Bersyukur

maka, nikmat Allah manalagi kah yang engkau ingkari?

ah jadi ingat dengan arti dari salah satu ayat dalam Al-Qur’an ini. gw berasa disadarkan, bahwa gw masih harus blajar, masih harus menjadi lebih baik lagi, masih harus bisa lebih bersyukur atas apa yang gw punya.

jadi inget wejangan yang diberikan dosen konseling gw saat SP (Semester Pendek) kemaren. rumput tetangga itu akan selalu tampak lebih hijau. kalo liat kehidupan orang-orang disekeliling kita nampak menyenangkan. padahal kita ga tahu gimana kehidupan dia yang sebenernya. karena sadar atau engga, setiap manusia itu dihadapkan pada suau cobaan. tetapi segala cobaan itu bisa dihadapinya dengan lebih baik, atau ia sengaja menyembunyikan masalahnya, sehingga apa yang di lihat orang *atau kita* hanyalah kulit luarnya atau bisa juga, karena ia lebih memilih untuk menghadapi dan menyudahi kesedihan dan permasalahannya daripada dibiarkan berlarut-larut, jadi sedih, dan malah isinya ngeluh terus. karena itu kata dosen konseling gw, akan lebih bijak kalo kita lebih menghargai apa yang kita punya, yah syukuri saja apa yang kita dapatkan. bukan berarti kita harus stuck yah! tapi kita mensyukuri apa yang kita punya dan optimis untuk bisa maju. oia untuk kata-kata yang terakhir ini gw ambil dari kata-kata optimisme yang di omongin mas Pandji di twitternya.

kalo gw inget apa yang gw tulis di awal tadi, gw jadi suka merinding sendiri. berasa masih banyak nikmat yang udah gw ingkari! walau gw tetep berusaha untuk jadi lebih baik lagi dan lebih pandai lagi bersyukur. gw bersyukur kalo gw masih hidup, lengkap, masih sehat, masih bisa berjalan, yah hal-hal kecil seperti itulah. hal-hal kecil yang membuat banyak hal menjadi besar! gw juga masi belajar kok buat menjadi orang yang lebih pandai lagi bersyukur atas nikmat yang di kasi Allah buat gw. peer gw buat ga ngeluh dan tetep belajar berpikiran dan bersikap positif, terhadap segala kegalauan dan cobaan yang sedang gw hadapi. yakin kok, ketika pikiran seseorang diubah untuk lebih positif, tindakan-tindakan kita juga bakal lebih positif lagi.

Leave a Reply

