Pulau Pramuka (Hari Pertama)

Libur natal kemarin, saya, uwa, sepupu (plus anak-anaknya) berlibur di Pulau Pramuka yang terletak di Kepulauan Seribu. Sebenernya, saya dan sepupu ini mengantar uwa yang mau diving di sana. Pemikirannya, uwa bisa diving, saya sih snorkeling aja๐Ÿ˜€, sepupu dan anaknya maen di pantai. Jadilah Sabtu pukul setengah 6 kami beranjak dari Kota Baru Parahyangan menuju Marina Ancol. Saat itu suasana masih gelap. Berniat mau tidur di mobil, apa daya tidak mungkin berhubung bawa ponakan yang rame banget ini๐Ÿ˜€.


Sampai di Marina Ancol pukul 7 pagi dan udah rame aja ini tempat sama orang-orang yang berniat pergi ke Kepulauan Seribu dengan membawa koper berisi peralatan diving. Berdecak kagum deh ngeliat pada bawa satu set alat diving yang tentu ga murah dan berat ini. Akhirnya setelah menunggu sekitar 15 menitan, kamipun masuk ke ferry bernama “Predator”. Ferry ini bisa berisi sekitar 30 orangan. Nyaman sih, tapi berhubung gelombangnya gede, saya nyaris jackpot juga. Begitu pusing, saya inisiatif buat keluar dari ruang duduk dan menikmati udara segar di belakang ferry. Di dalam satu ferry ini terdapat beberapa rombongan. Ada yang turun di Pulau Pramuka dan ada yang turun di Pulau Kelapa. Perjalanan 90 menitpun tak terasa karena melihat keindahan laut๐Ÿ˜€.


Perjalanan dari dermaga menuju hotelpun ternyata tidak jauh, hanya sekitar 100m saja. Nama hotel tempat kita menginap adalah Villa De Lima. Nampaknya karena terdapat 5 bangunan kali yah๐Ÿ˜€. Villa ini bersih dan nyaman banget. Bangunannya terbuat dari batu bata dan kayu. Villa ini terletak tepat di tepi pantai dan merupakan salah satu penginapan terbaik yang ada di Pulau Pramuka. Fasilitas yang bisa didapatkan disini adalah ac dan kipas, 2 tempat tidur untuk empat orang, kamar mandi yang bersih, tempat handuk, dan listrik. Untuk soal listrik, di Pulau Pramuka ini listrik hidup dari pukul 17.00 – 07.00. ย Untuk makanan, selalu disediakan di meja yang berada di depan kamar, ada yang hanya meja dan kursi dan juga ada yang model gazebo. Makanan ini dibuat oleh penduduk setempat.

Setelah meginjakkan kaki di depan Villa, mulailah pembagian kamar dan melepas lelah sejenak sebelum mulai acara jalan-jalannya. Acara hari ini kita mau dianter ke Pulau Semak Daun dan yang diving akan diantar ke spot diving, kemudian makan siang di Pulau Semak Daun, yang diving turun sekali lagi, jemput kita yang di Pulau Semak Daun, dan pulang ke Pulau Pramuka.


Perjalanan menuju Pulau Semak Daun ini memakan waktu 25 menitan. Lucu juga liat ponakan paling kecil yang stres di perahu. Maklum, anak gunung jarang liat pantai. Sekalinya ngeliat malah laut dan ke mana-mana kudu naek perahu :)). Apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Semak Daun? Di sini kita bisa leyeh-leyeh di pantai, anak-anak bisa bebas maen pasir dan air, yang mau belajar snorkeling, di sini tempatnya karena spot snorkeling berada di sekitar pantai. Ga kayak waktu ke Tidung, langsung di daerah tengah laut๐Ÿ˜€. Snorkeling di sini bisa liat beberapa ikan dan nemu juga schooling fish kecil-kecil disekitar dermaganya. Puas mencoba ketidakpanikan saat snorkeling saatnya makan nasi kotak yang dibawa dari Pulau Pramuka. Saat makan, nasinya keras >_<. Mungkin untuk menghindari nasi basi kali yah? Beres makan, balik lagi maen air dan juga mencoba snorkeling dengan arahan dari uwa yang ga ikutan sesi kedua snorkeling. Jadilah kali ini saya belajar bagaimana snorkeling yang baik๐Ÿ˜€.

Kita snorkeling hingga sore๐Ÿ˜€. Puas deh maen air hari ini. Kemudian kita balik ke Pulau Pramuka dan bebersih badan plus nyuci baju renang๐Ÿ˜€. Udah gitu berhubung listrik udah nyala, saatnya mencharger HP yang udah sekarat *hahahahaha* dan leyeh-leyeh efek capek maen di Pulau Semak Daun. Pukul tujuh, makanan sudah tersaji di gazebo. Makan malam hari ini adalah nasi putih, cumi goreng tepung, ikan bakar, tahu yang digoreng pake telur, dan sayur. Hmmm ikannya enak. Memang yah makan ikan di dekat pantai itu menyenangkan. Abis makan, mulai deh ngobrol-ngobrol sama rombongan diver ini. Mulai tahu kalo ternyata mau diving itu ga perlu bisa berenang. Mulai tertarik sama diving.

Setelah makan dan orang-orang kembali ke kamar, saya dan uwa memutuskan untuk mengitari pulau ini. Ternyata untuk penginapan sengaja ditaro di tepi laut. Oia Pulau Pramuka ini merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi Kepulauan Seribu loh. Jadi kantor administrasinya lengkap dan bangunannya dalam kondisi yang baik. Ada rumah sakit, rumah makan, lapangan sepak bola, dan juga masjid. Jalan di Pulau Pramuka ini adalah paving block dan tidak ada penyewaan sepeda. Jadi kalo mau ke mana-mana kudu jalan. Menarik di Pulau Pramuka adalah di jalan-jalan-nya banyak ditumbuhi tumbuhan merambat sehingga membentuk kanopi gitu. Di sini juga kita dapat memesan kaos lukis dengan harga Rp.70,000,-. Puas berjalan-jalan, kamipun kembali ke penginapan untuk istirahat.

(bersambung)

4 thoughts on “Pulau Pramuka (Hari Pertama)

  1. di pulau pramuka ada penyewaan alat alat diving n snorkeling? biar nanti kesana gk repot2 bawa dr rumah..trus rate nya brp ya?buat penginapan patokan harganya kisaran brp?tks

    • untuk penyewaan alat snorkeling ada mbak, tapi untuk alat diving saya kurang tahu. Kemarin yg pada diving bawa alat masing-masing sih, tapi tabun oksigen bisa di sewa di pulau, jadi kemungkinan alat diving disewakan cukup besar mbak.
      Untuk harga, saya kurang tahu berapa berapanya, tapi kayaknya ga akan di atas 70.000-an deh mbak.
      Semoga dapat membantu๐Ÿ™‚

  2. Hi, mau tanya dong..

    Mbak saat ke Pulau Pramuka tsb menggunakan tour apa? boleh minta contactnya?

    Karena saya ingin sekali ikut tour ke Pulau Pramuka yang menginap di villa delima, buka homestay pada umumnya..

    Terima kasih

    • saya menggunakan paket untuk diving, karena waktu itu ngikut uwa yang emag mau diving. Jadi semua diurusin dive masternya gitu๐Ÿ˜„

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s