Harapan untuk Bandung

Bandung bakalan memilih walikotanya sebentar lagi. Calon walikota-nya beragam. Rencana kerjanya juga beragam. Saya sih ga peduli juga sebenernya siapa yang menang. Postingan ini juga ga mau ngomongin soal calon siapa yang saya suka. Itu sih pilihan tiap orang. Postingan ini cuma pengen ngeluarin uneg-uneg sebagai orang yang tinggal di Bandung selama 10 tahun ini.

Saya sendiri sudah sering ke Bandung saat masih SMP. Saat mall yang paling hip itu adalah BIP, jalan layang belum ada, daerah pasteur masih sepi, dan jalanan tidak seramai dan semacet sekarang. Saat saya mulai menetap di Bandung, mall sudah mulai banyak, jalanan pasteur sudah mulai meluas, dan jalan layang mulai dibangun kembali.

Saat ini, Bandung sudah macet, masyarakatnya mulai agresif. Jalan yang mulus, sekarang sudah banyak berlubang. Bahkan lubang itu sudah membuat banyak orang kehilangan nyawanya. Saat hujan, jalanan menjadi sungai dan kolam. Papan reklame di mana-mana merusak keindahan kota yang dulu terkenal sejuk karena deretan pohonnya. Satu persatu bangunan bersejarah dibongkar begitu saja dan dibangun hotel dan restoran. Salah satu hutan kotapun saat ini mau didikan restoran.

Saya kangen dengan Bandung yang dulu saya kenal. Sebagai warga yang memiliki KTP Bandung, saya butuh walikota yang memperhatikan kotanya. Seorang negarawan. Saya ga perlu walikota yang hanya bisa menggombal. Mengobral janji setinggi langit. Ga perlu yang memiliki keinginan untuk sekolah atau pengobatan gratis. Saya hanya ingin seorang walikota yang mencintai Bandung sebagaimana saya mencintai Bandung. Seorang walikota yang peduli dengan bangunan bersejarah di kota ini. Walikota yang gigih dan berjuang menyelamatkan salah satu hutan kota. Walikota yang mau bekerja sama dengan institut yang katanya terbaik bangsa untuk membetulkan saluran drainase di Bandung, biar ga ada lagi sungai atau kolam di jalanan Bandung saat hujan. Saya butuh walikota yang ingin mengembalikan kesejukan Bandung, yang dapat membuat Bandung menjadi nyaman kembali. Walikota yang mau menutup lubang di jalanan agar tidak ada warganya yang meninggal karena lubang-lubang di jalan.

Saya sih ga mau muluk-muluk. Sekolah atau kesehatan gratis itu bukan perkara mudah. Tapi memperjuangkan apa yang saya katakan di atas itu bisa dilakukan dan itungannya penting. Saya sudah sedih melihat pemandian umum cihampelas yang sudah tak ada bekasnya lagi itu. Sedih melihat salah satu gedung tua di Jalan Braga yang hancur karena dibangun hotel megah.

Semoga yang nanti jadi walikota Bandung, bisa melakukan hal-hal di atas, seorang walikota yang memang mencintai dan menghargai Bandung, walikota yang merupakan negarawan, sehingga ia tidak KKN selama tugasnya nanti. Aamiin.

*saya, seorang warga Bandung, pengguna sejati angkot dan suka pengen lempar batu kepada para pengguna motor yang seenaknya pake trotoar untuk memotong jalan. Mana trotoarnya juga ga layak sih, karena merupakan penutup dari drainase #keluh*

2 thoughts on “Harapan untuk Bandung

  1. Ahh, aku suka sekali dengan postingan iniiii..
    Sharing dikit ah. Aku yang tinggal di bandung cuma kurang lebih 5 tahun aja bisa ngerasain perubahan Bandung yang sangat drastis sekarang2 ini, teh😦 Terakhir kali ke Bandung bulan Mei lalu kerasanya Bandung semakin sumpek, pas hujan deras, banjir dan macet dimana-mana. Hiks, sedih liatnya😦

    Semoga walikota Bandung yang baru nanti bisa ‘mengembalikan’ Bandung seperti jaman dulu kala ya, teh.. At least bisa mengurangi polusi udara, banjir, macet dan pengendara yang ugal-ugalan di Bandung. Amiiin.

    • bener banget martil,,,aku ga mau muluk-muluk deh buat Bandung, benerin jalan dan kemacetannya aja itu udah lebih dari cukup buat aku..

      aamiin,,,martil, aamiin,,mari berdoa siapapun walikota Bandung, dia beneran aware untuk kebutuhan bandung yang paling penting saat ini

Leave a Reply

