Soal Agama

Postingan ini benar-benar hanya uneg-uneg saya aja. Ga bermaksud menyinggung pihak manapun.

Saya kenyang banget urusan beginian selama beberapa hari kebelakang. Semua ini berawal dari pertanyaan seorang bapak yang  duduk disebelah saya saat di pesawat. Beliau sempat bertanya basa basi sampai akhirnya masuk ke pertanyaan paling basi dan bikin saya memutar bola mata. ini dia pertanyaannya:

“Muslim?”

Bukan, bukan karena saya non muslim sehingga tersinggung dengan pertanyaan ini. Saya aja yang agamanya jelas Islam tersinggung ditanyain beginian. Sorry to say, tapi urusan beginian ini sensitif loh. Apalagi kita hidup dalam sebuah negara yang heterogen. Ga etis aja pertanyaan beginian harus meluncur dari mulut seorang warga negara Indonesia. Warga negara Indonesia loh,,yang katanya menghormati hak asasi setiap penduduknya dan berbhineka tunggal ika.

Saya sedih banget denger orang-orang bertanya soal agama yang dianut. Ga cuma sedih, saya juga muak. Ingin rasanya menjawab “apa urusan anda menanyakan hal seperti ini?! Emang kenapa kalo saya Muslim, Kristian, Hindu, Budha, ataupun Kong Hu Cu?”. Di Undang Undang Dasar 1945 yang telah diamandemen pasal 28E ayat 1 menyebutkan “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya” serta pasal 29 ayat 2 “negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Bukankah itu berarti udah jelas yah kalau soal agama itu pribadi banget dan ga etis untuk ditanyain seakan-akan memastikan ataupun menuduh.

Saya kadang suka ga ngerti mau dibawa ke mana sih kalau nanyain soal agama? Terus kalau seagama bakal ngapain? Bakal jadi ramah banget gitu? Kalau beda agama mau apa? Mau dijauhin dan diketusin? Please people!!! Kalau nanyain suku sih mungkin buat liat kedeketan keluarga atau apa gitukan yah (walau saya pribadi tetep ga suka sih dengan pertanyaan soal suku ini, tetep ga etis aja). Kalau daerah asal sih masih bisa buat usaha PDKT karena dulu pernah tinggal di sana atau ada kenalan di sana *modus* *ketauan suka pake alesan ini buat SKSD*.

Sekali lagi ini hanya uneg-uneg saya, seorang WNI yang berusaha memegang teguh bhineka tunggal ika. Lagian kalau di Islam, Rasulullah juga mengajarkan untuk ga ngeliat seseorang dari agama, suku, ras, atau hartanya. Hablumminnanas (Hubungan dengan sesama manusia) itu ya kesemua orang tanpa terkecuali. Untuk urusan agamakan seperti arti dari salah satu ayat Al-Qur’an “Untukmu agamamu, untukku agamaku”. Jadi buat apa sik nanya-nanya soal agama?

5 thoughts on “Soal Agama

  1. Mungkin, si bapak yg nanyain agama itu cuman mau memastikan aja biar omongannya ga jadi spt beda prinsip dan nyambung. Kadang, ada beberapa hal yang beda agama, beda prinsip. (walaupun sama agama juga ga menutup kemungkinan sih…). Mungkin bapak itu berpikir gitu.

    Misalnya gw ngbrl sama orang non Muslim, kan harus pilih2 kata juga.biar omongan itu jadinya general. Kalau mungkin ke sesama Muslim, bisa ngomongin misalnya ada hadist, ayat Al-Quran, dsb..gitu sih menurut gw.

    • sebenernya gw masih agak bingung sih, ra knp harus tersinggung kalau ditanya soal agama. berpikir positif aja. misalnya seperti yang sudah gw ungkapkan di atas itu. Atau misalnya kalau lw perginya ke luar kota/negeri, dia pengen nanya tempat2 ibadah di situ ada dimana aja, dsb…

      Gw juga dulu, sering banget malah pas SMA, ditanyain soal agama. Hahaha

      • soalnya terkesan ngejudge nes dari cara nanyanya…
        ga untuk ngomongin seperti yang elu bilang di atas itu..

        tapi bener juga sih,,,harusnya ditanya balik kali yah apa yang mau dituju nanyain soal itu,,,biar ga berpikiran negatif :)))

Leave a Reply

