan ga pengen nyicip. Dokternya dateng teng jam 8 malem. Lalu akupun mati gaya di mobil nungguin dipanggil. Jam 11 malam barulah diperiksa dan dipastiin kena hepatitis plus udah mulai kuning kulitnya. Dokternya langsung nyuruh masuk rumah sakit malem itu juga. Sempet nanyain kenapa ga besok pagi aja gitu. Kan males banget udah tengah malem dan kudu ke rumah sakit. Ga boleh dong ama dokternya. Tetep wajib masuk malem itu juga dan langsung diinfus.

Dari Cikapundung, kita langsung pergi ke rumah sakit di sekitaran Cihampelas. Masuk IGD, diinfus, dan nungguin administrasi buat masuk ke kamar. Saat diinfus komen susternya “aduh,,ade,,,ini tangannya kecil banget sih. Makan ga nih?”.

Eee
-________-

Saya cuma bisa senyum doang. Walau bete karena diasumsikan saya makan dikit, tapi tetep seneng karena saya awet muda ampe dipanggil ade😀. Begitu urusan administrasi beres, saya langsung masuk kamar dan ga dibolehin turun dari tempat tidur. Jadi kalau mau pipis, yang ada pencet bel buat manggil suster. Kayaknya itu suster-suster ampe pada bosen saya panggilin mulu buat pipis. Saya cuma boleh turun tempat tidur kalau mau BAB aja.

Besoknya, seharian itu saya sukses muntah mulu tiap ada makanan masuk. Ampe lemes dan sakit banget dadanya. Dokternya baru dateng sore dong. Saya ama mama udah panik banget karena muntah terus. Pas bilang gitu ke dokternya, doi dengan santainya bilang “oh emang udah diduga bakal gini, mangkanya semalem langsung disuru masuk juga. Lagian ini sus, kok malah dikasi makan bubur gini sik. Ga akan mampu dia, kasi biskuit ama jus aja sama nanti saya kasi obat mualnya”. Dokter luar biasa banget deh. Suster aja ampe diceramahin ama doi😀. Setelah itu saya langsung dapet obat yang disuntikin ke infus dan 2 obat untuk lambung. Udah dapet itu aja, saya masih muntah 3 kali setelahnya. Lima hari di rumah sakit, saya banyak gerak dikit aja pasti muntah lagi. Walau begitu intensitasnya semakin berkurang. Hari keenam saat cek darah, ternyata bilirubin saya masih 11, ndak boleh pulang aja, tapi udah boleh makan nasi. Hari kedelapan, infus udah boleh dicabut tapi belum boleh pulang. Hari kesepuluh saya cek darah dan bilirubinnya dibawah 8, yaitu 6. Langsung boleh pulang. Walau begitu, selama 2 minggu saya masih harus bedrest dan diet lemak.

Selama di rumah sakit, saya diminta untuk makan yang manis-manis. Akhirnya dibeliin jus kemasan berbagai rasa, permen, sirup pisang susu, jelly, buah, semuanya saya makan (walau sempet ada yang keluar lagi juga sih). Saya juga dikasi minum air tajin alias air nasi. Kata temen mama yang anaknya dulu kena hepatitis a, khasiatnya lumayan. Kebukti juga sih sejak dari cek darah yang bilirubinnya masih 11 itu, tiap hari saya diminumin air tajin, begitu cek darah lagi turunnya lumayan banget.

Saya beneran berterima kasih sama semua orang yang udah jengukin saya dan direpotin karena nitip dibeliin macem-macem. Saya juga berterima kasih banget sama yang udah ngedoain, yang udah bantuin saya buat ngasi tahu ke dosen-dosen, dan juga saya berterimakasih banget sama pasangan yang udah nemenin selama dia di Bandung.

Oia, postingan ini hanya sharing apa yang saya alami sebulan kebelakang kemarin. Sebenarnya walaupun kena virus, tapi makanan dijaga dan kondisi badannya oke, ga akan nyampe jadi hepatitis kok. Ini sih efek saya yang rajin begadang ampe jam 2 dini hari, jarang sarapan, makan suka telat, dan males turun buat ambil cemilan ketika begadang yang membuat saya akhirnya drop ampe kena hepatitis a.

Sumber:
gambar dari sini
i
nfo soal hepatits dari majalah media in health edisi XXIV – Maret 2013

11 thoughts on “Sakit Hati

  1. Pingback: Hari Terakhir di 2013 | Coklat dan Hujan

  2. Pingback: [EF]#10 Nasi Bungkus Padang | Coklat dan Hujan

Leave a Reply

