ABC Hostel Singapore

ABC Hostel adalah salah satu hostel di Singapura yang terletak di daerah Bugis, tepatnya di Jl. Kubor. Kalau dari Changi kita tinggal naik MRT ke Tanah Merah dan ganti MRT jalur East West Line (warna hijau) yang ke arah Joo Koon dan turun di Halte Bugis. Dari MRT Bugis pintu keluar B, kita menempuh jarak sekitar 10 menit dengan berjalan kaki atau berjarak satu halte bus. Menurut saya penginapan yang satu ini keren banget! Harganya bersahabat dan apa yang didapatkan memuaskan. Saya yang pertama kali menginap di hostel kerasan banget di sana😄.

Saya dan enam orang teman (yups, kita backpackeran bertujuh) menyewa tujuh bunk bed. Tadinya ingin satu kamar yang terdiri dari enam bunk bed dan satu bunk bed terserah di kamar manapun. Maklum, dirombongan kami ini ada satu cowo. Ternyata ada miss communication dengan pihak hostel sehingga mereka menetapkan bahwa kami akan menyewa tujuh bunk bed saja. Langsung deh teman kami yang cowo ini meminta izin boleh tidur di satu kamar atau tidak, kami sih ok ok saja. Toh udah kenal dia dan tahu juga ga akan macem-macem (mau digebukin rame-rame apa? :p). Jadilah kami mendapatkan satu kamar yang terdiri dari delapan bunk bed. Satu bunk bed ini tidak ada yang menempatinya, jadilah serasa kamar milik kita sendiri :)).

Kamarnya bener-bener jauh dari ekspektasi saya pribadi. Jadi saya mengira bakal dapet kamar semodel dengan kamar saat pesantren di kampus dulu. Dengan bunk bed kayu, bau sprei lapuk, lemari locker, dan tanpa selimut. Kenyataannya? Saya mendapatkan bunk bed spring bed bersih dengan bantal yang empuk, dapet selimut (walau tipis), handuk, kamar ber-AC, locker di bawah tempat tidur yang besar, tempat sampah, dan ditiap bunk bed disediakan 3 buah colokan listrik!! Bahagia banget!!! Oia, untuk yang backpacker cewe-cewe, ABC Hostel ini menyediakan female dorm loh. Jadi aman deh kalau ga mau sekamar sama cowo.

Nambah bahagia lagi pas liat ternyata nih hostel lengkap banget. Toilet bersama ada tiga buah, bersih, berair, dan ada tisu toiletnya. Shower bersama ada enam buah, bersih tanpa jamur, ada heaternya, tempat kita naro alat mandi, dan juga gantungan baju. Area dapurnya juga nyaman banget. Di sana ada kulkas buat kita nyimpen makanan (jangan lupa dikasi nama, nomer bunk bed, dan nomer kamar), microwave, air panas, gelas, piring, sendok-garpu-sumpit, dan juga tempat cuci piring. Jadi abis makan, jangan lupa dicuci yah😄. Setiap pagi, kita juga dapet jatah sarapan. Sarapannya adalah roti dengan gula, mentega, atau selai stawberry, teh, dan juga creamer.   Untuk makan, kita ga boleh makan di kamar dan ada ruangan khusus dibelakang dapur untuk kita makan. Selain itu di sini juga ada setrikaan. Jadi kalo baju kusut, bisa numpang setrika. Kebahagiaan lain adalah di sini juga sedia internet. Jadi ada pojokan sebelah dapur buat ngenet, ada enam komputer yang disediakan lengkap dengan web-cam lah!! Semua bisa dipake. Syaratnya idupin sendiri dan jangan lupa matiin lagi setelah dipakai.

Di dekat receptionist juga ada semacam lobby gitu. Jadi tempat kita buat duduk-duduk santai sambil nonton tv, baca koran, atau numpang nyarger😀. Di lobby juga ada aneka minuman *yang entah bayar atau gratis yah* dan juga disediakan peta dan informasi soal Singapura yang bisa kita ambil secara cuma-cuma. Koleksi buku di dekat receptionistnya cukup lengkap loh. Mulai dari majalah, lonely planet, dan novel semua ada dan boleh dibaca di sana. Orang-orangnya juga ramah dan salah satunya ada yang bisa Bahasa Indonesia dengan pas loh.

