Forum dan Forum

Alhamdulillah minggu forum baru saja dilewati. Saya kebagian hari Selasa pagi kemarin. Nara sumber alias dosen yang memberi feedback adalah orang-orang yang dahsyat. Awalnya beneran jiper abis pas kedapetan bersama mereka (langsung nyari anak-anak bimbingan mereka buat nanya apa yang suka dibicarakan kalo lagi bimbingan).

Jadi mekanisme fakultas saya untuk lulus adalah dengan mengambil metpen2 terlebih dahulu, mengikuti forum metpen2nya (di sini kita tahu siapa pembimbing2 kita), kemudian lanjut skripsi, forum skripsi, dan sidang. Untuk forum skripsi ini, satu kali forum terdapat 3 (tiga) sampai 4 (empat) orang yang akan menyajikan skripsi. Satu orang wajib membawa satu pembahas untuk memfeedback skripsi. Pembahas ini adalah mahasiswa yang sedang mengambil metpen2 ataupun skripsi. Selain membawa pembahas, satu orang juga wajin membawa minimal 4 (empat) audience atau penonton. Intinya sih kalo forum harus ada penontonnya minimal 6 (enam) orang. Jadi sebenernya kalo si penyaji pengen bawa banyak temen boleh-boleh aja, atau satu penyaji ga bisa bawa penonton sama sekali ga papa juga, yang pasti kudu narikin orang buat nonton minimal 6 (enam) orang. Untuk nara sumber biasanya adalah dosen pembimbing si penyaji, kalo misalkan penyaji 4 (empat) orang, 2 (orang) orang anak pembimbing A, 2 orang anak pembimbing B, maka akan ada 1 (satu) nara sumber tamu. Acara forum ini juga dibantu jalannya oleh seorang moderator. Oia selain itu penyaji ini diwajibkan buat patungan beli konsumsi untuk semuanya.

Untuk minggu kemarin, satu hari itu terbagi 2 (dua )sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. Setiap sesi terdapat 2 (dua) ruangan yang di pake forum. Jadi buat penonton boleh milih mau nonton forum siapa. Bisa juga kita bolak balik pindah ruangan karena hanya menonton satu orang. Buat yang doyan ngemil bakal bahagia banget, karena akan selalu dapet cemilan gratis tiap nonton forum, bahkan ada yang tiap pindah ruangan buat ngeliat forum, sekalian nyobain cemilan di tempat forum itu :)) (maklum mahasiswa :p).

Bagaimana dengan forum saya sendiri? Penontonnya penuh aja gitu, sampai ada yang ga bisa nonton karena penuh ruangannya (terharu banyak yang care sama kita yang forum). Saya seharusnya mendapatkan giliran ketiga, tetapi berhubung ibu pembimbingku bilang “saya capek ngomong ny, mau istirahat dong”, jadilah saya menjadi penyaji kedua *langsung deg-degan*. Setelah membacakan abstrak, difeedback pembahas soal latar belakang yang ga ngalir, kesalahan penulisan, maksud kerangka pikir, pembahasan, dan kesalahan penulisan di simpulan (terima kasih kepada ibu Myrna yang mau membahas secara kritisπŸ™‚ ). Ketika giliran nara sumber yang membahas, saya malah dapet insight! Lucu juga kalo dipikir-pikir, pertanyaan yang terus diajukan pembimbing2, malah saya dapatkan jawabannya di forum. Setelah itu bertanya soal tujuan, kegunaan, kerangka pikir, norma, analisis deskriptifnya, pembahasannya, simpulan, dan saran. Abis deh itu skripsi dikulitin. Apalagi yang ditanyakan memang pas pula, pas yang saya emang masih ragu. Jadi yang bisa saya lakukan adalah bengong dan diam. Hahahahaha tragis.

Nilai positif dari forum ini adalah saya merasa beruntung difeedback sebanyak ini karena ini adalah ajang saya merasakan bagaimana suasana sidang. Selain itu forum inikan tidak dinilai. Jadi beneran ngetes skripsi kita kalo dibaca oleh pihak ketiga. Mending dapet banyak masukan di forum daripada bengong di sidang, karena sidangkan dinilai. Kata pembimbing saya, seenggaknya kalo dapet yang sadis di forum, di sidang nanti akan jauh lebih santai, karena kita sudah tahu yang terburuk. Kalopun dapet yang santai, itu keuntungan buat kita. Apalagi kalo dapetnya yang belum sempet baca skripsi kita, sidang insyaAllah lancar lah yah? Hahahahaha. Sedihnya adalah ketika forum kita justru mendapatkan dosen yang santai, jadinyakan ga merasakan gimana parahnya dan biasanya masukannya aneh-aneh. Bahkan saat forum yang ada banyak guyonnya kita.

Saat ini adalah minggu merevisi dan menyiapkan berbagai keperluan dan persyaratan untuk sidang nnati. .Pendaftaran terakhirnya adalah tanggal 3 Agustus, di saat saya sidang dan yudisium nanti adalah saat bulan puasa. Beneran akan menjadi berkah Ramadhan untuk sayaπŸ™‚.

2 thoughts on “Forum dan Forum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s