Graduation

Kemarin adalah hari wisuda teman-teman saya di Fakultas Psikologi. Tak terasa sudah lima bulan berlalu sejak saya merasakan hiruk pikuk wisuda. Gimana ribet dan pusingnya mikirin kebaya, mau nyalon atau engga, didandanin sama siapa, dan belum lagi dengan segala tetek bengek yang harus dibereskan sebelum wisuda.

Tahun ini, angkatan saya banyak yang lulus. Bahagia melihat pada dandan cantik dan sumringah, melihat orang tua yang datang dengan mata berbinar-binar karena bahagia anaknya sudah lulus. Selain itu, saya juga tahu, banyak orang yang datang dengan wajah senang sekaligus sedih. Senang dengan kebahagiaan teman atau sahabatnya, serta sedih tidak bisa bersama dengan mereka yang berbahagia di depan sana. Ah pengen dipelukin satu-satu buat nenangin kegusaran mereka. Tetapi saya juga tahu, kalo saya melakukan itu, mereka juga bakalan ga enak, karena mereka butuh sesuatu yang ga cuma kata penenang dan basa basi doang. Saya tahu perasaan mereka, karena saya pernah menjadi bagian yang getir melihat diri saya yang tidak mampu mengusahakan lebih agar bisa cepat duduk disana.

Setelah pesta usai dan lampu mulai digelapkan, saatnya melihat dunia. Mau ke manakah setelah ini? Bekerja, kuliah lagi, atau menikah? Ah pertanyaan-pertanyaan ini bakal jadi sarapan sehari-hari. Pertanyaan yang tidak pernah berhenti sejak kita lulus akan terus ditanyakan. Waktu itu saya ingat, saya mantap berkata ingin jalan-jalan sebelum lanjut studi s2. Sayapun sering menolak kalo ada teman yang mengajak ke job fair. Logikanya, saya tidak ingin bekerja, jadi untuk apa datang ke job fair yang masuknya saja kudu bayar? Lebih baik saya tabung buat jalan-jalanπŸ˜€.

Saya mempersepsikan, ketika kita selesai di wisuda, kita bagai diturunkan di sebuah jalan raya dengan hanya berbekal ransel. Mau arah mana yang dituju, apa yang mau dicari, dan mau menggunakan apa itu kita yang menentukan. Jalanan telah terbuka luas untuk kita. Sekarang saatnya memilih dan menapak di jalan panjang itu.

Untuk teman-teman yang baru wisuda, selamat!! Keramaian pesta akan segera berakhir, saatnya menempuh perjalanan panjang tiada batasπŸ™‚.

sumber gambar: disini

2 thoughts on “Graduation

Leave a Reply