Oia, berhubung namanya hostel, walau lengkap banget perlu diinget bahwa semuanya adalah self service yah. Jadi ambil sendiri, beresin sendiri, dan jangan lupa buang sampah ditempatnya. Untungnya saya tidak berbagi kamar dengan orang yang tidak dikenal, jadi masih bisa seenaknya naro barang di kamar. Kalo ada yang ga dikenalkan kita perlu lebih aware yah, karena kenyamanan bersama itu diutamakan.

ABC Hostel juga dekat dengan Arab Street loh. Jadi untuk yang mencari makanan halal bisa jadi alternatif nih. Saya bahkan menemukan ada restoran Padang! Selain itu hostel ini juga dekat dengan masjid. Jadi yang mau shalat berjamaah di masjid, tinggal jalan. Kalau mau berbelanja, kita bisa naik bus dan turun di halte kedua yang berada tepat di depan Bugis Junction. Di depan Bugis Junction ini juga ada Bugis Street untuk belanja khas Singapura dengan harga murah. Di daerah Bugis Village yang sebelahan dengan Bugis Street, kita bisa nemu tempat makan mulai dari nasi lemak hinggal fast food semacam KFC dan Burger Kings.

Untuk harga, bervariasi banget sesuai dengan jumlah bunk bed tiap kamarnya. Untuk saya yang menyewa satu bunk bed di dalam kamar berisi delapan, dikenakan biaya 20 SGD permalamnya. Selain itu juga, saat check-in kita diharuskan menaruh security deposit box sebesar 10 SGD yang akan dikembalikan ketika kita check-out dengan syarat barang yang dipinjamkan ke kita lengkap dan tidak ada yang hilang. Untuk info lengkap mengenai ABC Hostel bisa langsung berkunjung ke web-nya di sini.

75 thoughts on “ABC Hostel Singapore

  1. Salam kenal,
    Nama sy Lily, sy ada rencana nginap di ABC Hostel bulan Mei nanti, tapi agak kbingungan cara booking’a via agoda, apa kamu n friends booking via agoda jg?
    kalau iya, tolong bantu donk, sy mo booking ber2 sama teman, harga 130 rb entah per org atau kamar, cuma kterangan’a max 1 org .. tapi stelah itu diminta pilih jumlah kamar, masa sy pisah kamar dgn tmn sy?
    atau klo pilih jumlah kamar, itu sama dgn pilih jumlah bed ya?
    tolong dibantu ya rara, thx b4 n maaf klo ngerepotin

    • Salam kenal Lily.
      Waktu itu saya sih langsung booking lewat website abc-nya.
      Harga 130rb hanya untuk perbunk bed saja, karena itu memang tetap akan diminta memilih ingin sekamar dgn berapa orang.Bisa 4,6, atau 8 orang.
      Kalau kamu pesan 2 bunk bed dalam satu invoice, biasanya akan ditaro dalam 1 kamar kok😉

      • Oh, kalo via web ABC-nya memang ada pilihan jumlah orang, so pasti lsng 1 kamar .. tp klo di Agoda adanya pilihan jumlah kamar, sy email ke Agoda tp lom dapat respon.
        Klo lsng dari web ABC, bayar’a pake dollar sing ya? bisa pake rupiah ga ya? hheee ..
        btw, tengkyu bgt reply’a ^_^

  2. Makasih infonya, kemungkinan bulan July saya mau kesana. Itu bayar DPnya mesti 50% ya kalau via paypal? Saya juga udah liat di webnya. setelah submit reservationnya, nanti mereka kirim confirmation letter atau gimana? dan kita bayarnya kapan ya??Agak bingung sih.. hehehehe

    • via paypal atau debit BCA sama-sama 50% *setahu saya yah*. Biasanya sih mereka bakal bales email reservation kita kok.
      Nanti lewat e-mail itu kita dikasi tahu kapan bayarnya dan lewat apanya😉

