Cirebon (Day 1)

Sudah lama gw dan kawan segeng kampus pengen mengunjungi rumah salah seorang kawan kita yang berada di Cirebon. Kemarin Sabtu, akhirnya kesampaian juga. Kita berangkat dari Bandung, tepatnya dari terminal caheum. Kita naik bus ke Cirebonnya.Β  Bus yang kita naiki bernama Bhinneka yang merupakan bus AC. Bayarnya hanya seharga Rp.35.000,- saja. Waktu tempuhnya kurang lebih 5 jam. Nanti busnya bakal berhenti sebentar di Sumedang. Selama di bus kerjaan gw adalah ngemil-tidur-ngemil-tidur. Hahahaha. Kita berangkat dari Bandung jam 07.00 sampai Cirebon jam 12.00.

Sampai di Cirebon, kita dijemput oleh keduaorangtua kawan gw itu. Kemudian langsung diajak makan siang di Super Sambal. Gw pernah mendengar Super Sambal ini ada di Yogya, ternyata juga ada di Cirebon! Di Bandung aja belum ada nih. Di sini tersedia berbagai macem sambel. Harganyapun tergolong murah. Untuk porsinya, memang dibikin untuk satu kali makan perorang. Rasa makanannya, hmm enaakkk. Pesanan gw adalah udang goreng tepung. Hihihi emang dasarnya doyan udang yak. Terus ternyata ibunya Pite juga memesan karedok dan tumis kangkung. Katanya untuk siapa aja yang mau, jadilah gw juga mencoba *mulai ga tau malu*. Enak, enak, enak, dan kenyang.

Setelah makan siang, kamipun diajak untuk menaruh barang dan melemaskan kaki sejenak di rumah sang kawan. Oia nama kawanku yang berdomisili di Cirebon ini adalah PiteπŸ˜€. Rumahnya asri banget! Ada kolam kecil di taman samping rumahnya. Tentu saja, dia juga punya seekor kucing yang bernama Dede. Begitu nemu kasur, kami berlima langsung merenggangkan kaki dan tidur-tiduran dengan kipas yang menyala. Maklum orang gunung turun ke pantai, langsung butuh kipas :p.

Puas merenggangkan kaki, gw dan Tia mulai gelisah ingin jalan-jalan. Merasa sayang waktu kalau hanya tidur-tiduran. Prinsip kita berdua adalah “kalau tidurkan bisa di rumah, ngeksplore kotakan engga”. Hahahaha. Akhirnya kami memutuskan untuk melihat stasiunnya. Maklum sudah sore, kalo ke objek wisata lain takutnya sudah tutup. Dari rumah Pite ini hanya naik sekali angkot untuk ke stasiun. Oia angkot di Cirebon, jauh-dekat harga Rp.2.500,- saja. Stasiun di Kota Cirebon ini mengingatkan gw akan stasiun Bandung lama. Bentuk bangunannya mirip. Lengkap dengan pedagang yang berjualan disekitar stasiun. Tetapi begitu masuk ke dalamnya, wuih,,beda dong! Stasiun kereta di Cirebon bersih. Uniknya lagi di sini kalau mau menyebrang ke jalur tertentu harus lewat underpass. Buset dah, keren banget.

Puas ngeliat-liat di stasiun, kamipun berjalan rada jauh untuk mencapai angkot yang akan membawa kita ke Gerage Mall. Tetep yah mau ke mana juga ngemall :p. Waktu mau nyebrang nyegat angkot, di sebelah kita ternyata ada mesjid raya Cirebon loh. Namanya mesjid At-Taqwa. Bangunannya besar, megah, dan indah. Berhubung mendekati waktu shalat Maghrib, banyak warga yang berkumpul untuk menunaikan shalat. Bersih sekali mesjidnya serta asri. Subhanallah.

Nyegat angkot, dan kitapun ngemall deh ke salah satu mall yang ada di Cirebon. Namanya Gerage Mall. Sebenernya tujuan ke sini adalah gw mau beli iket rambut. Maklum iket rambutnya ketinggalan di Bandung. Mengingat rambut yang mulai panjang kayaknya kesalahan aja ga pake iket rambut, maklum Cirebon membuat serasa di sauna #lebay. Seberesnya urusan di mall, kamipun mengangkot lagi untuk ke tempat makan malam. Ternyata kita diajak Pite sekeluarga makan nasi jamblang. Wah bener banget deh, ke Cirebon ga makan nasi jamblang berasa ke Bandung ga makan baso tahu kali yah? Sayangnya kita ga kedapetan pake alas daun jati. Rada telat dateng soalnya. Walau begitu, sensasi makannya tetep kerasa kok. Hahahaha. Oia di sini kita bisa mengambil sendiri lauk yang kita inginkan, begitu juga minumnya. Gw mengambil nasi dua kepal, sate udang, perkedel kentang dua, telor goreng, sate kentang, dan segelas es teh manis.Β  Walau hanya dua kepal, itungannya padet loh nasinya. Selain itu ternyata nasi jamblang tuh murah yah. Udah serem aja takut mahal karena gw merasa ngambil banyak.

Beres makan, kita kembali ngemall bentar karena ibunya Pite ada yang dicari di Gramedia. Tetep yah mau ke mana aja gw ternyata ke Gramedia lagi. Hahahaha. Bener-bener studi banding nih gw. Seneng banget rasanya mengeksplore kota yang satu ini. Mengeksplore tempat-tempat yang biasa didatengin, makanannya, besok bakal ngeksplore tempat wisatanya. Yeahhhh.

2 thoughts on “Cirebon (Day 1)