Impian yang Jelas

Suatu studi tentang tujuan dilakukan oleh Mark McCormack kepada para lulusan MBA di Harvard Business School antara tahun 1979 & 1989. Tahun 1979, para lulusan MBA tersebut ditanya, “apakah anda telah menyusun suatu rencana yang jelas, spesifikdan tertulis tentang masa depan anda, dan perencanaan tentang bagaimana merealisasikan rencana tersebut?” Hasilnya 3 % menyatakan telah memiliki tujuan yang spesifik, jelas dan tertulis. 13% menyatakan memiliki tujuan yang spesifik dan jelas, namun tidak tertulis. 84% menyatakan belum memiliki dan menyusun rencana tersebut.

Sepuluh tahun kemudian, tahun 1989, periset melakukan wawancara dengan semua responden yang telah ditanyanya dulu. Hasilnya 13% yang menyatakan telah memiliki tujuan yang spesifik dan jelas, tetapi tidak tertulis, memiliki penghasilan rata-rata 2x lipat besarnya dari 84% lulusan yang belum memiliki tujuan. Yang mengejutkan adalah 3% lulusan yang menyatakan telah memiliki tujuan jelas, spesifik dan tertulis, memiliki penghasilan rata-rata 10x lipat dari 97% lulusan lainnya.

[Darmawangsa & Munadi, “Fight like a Tiger, Win like a Champion”, 2006]

Saya jadi ingat bahwa tidak ada keberhasilan yang bisa tercapai tanpa tujuan yang jelas. Saya juga diajarkan oleh uwa (kakak dari ibu) bahwa tulislah apa impian kita, kalo bisa sedetail mungkin. Misalnya saat saya ingin kamera, saya ingin model yang seperti apa, warnanya apa, merknya apa, kalo perlu cari gambarnya. Semakin spesifik semakin bagus dan fokus untuk mencapainya. Begin with the end of mind. Memulai dari akhir, baru mulai dibangun jalannya.

Ketika impian sudah dipasang, hal berikutnya adalah menentukan target. Target sendiri adalah langkah-langkah kecil untuk mencapai impian tersebut. Target yang dipasang bisa tahunan, bulanan, mingguan, ataupun harian. Hal ini bisa membuat kita sangat fokus dengan impian kita loh. Selanjutnya? Tinggal bekerja dan berdoa sekeras, seefektif, dan secerdas mungkin. Kendala dan rintangan itu pasti ada. Tapi disitulah kepribadian kita dibentuk, agar pantas mendapatkan apa yang kita impikan🙂.

Tulisan ini terinspirasi setelah membaca blog kotak mimpi.
sumber: http://kotakmimpikita.wordpress.com/kotak-mimpi/

9 thoughts on “Impian yang Jelas

  1. hallo rara, thx udah berbagi blog kotak mimpi kita di blog kamu. semoga semua mimpi kamu bisa terwujud. saya tunggu ya ceritanya dikirim ke kami.. (^^,)

  2. memang kita harus punya mimpi dan target yang jelas ya, biar alur hidup itu jelas juga.. sejauh ini aku rasa aku cukup punya impian ini itu, tp kayanya perlu dibuat lebih detail lagi nih, hehehe….

    nice post anyway…😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s