Ullen Sentalu

Ullen Sentalu adalah sebuah museum swasta yang kepemilikannya dimiliki oleh keluarga Haryono dari Yogyakarta dan berada di bawah payung Yayasan Ulating Blencong dengan penasehat antara lain: I.S.K.S. Paku Buwono XII, KGPAA Paku Alam VIII, GBPH Poeger, GRAy Siti Nurul Kusumawardhani, Ibu Hartini Soekarno, serta KP. dr. Samuel Wedyadiningrat, Sp.(B). K.(Onk).

di dalam museum ini, jangan terlalu berharap bakal mendapatkan benda-benda bersejarah yang otentik serta arca atau keris dan sebagainya. museum ini lebih memakai foto-foto serta lukisan untuk menceritakan mengenai sejarah Kerajaan Mataram Islam dan perkembangannya, kemudian memperlihatkan berbagai jenis kain batik baik dari batik Yogya maupun batik Solo. di sini kita dapat melihat perbedaan kedua batik tersebut. selain itu kita juga mendapatkan 1 orang tour guide untuk mengantar keliling museum kurang lebih 45 menit. tour guidenya apal mati banget lah itu sejarah! *keren banget*.oia selama kita berjalan-jalan di dalam museum, kita tidak diperbolehkan mengambil gambarnya, baru boleh foto-foto setelah beres ngelilingin museum dan cuma di taman luarnya aja. setelah beres berkeliling kita juga mendapatkan minuman yang katanya sih,,,bisa membuat awet muda *aih tambah dikira anak SMA nih gw* nama minumannya itu adalah Kusmayana Drink. Minuman ini adalah resep dari Putri Kusmayana yang terkenal dengan kecantikannya dibuat dari jahe, kayu manis, gula jawa, sedikit garam, dan daun pandan.

menurut saya, museum ini menyenangkan sekali. terletak di kawasan Kali Urang, jadi hawanya cukup dingin. selain itu pemandangannyapun hijau dan natural. kemudian yang saya sukai lagi dari museum ini adalah tour guide yang menceritakan dengan detail mengenai sejarah Kraton Yogyakarta dan Kraton Solo sehingga informasi yang diterima oleh pengunjungpun utuh *beda banget kalo kita lagi berkunjung ke Keraton :D*. oia soal Kusmayana Drink, hihihi emang dasar saya ga suka jejamuan, begitu diberikan minuman ini saya rada kesulitan menghabiskannya! ampe ditugguin sodara-sodara saya dan kudu abis itu minuman. betul-betul perjuangan tuh buat saya😀.

sehabis meminum Kusmayana Drink, saya dan keempat saudara saya yang lainpun berfoto-foto disekitaran museum. setelah puas berfoto-foto, kamipun mengunjungi Putri Malu Souvenir Shop yang berada di bawah Beukenhof restaurant. haduh bagus-bagus deh bajunya walau apadaya ga sesuai dengan budget saya yang masih mahasiswa ini T-T *baca: mahal!!!*. kemudian kamipun berfoto-foto kembali di kawasan Putri Malu Souvenir Shop ini. hahaha dasar emang pada banci foto juga sih😀.

saya dan sepupu-sepupu saya juga akhirnya memutuskan untuk makan siang di Beukenhof Restaurant yang ada di atas Putri Malu Souvenir Shop. kata sepupu saya yang pernah ke sini, budget yang diperlukan untuk makan dan minum sekitar Rp. 40.000. sayapun berpikir okelah sekali-kali makan budget gede ga masalah *baru dapet THR ini*. tetapi yang saya lupa tanya adalah tahun berapa terakhir dia ke sini. huhuhu nyaris menangis melihat kolom sebelah kanan *baca: harga*. Akhirnya setelah cukup lama memikirkan menu, kamipun memutuskan buat memesan apetizer semua! hahahahaha. makan apetizer plus minum teh anget dan aer mineral saja sudah menghabiskan kurang lebih Rp. 50.000. diakhir saat mau membayar, salah seorang sepupu saya yang tidak membawa duit cash cukup banyak akhirnya memilih menggesek kartu debetnya dan nanti kita bayar ke dia. setelah ia membayar ternyata katanya tidak semahal yang ia duga dan memutuskan dia aja yang bayar. horay!!!! walau tahu gitu tadi saya kudunya pesen makanan yah? hahahaha :p.

oia buat yang mau ke Ullen Sentalu tiket masuknya untuk pelajar adalah Rp. 15.000. untuk dewasa dienakan biaya Rp. 25.ooo. untuk pelajar asing dikenakan biaya Rp. 25.ooo dan untuk turis dewasa dikenakan biaya Rp. 50.000.

Leave a Reply

