Kesempatan

Terlalu banyak pertimbangan ga akan ngebuat kamu ke mana-mana

Itulah yang baru saja saya pikirkan. Hal ini dimulai dari sms seorang teman yang meminta doa agar dilancarkan interview beasiswanya. Sesaat saya bertanya beasiswa ke manakah itu? Ternyata beasiswa yang dulu sempat saya incar, WOP-P dari Erasmus Mundus. Tertusuk tepat dijantung mengetahui temen saya ini dapat kesempatan wawancara beasiswa. Iri? Tentu saja. Bagaimana tidak, sampai November, saya masih tetap melihat-lihat website WOP-P ini.

Alasan saya tidak meneruskan untuk mengincar beasiswa ini cukup banyak. Mulai dari saya yang harus tinggal di Eropa selama 2 tahun, tidak adanya kepastian nasib saat pulang ke Indonesia karena perbedaan aturan pemberian surat izin praktek dari HIMPSI dengan di luar, dan orangtua saya yang nampak berat apabila saya harus kuliah di luar negeri. Sampai bulan Desember keputusannya lebih ke “yah sudah, S2 di Indonesia saja, nanti coba kejar S3 ke luar negeri” yang saya aamiin-ni. Kemudian mulai merubah rencana dan segala macem hingga tujuan mau bekerja di mana.

Bulan Januari ini, keinginan untuk mencoba peruntungan mencari beasiswa ke luar negeri kembali terbesit diingatan. Tadinya ingin mencoba dan nothing to lose, eh ternyata WOP-P program yang saya incar itu udah tutup *garuk-garuk lantai*. Bukan rejeki saya kali yah untuk mencoba kuliah di luar negeri. Hati saya mencelos ketika sms itu datang. dan berbagai kata “seandainya” mulai bertaburan di lantai.

Ah mungkin bukan rejeki saya, bukan saatnya saya berkuliah di negeri orang. Saya sendiri sadar kalo saya ga siap mental juga buat kuliah di negara lain. Mungkin inilah yang terbaik untuk saya saat ini. Rejeki toh sudah ada yang mengatur, mungkin belum giliran saya nyicip kuliah di luar, mungkin lain waktu. Ketika kesempatan itu terbuka lagi, saya juga tidak akan banyak berpikir seperti saat ini.

Leave a Reply

