Work Hard, Run with Time, Learn, and Fun

Saya telah resmi bekerja di sebuah konsultan psikologi sejak bulan Mei ini *YEAYYY (dasar emang pengen teriak)* setelah 2 bulan sebelumnya magang untuk beradaptasi. Waktu kerjanya menyenangkan! Saya diperbolehkan memilih 2 waktu dari jadwal reguler yang ada dan apabila beruntung akan mendapatkan kesempatan bekerja di luar waktu reguler. Untuk saya yang sedang berkutat dengan skripsi cukup tertantang juga untuk dapat mengatur jadwal saya agar kerjaan tetap berjalan dengan baik dan skripsi dapat berjalan lancar.

Judul di atas kurang lebih apa yang saya rasakan saat bekerja. Saya benar-benar baru kali ini merasakan bekerja keras. Bukan hanya karena jumlah orang yang datang untuk di tes, tetapi dari ragam tempat mereka bekerja, ragam latar belakang, serta ragam kebutuhan yang dikumpulkan menjadi satu membuat saya harus pandai membawa diri serta mengatur semuanya agar selesai tepat waktu dan tetap bisa berjalan lancar. Awalnya agak syok dan keteteran sih, tetapi saya merasakan bagaimana saya dipaksa dibentuk untuk dapat menjadi pribadi yang lebih fleksibel lagi. Walau saya hanya membantu tester, tetapi saya tetap harus mengobservasi dengan detail, membantu tester menyiapkan alat tes, mengecek berbagai hal sehingga tidak banyak waktu yang terbuang, dan juga menskoring hasil tes.

Saya juga diharuskan untuk sedikit lebih ketat dengan waktu. Waktu pengumpulan hasil skoringannya seharusnya tidak boleh lewat dari jam 12 siang keesokan harinya (berasa ngumpulin laporan praktikum zaman dulu :p), tetapi sudah 2 kali ini lewat dari jam 12 dan baru pukul 1 saya kumpulkan. Walau masih dapat dimaklumi karena saya masih baru, tetapi saya tetap tidak enak dan mengumpulkan niat untuk lebih baik lagi untuk tugas berikutnya. Bagaimanapun kepercayaan yang saya dapat harus dapat saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Hal yang paling saya rasakan di tempat saya bekerja ini adalah saya belajar banyak! Belajar mengenai fleksibilitas, ketepatan waktu, bekerja keras, bekerja pintar, dan bekerja dengan tim, saling menghargai, saling melengkapi, serta belajar mengenai alat tes baru. Alat-alat tes yang tidak pernah saya pelajari sebelumnya di bangku kuliah. Tentu hal ini membuat saya menjadi semakin kaya akan pengetahuan. Apalagi di tempat saya bekerja ini, kebanyakan adalah teman-teman dari UNPAD jadi terasa sekali bertukar informasi dan juga saling menambah pengetahuannya. Selain itu network sayapun semakin luas. Saya juga memiliki lingkungan baru, sebuah udara segar untuk kegiatan saya yang kemarin-kemarin hanya kampus-rumah dan sesekali jalan-jalan.

Tentu hal yang menyenangkan untuk saya adalah lingkungannya yang menyenangkan alias fun banget! Bercanda disaat sedang butek ngeliat angka dan huruf, gantian make PC, bergosip, ngemil bareng, mengerjakan kerjaan ampe malem dan masih bisa tertawa riang. Walau masih sedikit kaku, tetapi untuk saya in isudah cukup mengasyikkan. Apalagi terkadang saya dipasangkan dengan teman-teman yang bukan dari kampus saya yang sama-sama bekerja di sini, membuat saya mempunyai teman baru serta bercandaan baru dan hal-hal yang dapat ditertawakan bareng-bareng. Selain itu hal yang menyenangkan yang sudah saya singgung di awal pos ini, saya bisa mengatur jadwal bekerja saya. Tidak terikat dengan waktu 8-5 dan teng-go nya. Ini adalah wkatu bekerja yang saya impikan.

Bekerja keras, berlari dengan waktu, belajar, dan tetap senang. Saya beruntung sekali bekerja di siniπŸ™‚

Leave a Reply