  3. Mbak Rara, terima kasih infonya berguna bgt buat referensi. Yang mau saya tanyakan lebih jelas itu soal WC nya. Maksudnya “berair” apakah ada selang airnya atau model toilet seat-nya pake bidet atau ada gayungnya? Hehe.. Maklum, agak susah kalo hanya bersih2 pake tissue. Terima kasih, Mbak.😀

  4. salam kenal.. saya linda..

    mau nanya dulu sebelum transfer DP *buat nambah ngeyakinin* hehe.. ,

    klo booking yg 4 bed female dorm ada space tempat buat solat ga ya kira2? apa tetep harus ke mesjid terdekat?

    terus kamar mandi/toilet untuk cewek cowok apakah terpisah?

    thanks ya..
    🙂

    • Salam kenal Linda🙂.
      Di dalam kamarnya ada kok space yang cukup untuk shalat.Saat itu saya juga shalatnya di kamar😀.
      Untuk kamar mandi dan toiletnya tidak dipisah yah. Dan memang sistemnya ga kayak 1 room trus ada 4 kamar mandi gitu. Jadi memang kamar mandinya pas di lorong arah ke kitchennya.

  5. Artikel yang sangaattt bermanfaat. kembangkan terus yaa🙂

    rara, saya mau tanya kalo kita udh transfer nih misalny, trus feedback dari hostelny gmn? kita konfirmasi bahwa udh d transfer atau pihak hostelny yg mengkonfirmasi?

    atas jawabanny maksh🙂

    • senang kalau postingannya dapat membantu ^^.
      kita yang konfirmasi ke pihak hostel dan ngasi bukti transferannya (discan aja).
      nanti pihak hostel bakal ngehubungin kita lagi

      • oohh.. gtu. ok deh.
        nanya lagi yaa hehehe🙂

        oh ya, wktu itu rara pke bagasi ga? atau hanya ransel aja?. kalo ransel yg ga lebih dr 7 kg kan free.. hehe

        kl bleh tau berapa pieces baju yg dibawa tuh kalo perjalananny 4 hari 3 malam dan perlengkapan apa aja sh yg mesti dibawa (mngkn mie atau apalah.. hehe)?

      • waktu itu aku ga pake bagasi. Kalo baju dan barang-barang sih tergantung orang yah,,jadi ya terserah aja sih. Bawa makanan juga relatif. Kalo emang susah makan, mending bawa sih.

  6. mbak mau tanya itu pas nemu masakan padang di daerah mana yah??trus deket mnanya? apa yg deket raflessia hospital itu??masih ingat ga?🙂 thanks

  7. mau tanya lagi hehe itu kebanyakan yg nginap di sana orang indo apa bule yah mbak??trs pelayanan staff nya gmna?? soalnya lagi bingung cari2 hostel buat oktober solo travelling lagi, kmrin disaranin ke rucksack inn yg di lavender tp kok sulit banget di jangkaunya huhu..thanks lagi hehe😀

    • macem-macem sih. Saat saya ke sana kebetulan banyaknya orang Indonesia. Pelayanannya std aja sih. Yang pasti tiap temen saya yang booking kirim e-mail pasti mereka bales kok.

  8. salam kenal kak,
    jadi pingin ke singapur nih….
    kak boleh minta itinerary nya ???
    maklum nih, mau pergi kesana pertama kali…
    makasih =))

  9. hai rara…boleh nanya gak?? di ABC ada private room gak? yg isinya cuma 2 org gitu
    heheh makasih sebelumnya…trus klo bayar lewat BCA itu nanti kita di kasih rekeningnya pas booking gitu ya? thanks b4

    • kalau saya tidak salah sih ada. Langsung cek ke web-nya aja😉. Iya,,nanti pas booking kita ada pilihan mau bayar pake BCA atau paypal

  10. Hy Rara, mo nanya kalo pas downpayment pake debet BCA bayar 50 % trus sisanya bayar disana pake mata uang S $ or bisa pake Rp juga? thanks

