Forgive My Self

gw baru aja nonton Eat Pray Love hari ini (27 Oktober 2010). kata gw ini film yang keren dan yang gw butuhin. walau banyak yang mengkritik, kecewa, dan bosan dengan film ini, buat gw film ini seperti pencerahan dan pembulatan tekat buat gw.

salah satunya, gw tersentak banget saat nonton bagian Richard di India yang bilang ‘with all your heart, FORGIVE HIM, FORGIVE YOURSLEF and let him go’. gw teringat sesuatu yang belum gw lepas dari masa lalu gw, untuk memaafin dia dan juga diri gw sendiri. mungkin karena hal itulah gw masih terkekang ama masa lalu dan merasa trauma dengan beberapa hal dari hubungan gw sebelumnya.

sadar ato engga sadar gw mesti mengakui kalo ada beberapa hal yang belum gw maafin dari dia dan diri gw. banyak hal yang masih gw sesali, gw pertanyakan, dan berharap bisa gw perbaiki di hubungan gw sekarang. saat gw nonton film itu, gw seperti tersadar hal apa yang ngebuat gw ngerasa ga nyaman kalo inget masa lalu gw itu. ternyata hal itu adalah sesuatu yang sebenernya simpel dan belum gw lakukan. gw belum ikhlas maafin dia dan diri gw sendiri.

hari ini, gw ikhlas, gw mau membuka lembaran baru, gw akan melupakan sakit hati gw, gw akan memaafkan masa lalu gw, maafin dia, dan maafin diri gw waktu itu. gw atau dia ga pantes buat selalu gw salahin atas apa yang terjadi dulu. toh sekarang gw punya kehidupan yang lebih baik, pasangan yang lebih baik dan sayang ama gw, begitu juga dengan dia. i am happy now, you do too.

jadi inget kata salah satu abang angkat gw yang mengatakan bahwa gw ga pantes ngeberatin pundak gw dengan sebuah masa lalu dan merasa lega setelah semua telah move on. apa yang terjadi di masa lalu adalah sebuah pilihan dan keputusan. sekarang gw ngerti maksud abang angkat gw itu apa, dia sadar gw belum maafin diri gw sendiri saat itu. gw baru ngerti sekarang.

Leave a Reply

