Pasar Seni ITB 2010

tanggal 10 bulan 10 tahun 2010, hanya 10 jam saja, di Jl. Ganesha no. 10

dari pukul 08.00 – 18.00, dilakukan 4,5, atau 6 tahun sekali, Pasar Seni ITB

ya itulah kata-kata populer yang diucapkan orang-orang untuk mempromosikan pasar seni ITB ini. gw inget banget pasar seni terakhir (sebelum yang ini) diadain saat gw baru masuk kuliah atau 4 tahun yang lalu! menurut acount twitternya, Pasar Seni ITB, dilakukan 4 tahun sekali, itu pun tergantung keinginan mahasiswa FSRD, jadi emang ga ada ketentuan harus berapa tahun sekalinya.

gw udah excited dari 1 bulan yang lalu untuk dateng ke acara ini. selain banyaknya barang seni yang dipasarkan, harga murah yang ditawarkan, serta bintang tamu yang di undang, gw juga penasaran untuk ngubek-ngubek pasar seni yang diselenggarakan di kampus ITB jl. Ganesha no. 10 ini. maklum, saat pasar seni 2006, gw dateng terlalu siang dan udah penuh banget ampe gwnya keburu bete dan pusing.

ada apa sajakah di Pasar Seni ITB 2010 ini? sejujurnya gw ga apal zona-zonanya. maklum gw ga beli petanya dan emang gw punya tujuan ke Pasar Seni ini. tujuan gw yang pertama adalah beli sepatu! gw emang pengen banget beli sepatu dengan merk Just Kulkith. sebenernya ada sih toko onlinenya, tapi gw penasaran aja bakal selucu apa sepatu itu di kaki gw. mangkanya gw niat banget buat nyobain beberapa sepatunya dulu baru beli. apalagi di pasar seni ini gw dapet diskon *yeay!!*. selain itu desain sepatu ini kata gw unik karena mempergunakan perca batik. siapa yang nyangka ternyata ini sepatu adalah hasil karya karena ngebuat TA (Tugas Akhir)?!

tujuan gw yang kedua adalah ngebeli novel dari penerbit favorit gw yaitu Terrantbooks. di sini mereka buka stand dan ngejual novel karangan mbak Sitta Karina yang terbaru ‘delapan peri’ dengan harga 25.000 saja! senangnya!!!! selaen ‘delapan peri’, gw juga beli novel ‘Vice Virsa’ karangannya Alanda Kariza.

setelah tujuan tercapai, mulailah gw berjalan melihat-lihat apa saja stand, karya, dan atraksi yang ada di Pasar Seni ini. ternyata beragam banget! mulai dari batik, sprei, baju, marchandise, baju, sepatu, lukisan, ukiran, makanan, tarian adat, musik dari orang-orang yang nalu padi, terus ada semacam pesta rakyat kalo panennya berhasil, banyak banget deh! selain itu ada kapal pinisi! untuk performancenya, banyak banget disediain panggung. mulai dari panggung gede, ampe panggung-panggung kecil yang disediain di beberapa area. walau ditengah keramean, gw bisa ketemu sama anak 2008 dan juga sepupu gw!!

saat ditengah perjalanan, perut mulai berdendang dan saatnya gw mencari area makanannya. saat gw muter-muter mencari area makan, gw ketemu stand Purezento! awalnya sih iseng liat-liat doang. eh ternyata kaos pesenan temen gw di jual saat Pasar Seni. gw langsung nelpon untuk ngasi kabar ke temen gw yang ada di Surabaya. begitu dia bilang OK, gw langsung beli kaosnya.

setelah selesai membeli kaos ini, gw berusaha ga liat-liat stand-stand lagi soalnya duit mulai menipis. jadi fokus utamanya setelah membeli kaos ini adalah membeli makan. beneran udah kelaparan banget deh. nyampe di area makanan, penuh aja gitu! yah mengingat gw dateng jam 12.30, yang berarti jam makan siang, gwpun rela berdesak-desakan demi makan. setelah membeli makanan, gw dan pasangan gw (iyah gw ke sininya bareng pasangan gw :D) mencari tempat makan yang sepi dan enak buat duduk. akhirnya kami menemukannya di Mushala Elektro.

perut kenyang, tadinya gw memutuskan untuk pulang sembari sebelumnya bertemu dulu dengan 2 orang sobat gw yang lagi ada di standnya Just Kulkith. ternyata, begitu sampe di sana, gw dan kedua sobat gw berhasrat pengen foto di taman SR yang merupakan zona budaya. di sana kita bisa ngeliat padi-padi yang di tanam oleh anak-anak SR dan juga berbagai maenan sunda, selain itu area fotonya banyak! walau panas, kenarsisan tetap berjalan. hahahahaha.

overall, Pasar Seni ITB 2010 ini keren banget! selain hasil karya temen-temen di FSRD, di pasar seni ini juga terdapat berbagai karya dari berbagai fakultas dan juga program studi lainnya. salut deh buat temen-temen ITB yang kreatif. walau saat gw pulang, jalanan di sekitar Fly Over -Taman Sari – Dago – Hasanuddin – Dipati Ukur – Teuku Umar – Babakan Siliwangi macet banget!!! untuk yang naek mobil, apa daya keknya ga jalan-jalan deh. merasa beruntung banget bisa naek motorπŸ˜€.

cheers!

2 thoughts on “Pasar Seni ITB 2010

• itu mey, foto-fotonya :p
      penuh banget,,mangkanya aku memilih berpanas-panasn di lapangan dari pada berdesakan di dalamnya :p

macet pisan,,mangkanya aku dateng pagi-pagi dannaek motor