  11. hi rara, thx ya postingannya sangat membantu :))
    klo di ABC colokannya yang 2 atau 3 lubang ya? buat prepare aja… saya akan menginap disini tanggal 23 sept 2012…

  12. mba rara,, salam kenal…
    q mau nanya nih tempat tujuan wisata yang di rekomendasikan apa aja???
    soalnya aku rencana juga mau nginep di abc🙂

  13. makasih banyak infonya planningnya saya bersama ponakan saya jd berjumlah 4 orang mau kesana tuh nanti 20-24 dec 2012 ada info lainnya ga seputar tempat wisatanya trus cara naek mrtnya gmn yah soalnya kami ber4 baru pertama kali kesana loooo……

    • hmm soal info tempat wisatanya bisa googling lagi atau beli buku panduan aja mas. biasanya di sana juga ada tatacara naek MRTnya,,,kalo engga baca petunjuk di sana juga ada kok😉

  14. hai rara, akuu evi dari jakarta, aku niatnya sama temenku mau backpackeran ke sing, pengen nginep di ABC hostel, yang di agoda itu itungannya per orang ya? kalo yang di web itungannya perkamar ato giman? masalah pembayarannya kalo via online ( pake kredit card ) itu full payment apa cuma dp 10 % aja? thanks sebelumnya🙂

      • aku udah booking, ternyata bisa pake BCA, No rekening yang dikasih dari ABC hostel atas nama Yulianti, waktu rara kesana sama ga ya ? sorry, nanya nya detail, abis baru kali ini mau stay disana, biasanya pulang hari aja, thanks ya

  15. hi rara, mau tanya, kan rencananya mau booking untuk tgl 25 besuk, nah perkiraan waktunya itu saya sampai kesana sekitar jam 22.00, terus jika saya telat check in sekitar jam 00.30 itu bakalan hangus gak? secara itu udah masuk tgl 26😦

  16. Hi Rara helpful banget review kamu lho.Salam kenal yah.Rara numpang tanya nih klo mau ke bugis street atau bugis junction bisa jalan kaki juga yah? Itu ke arah mana? Atau kalo mau naek bus itu haltenya deket mana yah? gw buta arah bener nih walaupun bukan pertama kali ke SG sih tapi dulu kan ada sepupu gw yg nemenin sekarang bawa nenek2 wkwkkwkw.Please reply

    • bisa jalan kaki kok karena emang deket,,kalo mau naek bus juga cuma beda 2 halte. halte busnya di depan gang hostelnya kok😉

  17. Pingback: ABC Premium Hostel : Pilihan Menginap Bagi Backpacker di Singapura | My Life, My Story

  18. Kebeteulan saya sudah pernah stay disana tahun 2010 bersama keluarga n teman2 suami. So far enjoy kok kita disana, dan anak2 engga ada masalah. Cuma kalau anak2 biasa sarapannya berat, bawakan aja pop mie krn memang disana disediakannya hanya roti saja.
    Bulan Agustus nanti saya akan kembali kesana lagi sama anak2, keponakan dan kakak. saya ambil yang 10 bed, walau saya hanya pakai 9 bed dan saya kena Sing$ 18/malam/orang. Ini juga yang minta anak2 untuk bermalam disana saja, mereka bilang lebih santai dan ruangannya bersih.

    • wah,,saya belum pernah nyobain yang 10 bednya malah,,,ternyata lebih murah yah,,,lain kali ke sana akan ambil yang ini aja deh..
      terima kasih yah buat sharingnya😀

  19. mba booking di websitenya dimana yah? di online enquiry nya kah? btw kalo udh confirmed, transfermya pake rupaih atau sgd? kalo rupiah berarti harus sesuai dengan kurs saat itu juga ya? *gangerti

  20. postingannya membantu banget kaak buat nyari hostel murah meriah/?
    kak mau nanya, aku cek harga sewa di abc yang sekamar isi 10bed kan 18 dolar, nah 18 dolar itu itungannya perkamar atau perorang ya? soalnya kalo perkamar kan lumayan bisa patungan /? hehe
    makasih kaak ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s