Watch and Feel

Video ini adalah video sepupu saya yang bernama Muhammad Bagja Madani. Ia adalah seorang down syndrome.

Down Syndrome / sindrom down merupakan kelainan kromosom yakni terbentuknya kromosom 21 (trisomy 21) akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan. Tanda-tanda yang muncul akibat Down syndrome dapat bervariasi mulai dari yang tidak tampak sama sekali, tampak minimal sampai muncul tanda yang khas. Tanda yang paling khas pada anak yang menderita Down Syndrome adalah adanya keterbelakangan perkembangan fisik dan mental pada anak (Olds, London, & Ladewing, 1996).

Penderita sangat sangat mudah dikenali dengan adanya penampilan fisik yang menonjol berupa bentuk kepala yang relatif kecil dari normal (microchephaly) dengan bagian anteroposterior kepala mendatar. Pada bagian wajah biasanya tampak sela hidung yang datar, mulut yang mengecil dan lidah yang menonjol keluar (macroglossia). Seringkali mata menjadi sipit dengan sudut bagian tengah membentuk lipatan (epicanthal folds).

Bagja saat ini telah berumur 12 tahun. Setelah berenang, belakangan ini ia mulai sibuk dengan kegiatan drum-nya. Sudah bisa bersosialisasi, di ajak pergi jauh, makan di luar rumah, membantu ibunya berbelanja, dan bahkan membuat jus sendiri. Saya sangat bangga dengan sepupu dan juga keluarganya. Saya tahu membesarkan Bagja tidaklah mudah, tetapi bisa. Dengan semangat, dengan cinta dan kasih sayang, dengan bentuk perhatian dan juga dukungan keluarga dan lingkungan. Hal itu bisa dilakukan.

Melihat Bagja membuat diri saya terlihat kecil. Membuat masalah-masalah yang sedang saya hadapi menjadi kecil dan saya menjadi malu, karena saya belum sekuat itu, belum berusaha maksimal dan lebih sering mengeluh. Terima kasih sepupuku, mengembalikan ingatan saya untuk tidak mengeluh, untuk dapat berjuang dalam hidup ini.

Sumber: http://www.sulastowo.com/2008/04/12/down-syndrome/#ixzz1JK3ymUOu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s