Singapore (Hari Pertama)

HAri Pertama

Tanggal 25 Maret 2012, saya dan enam orang teman satu angkatan dan satu kelas di Fakultas Psikologi UNISBA berlibur ke Singapura. Keenam teman saya itu bernama Yaya, Tia, Pite, Sakti, Iza, dan Cyntia. Kita sudah merencanakan liburan ini sejak satu tahun yang lalu. Jauh sebelum kita lulus. Ceritanya, perjalanan ini adalah hadiah dari kita untuk diri sendiri yang telah berjuang melepas status sebagai mahasiswa S-1. Walau saat berangkat ada satu yang belum lulus, tapi ia sudah selesai sampai Bab V kok, tinggal sedikit revisi dan menunggu pendaftaran untuk forum.

Awalnya, kita hanya berencana pergi bertiga, sehingga kita membeli tiket untuk tiga orang. Kebetulan Air Asia sedang diskon dan mendapatkan tiket pesawat Bandung-Singapura seharga Rp.163.000,-. Saat ingin membeli tiket pulang, harganya sekitar Rp.350.000,-. Kita kira lain waktu akan ada harga tiket yang lebih murah, sehingga diurungkan dulu niat untuk membeli tiket pulang. Kemudian dua orang kawan kita di kampus ingin ikut, yang satu ngikut kami membeli tiket pergi saja, yang satu lagi membeli tiket pulang-pergi dengan harga Rp.500.000,-. Saya dan kedua orang lainnya membeli tiket pulang saat akhir tahun dan mendapatkan harga 72 SGD atau sekitar Rp.469.800,- (saat 1 SGD = Rp.6.800,-) untuk penerbangan dari Singapura ke Jakarta. Kawan saya yang satu lagi, ternyata masa berlaku pasportnya tepat enam bulan sebelum kadaluarsa, sehingga untuk membeli tiket pulang ia harus memperpanjang pasport terlebih dahulu.ย Dua orang yang lain baru membeli tiket ketika akhir Februari dan mendapatkan tiket paling mahal yaitu Rp.1.000.000,- pulang pergi. Saya pribadi mengeluarkan Rp.633.000,- untuk tiket PP tidak termasuk airport tax Bandung (Rp.75.000,-) dan travel dari Jakarta ke Bandung (Rp.80.000,-).

Berhubung kita membeli tiket pesawat dengan jam bervariasi, jadi jadwal pergipun terdiri dari dua kloter. Kloter pertama seharusnya pergi pukul 08.00 WIB, tetapi empat hari sebelumnya diberitahukan bahwa ada reschedule, sehingga pesawat mereka akan terbang pukul 05.55 WIB. Dua orang (Sakti dan Pite) berangkat, dua orang (Iza dan Cyntia) ketinggalan pesawat akibat terlambat mencetak boarding pass (Pesan moral: datanglah tepat waktu! Karena penerbangan bukanlah bus atau angkot yang menunggu penumpang. Selain itu selalu baca di website tata cara cetak boarding pass yang cepat). Iza dan Cyntia mendapatkan privilegeย karena ada reschedule, sehingga mereka bisa ikut penerbangan berikutnya dan dapat kursi dekat pintu darurat.

Penerbangan saya, Yaya, dan Tia tanggal 25 Maret 2012 itu jam 11.15 WIB. Saya sudah berada di Bandara Husein Bandung pukul 09.00 WIB. Begitu sampai ke dalam bandara, hal pertama yang kami lakukan adalah check-in dan mencetak boarding pass. Setelah itu celinguk celinguk menunggu imigrasi buka. Tidak lama, pasangan saya yang menunggu saya di luar mengatakan ia melihat dari tv di luar kalau pesawat saya delay selama 4 jam. Jeger!! Lama banget. Akhirnya kita keluar dulu dan sempet makan siang di depan Bandaranya :)). Hikmahnya sih bisa ngobrol lebih lama sama pasangan dulu :p.

Bandara Husein

Saat sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB, saya kembali pamit ke pasangan dan masuk ke dalam bandara lagi. Eh ditanyain satpam, sudah dapet jatah makan dari Air Asia apa belum. Langsung deh ke counter dan memperlihatkan boarding pass, dapet paket nasi panas dari Mcd. Berhubung kita sudah makan, jadi McDnya dibekel aja buat makan malam nanti :p. Pukul 13.15 akhinya bisa ke imigrasi dan masuk ke boarding room. Ternyata boarding room Bandung oke juga yah. Tempatnya cukup luas, ada toilet, mushala, dan cafenya๐Ÿ˜€. Akhirnya kita baru boarding pukul 15.00 WIB dan terbang pukul 15.30 WIB. Cuaca agak mendung dan menyebabkan goncangan. Efek Bandung yang memang terletak di kelilingi gunung kali yah. Cuaca cerah baru terlihat setelah lewat kota Bandung. Biru banget langitnya!!

Changi Airport

Akhirnya setelah menempun 90 menit, sampailah kita di Changi Airport. Berhubung Singapura lebih cepat satu jam, kita menginjakkan kaki di airport pukul 18.00. Langsung terasa yah bedanya bandara internasional ini. Di Bandaranya sendiri selain emang udah oke, banyak banget toko, cafe, dan tempat makan. Jadi menunggu boarding room buka, bisa santai dulu. Saat melewati imigrasi, petugasnya sampai harus mengecek muka saya dua kali karena perbedaan potongan rambut dan foto yang ga kontrol muka (salahkan petugas imigrasi yang asal moto!!). Keluar dari terminal satu, kita naik trem ke terminal dua untuk mencapai MRT (Mass Rapid Transportation). MRTnya sendiri kudu turun empat lantai!! Di sana sudah menunggu Pite dan Sakti yang berbaik hati menjemput kita. Beli dulu EZ Link seharga 12 SGD dan tinggal tempel di pintu sebelum masuk ke ruang tunggu MRT.

Bugis

Kita naik MRT jalur hijau (East West Line) hingga Tanah Merah dan di lanjutkan naik MRT hijau lagi ke arah Joo Koon untuk turun di Bugis. Efek Indonesia ga punya MRT, jadi berasa banget kampungan dan seru naik MRTnya :)). Dari MRT Bugis , kita naro barang dulu di ABC Hostel dan sempet makan dulu. Maklum laper banget!! ย Beres makan dan naro barang, kita berjalan ke Arab street dan Bugis Street. Tadinya kita mau ke daerah China Town atau Marina Bay, apa daya sudah pukul 20.30 waktu Singapura. Daripada buru-buru di sana, mending jalan santai di Bugis Street. Muter Bugis Street yang emang pusat buat belanja ini, saya sih hanya ngeceng aja dulu๐Ÿ˜€. Maklum duit harus di hemat. Daripada belanja, saya lebih memilih mencoba mashed potato di seven eleven seharga 1 SGD.

Total pengeluaran untuk hari pertama ini adalah Rp.75,000,- untuk airport tax bandara dan 13 SGD untuk kartu MRT dan cemilan, 63 SGD untuk hostel, dan 10 SGD untuk deposit hostel. Total pengeluaran hari pertama adalah Rp.75,000,- dan 86 SGD atau Rp.711,400,- (1SGD = Rp.7,400,-).

Sumber Foto: Kamera saya dan Surya

2 thoughts on “Singapore (Hari Pertama)

1. oiya saya kan mau ke singaporenya dec 2012 tp pasfortnya habisnya maret 2013 apa harus diperpanjang dulu yah atau gimana yah tolong infonya dong sesegera mungkin makasih yah rara……