Singapore (Hari Keempat – Akhir)

Di Hari terakhir di Singapura ini, Iza-Cyntia-Surya bangun paling pagi dan bergegas mandi, masukin baju kotor, dan siap-siap untuk check out. Anduk dan selimut segera dibawa ke receptionist biar dapet kembali uang 10 SGD yang disimpan di deposit box hostel. Saya dan Sakti yang terbangun sempat cupika cupiki sama mereka bertiga. Tinggalah kami berempat di kamar. Saya yang sudah mandi, bersiap untuk last packing. Huff untung tas saya masih cukup untuk memasukkan semua barang, walau tas selempang biru ga bisa masuk dan kudu dipake.

Setelah semua siap, kami sempat sarapan dulu dan menghabiskan perbekalan makanan. Santai-santai aja dulu di hostel, mengingat pesawat kami adalah pukul 14.20. Pukul 09.00 akhirnya kami memilih check out. Selimut dan handuk ditunjukkan ke reseptionist sebelum akhirnya kami lemparkan ke tempat cucian kotor. Uang deposit kita yang 10 SGD dikembalikan. Ah senang sekali dengan hostel ini. Someday we’ll be back.

Sebelum ke Changi, kami mengantarkan Sakti dan Tia untuk mencari oleh-oleh di Orchad Road. Saya sih berharap nemu uncle ice cream. Beneran nagih deh ic ecream yang satu ini. Bersama dengan backpack kami yang penuh, kami menyusuri Orchad Road. Tadinya dari Orchad Road ini ingin naik bus menuju Airport. Tapi berhubung jauh banget, kami memutuskan naik MRT ajaπŸ˜€. Dari Orchad kita naik MRT hingga stasiun City Hall dan ganti East West Line hingga stasiun Tanah Merah. Di Stasiun Tanah Merah, baru kita ganti kereta yang menuju Changi Airport.

Kita sampai di Changi pukul 11.00. Dari stasiun MRT yang berada di terminal 2, kita naik ke atas naik trem menuju terminal 1 untuk check-in. Setelah mendapatkan boarding pass, masih ada waktu sekitar dua setengah jam untuk berjalan-jalan hingga waktu boarding tiba. Akhirnya kami memutuskan untuk berjalan-jalan dan makan siang di terminal 3. Di terminal 3 ini banyak banget toko-toko branded dan tempat makannya. Kita dari hostel sih udah niat banget pengen makan Burger King :)). Saya memesan paket double Swiss cheese burger yang di upsize dengan total harga 8 SGD 75 sen. Masuk akal dan beneran kenyang banget!!!

Tak terasa kita makan hingga pukul 13.00. Wah setengah jam lagi waktu boarding dan ruang boarding kita berada di ujung terminal 1!! Selesai makan, saya, Tia, dan Pite berpisah dengan Sakti untuk menuju ruang boarding masing-masing. Sakti dengan tujuan Bandara Husein, saya-Tia-Pite dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Β Selesai sudah backpackeran kami kali ini. Banyak yang didapat, banyak yang dipelajari, dan semakin memupuk kepercayaan kami bahwa backpacker itu adalah salah satu cara wisata murah yang bisa banget kita lakukan.

Semoga rencana tahun depan terlaksana yah kawan-kawan….aamiin.

Oia total pengeluaran saya hari ini adalah 1 SGD 25 sen (Rp,9,250,-). Hal ini karena saya mendapatkan kembali 10 SGD dan mengeluarkan 8 SGD, 75 sen. Total pengeluaran saya selama 4 hari 3 malam tanpa belanja dalam rupiah adalah Rp.1,083,250,-. Jika ditambah dengan harga tiket pesawat total biaya adalah Rp.1,716,250,-. Tetapi berhubung saya belanja, total pengeluaran saya kali ini adalah Rp.2,559,850,-. Ini semua belum ditambah Rp.80,000,- harga travel dari BandaraSoekarno-Hatta menuju Bandung yahπŸ™‚.

3 thoughts on “Singapore (Hari Keempat – Akhir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s