Cirebon (Day 2)

Hari kedua di Cirebon ini, kita pada bangun jam 7. Eh mungkin lebih tepatnya gw dan Tia ding. Soalnya yang laen udah disekeliling tempat tidur kita gitu pas gw ama Tia melek. Hahahaha. Begitu bangun, mandi, dan Pite ngajak sarapan yang sudah tersedia di meja. Oh Tuhan, bahagia dan bersyukur udah ada sarapan aja gitu *makasi kepada keluarganya Pite*. Sarapannya juga menarik, nasi hijau. Bukan nasi kuning, bukan nasi uduk, tapi nasi hijau. Rasanya? Hmm mirip-mirip nasi kuning, lauknya ada telurnya, kentang, abon, hmm apalagi yah? Rada lupa, maklum masih ngumpulin nyawa pas makan.

Selesai makan, mandi, dan pada udah siap, kita diajak ke batik Trusmi sama keluarganya Pite. Jadi batik Trusmi itu adalah batik ciri khas Cirebon. Letaknya itu udah sedikit keluar dari kota Cirebon. Kata mama, tempatnya itu kayak letter U gitu, jadi kalo dari jalan raya ada 2 gang. Nah kemaren kita cuma ke satu gang aja (karena gw baru tahu informasi soal letak batik trusmi yang U itu setelah pulang dari Cirebon). Batiknya lucu-lucu, gambarnya mulai dari mega mendung, abstrak, kupu-kupu, bunga, aaaaa mau beli semuanya *kalap*. Akhirnya sih gw cuma beli sebuah batik dari katun kaca bahannya. Awalnya seharga Rp.65.000,- dan bisa ditawar ampe jadi Rp.40.000,-! Bahagia. Selain kaen, gw juga beli baju batik seharga Rp.25.000,- saja!! Hihihi senangnya belanja murah. Walau sempet nyesel ga beli batik berwarna ungu dan hijau itu. Efek terlalu banyak pertimbangan😄.*kecekan yah?* :p

Beres belanja buat diri sendiri dan oleh-oleh kedua kawan geng yang ga bisa gabung (yang satu bumil dan yang satu lagi ga dapet izin), pulang bentar buat nganterin Ibunya Pite karena kudu ada yang dikerjain, dan mulailah berkeliling Cirebon bersama Papanya Pite. Tujuan pertama kita adalah Tamansari Gua Sunyaragi. Gua ini sendiri ga seperti gua Jepang ataupun Gua Belanda. Bahkan kesan yang ditampilkan jauh dari itu semua. Jadi Gua ini adalah gua yang dibangun oleh manusia untuk meditasi gitu. Kalo mau tahu lengkap soal Gua Sunyaragi, bisa liat di wiki. Maklum, pas ke sini kita ga nyewa pemandu, jadi gw juga ga bisa ngejelasin dengan benar. Kesan yang gw dapet adalah bangunan ini keren. Karena dibangun kayak dari batu-batu sungai gitu, bentuk bangunannya juga kayak karang-karang gitu. Sayangnya, bangunan sejarah kayak gini ga terlalu diurus, coba sedikit diurus dan dipugar, tentu akan terlihat indah.

Puas berkeliling dan berfoto di Gua ini, kita meneruskan perjalanan ke Keraton Cirebon. Lagi-lagi gw sedih melihat hasil peninggalan sejarah ini terbengkalai begitu saja. Tempatnya kurang terawat dan juga kotor. Padahal saat mau masuk kita membayar ongkos masuk dan juga pemandu. Bahkan di depan setiap bangunan selalu ditempatkan kencleng untuk dana kebersihan. Miris melihatnya TT__TT. Kalo Keratonnya sendiri, berbeda dengan Keraton Yogya, di sini bangunan museum, masjid, dan juga keratonnya berada di satu wilayah. Jadi tinggal masuk ke dalam lingkungan keraton, udah aja. di samping kanan tempat nyimpen keris, sebalah kiri nyimpen kereta, depannya keraton.

Puas berkeliling keraton, kita melanjutkan perjalanan  untuk makan siang. Kali ini gw dan temen-temen diajak buat menikmati makan empal gentong. Sebenernya empal gentong ini adalah makanan semacem soto pake santen dan rempah-rempah dan biasanya disajikan menggunakan  jeroan sapi. Berhubung gw dan beberapa temen ga suka, jadi kita minta pakai dagingnya aja. Sambil menunggu pesanan datang, Papanya Pite menawarkan kami untuk mencoba es duren. Wah dimana-mana pasti ada yang jual es duren yah *bahagia*. Es duren di Cirebon ini disajikan dengan es krim. Durennyapun hanya sepotong. Rasanya? Hmmmm nikmat! Enak dan manis durennya. Pesanan empal gentongpun datang. Wah ternyata warna kuahnya kuning gitu yah. Oia, disajikannya pake bubuk cabe kering loh. Hihihi baru tahu ada makanan Indonesia yang pake cabe bubuk kering. Kirain masakan Jepang aja yang punya cabe kering😄. Oia sebelum ke toko yang nyediain empal gentong, gw sempet nyicip jajanan yang namanya tapel. Tapel ini adalah crepe yang berisi pisang gitu. Enak!!!

Setelah selesai makan dan memutari kota Cirebon, kitapun pulang ke rumah untuk beristirahat sejenak. Sorenya kamipun kembali berjalan-jalan. Sempet muterin Trusmi lagi bentar, masih penasaran ama batik ungu. Pas ke sana udah tutup dong *ga rejeki emang*. Kemudian kamuipun mencoba melihat-lihat toko batik yang lain. Apa daya selain udah pada tutup, yang membuat sreg dihati ga ada. Jadi kalo mau ke Trusmi, saran gw jangan sore-sore, udah pada tutup soalnya. Pulangnya, kita naek angkot. Ternyata angkot Cirebon banyak yang keren. Soalnya ada sound system yang ok di angkotnya. Buset dah yak. Ini angkot ngingetin gw ama angkot di Padang dalam hal sound system. Di angkot kita masih pada bingung mau nongkrong di mana sore itu. Hihihi berhubung McD baru ada lagi di Cirebon, kita mutusin buat nyobain ke sana. Hahahaha ujung-ujungnya junk food lagi. Pulang dari McD, kita mencoba naek becak. Aih,,senangnya naek becak. Becak Cirebon ini memang berbeda dengan becak Bandung yang tinggi dan terkesan sempit. Becak Cirebon lebih leluasa dan pendek. Mirip becak Yogya kali yah?

Sampai di rumah, langsung bergantian mandi dan merenggangkan badan sejenak. Kemudian mulai sedikit packing sebelum akhirnya final packing besok pagi. Yups, kita akan pulang ke Bandung esok hari. Selesai packing, kitapun makan masakan ibunya Pite yang sudah ada di atas meja (makasi tante,,sudah mau masakin kita ^^). Makan dengan lahap sambil nonton tv dan ngobrol. Duh seneng banget kesampean juga maen ke Cirebon. Walau kata temen gw di Cirebon ga ada apa-apanya, tetep aja menurut gw ada yang menarik di sana. Makasi buat Pite dan juga keluarganya yang mau nerima kita nginep dan maen ke sana, semoga ga kapok dengan keberisikan kita😀.

2 thoughts on “Cirebon (Day 2)

Leave a Reply

