Dansa Latin

Sudah ceritakah gw kalo sudah hampir satu tahun ini mengikuti les dansa latin? Kalo belum, maafkan gw sepertinya belum sempet share di blog ini. Hmm sebenernya ini berawal dari keisengan gw dan sahabat gw, Alica yang pengen berolahraga. Kenapa kita pengen olahraga berbayar? Biar kepaksa olahraga. Kalo kudu bayar dan rada mahalkan rugi banget kalo ga dateng *perhitungan*. Pilihan awal kami jatuh kepada modern dance. Motif dasar milih modern dance adalah nampak kece aja gitu gerakan tarinya! Hahahahaha.Setelah mencari-cari tempat buat modern dance yang ternyata susah juga yak menemukannya. Kemudian sampailah kami ke Gelanggang Generasi Muda yang ada di Jl. Merdeka, Bandung. Di sana ada kursus tari pergaulan, dansa latin, tari tradisional, dan tari nasional. Dasar emang sok tahu, gw ama Alica mikirnya tari pergaulan bakal mirip ama modern dance. Hahahaha. Pas awal dateng langsung deh ketauan kalo tari pergaulan itu sama dengan dansa latin. Langsung bete sebenernya karena udah bayar buat les 3 bulan. Mau ga mau yah, akhirnya kita cobalah yak. Tadinya kalo ga asyik, 3 bulan kemudian kita mo kabur buat nyari modern dance, ternyata bisa bertahan nyaris setahun loh saking ketagihannya.

Kalo ditanya kenapa dansa latin sama dengan tari pergaulan jawabannya adalah karena dansa latin biasa dipakai saat ada acara sosial. Biasanya tari pergaulan ini juga dikenal dengan social dance๐Ÿ˜€. Dansa latin yang gw pelajari juga ga cuma salsa, tapi juga chacha, jive, rumba, samba, dan ada line dance juga loh. Selain dansa latin, gw juga diajarin ballroom dance yaitu waltz. Kenapa cuma waltz? karena yang paling ga bikin risih gerakannya tuh cuma itu doang. Maklum kalo kata orang-orang ballroom dance itu banyak yang nempel ke pasangan gitu, jadi kalo yang ga biasa suka risih.

Setelah mencoba dansa latin, beneran loh gw ketagihan abis. Soalnya ini dansa ngebuat postur tubuh gw rada bener. Maklum saat dansa gw wajib aja gitu negakin badan dan ngunci perut. Lagian beneran loh baru tahu dansa itu juga ada tekniknya. Jadi ga cuma apal gerakan gitu. Tapi kudu tahu tekniknya. Selain itu gw juga belajar ngatur tenaga. Kalo selama 2 jam latihan dansa ga pinter bagi tenaga, 1 jam awal gw udah bisa pingsan :)). Ini serius loh. Dansa 1 jam aja bisa bikin basah kaos dan celana. Jadi kalo latihan nari gw biasanya bawa baju double biar ga masuk angin. Biasanyanih dansa juga diawalin pemanasan pake lagu chacha, kemudian lanjut berkeringat di jive, terakhir untuk pendinginan bisa pake rumba atau waltz. Bisa juga pemanasan dan pendinginan pake line dance. Tergantung pelatihnya mo ngajar lagu apa.

Selain hal diatas, yang gw yakinin setelah ikutan les dansa latin adalah ini bukan tempat buat cowok melambai ataupun lemah. Serius banget deh gw. Soalnya cowo tuh butuh tenaga banget buat muterin, ngangkat, ngejatohin, dorong, dan nahan pasangan saat dansa. Begitu juga ama cewe. Tenaganya tetep kudu ada. Jadi kalo diputerin cowo ga ampe keplanting. Gw pernah loh berasa terbang pas dipuetrin pelatih gw. Hal ini dikarenakan gw udah ga bertenaga dan pelatih gw sadis ga mau nurunin tenaganya TT__TT. Begitu selese gw langsung ngabisin air minum yang gw bawa.

Satu lagi yang gw suka dari dansa latin adalah menari dengan senang, enjoy, dan nyaman. Ketika menari dengan ketiga hal ini, beneran deh ga terlalu keliatan buruk deh walau teknik pas-pasan๐Ÿ˜€. Pelatih gw selalu ngingetin gw terus buat enjoy musiknya, gerakannya, dan juga ngikutin partner kita. Jadi yah sebenernya cewe tuh pasrah aja ama cowo. Mau diputer, digerakin ke mana aja, cowo bakal ngasi tahu kita. Jadi ga bisa tuh dominan dan pengen bagus sendiri. Pasti ada saling berbagi ama pasangan deh๐Ÿ˜€.

gambar di dapat dari sini

24 thoughts on “Dansa Latin

  1. Pengen juga deh dansa latin tp sdah berumur hehehe, btw disanah yg latihan banyak yg berumur juga gakk ?? Seminggu brapa kali ??

    Tqqq

    • ikutan aja๐Ÿ˜„.
      Rata-rata sih 20-30an tahun kok๐Ÿ˜‰
      yang 40an dulu sempet ada, kemudian menghilang.
      Seminggu latihannya 1x. Bisa hari Senin/ Kamis

  2. jd pengen ikutan :3 harus lgsg bayar 3bln ya? latihannya gimana kalo baru gabung? latihan harus pake sepatu dansa jg? beneran kita bakal dibanting dilempar? *hawa dingin __” *

    • iya,,untuk pertama kali harus bayar 3 bulan dulu,,,tapi coba tanya lagi aja sih,,,untuk awal ga pake sepatu dansa ga papa kok๐Ÿ˜‰. Untuk latihannya sih disesuaikan kok kalo baru gabung๐Ÿ˜‰

    • kebanyakan sih mahasiswa,,,tapi saya punya temen di sana yang mulai dansa dari SMP sama SMA, jadi saran saya sih, ikutan aja๐Ÿ˜„

  3. Mau nanya, jadi tari latin sm pergaulan ga ada bedanya ya?
    trs1x pertemuan brp banyak dansa yang di ajarin? jadi ingin ikutan๐Ÿ˜€

  4. hi, mau nanya. ini jauh ga ya dari buah batu tempat lesnya? dan bentuknya seperti studio kah? dan lagi, apakah diajarin flamenco dan tango juga? thank youm:)

    • lumayan sih,,karena itu disebelah BIP gitu tempatnya,,dan bukan studio juga sih,,macem di Aula latihannya dan ga diajarin flamenco,,kalo tango kadang-kadang sih

      • boleh tau apa aja yang diajarin? dan apakah biayanya masih sama seperti waktu Rara mendaftar?
        sorry, kalo mengganggu. soalnya tertarik buat belajar nari๐Ÿ˜€
        makasih

      • hihihi coba dibaca lagi aja yah postingannya, karena sudah saya tulis di sana. Untuk biaya daftar,,karena sudah setahun ini ga pernah latihan lagi, jadi kurang tahu

  5. Hi๐Ÿ™‚ mau nanya, yg ikt ada remajanya ga? Latihannya nyiksa ga? Badan saya kurang lentur soalnya๐Ÿ˜€ hehe

  6. Pingback: [EF]#13 Talking About Sports | Coklat dan Hujan

Leave a Reply

