Ulang tahun Indonesia ke 65

besok itu ulang tahunnya Indonesia, Ulangtahunnya bangsa saya, bangsa yang sudah merdeka selama 65 tahun. 65 tahun ini apa yang sudah gw perbuat yah? dulu, ketika gw kecil, gw kurang sayang ama negara gw, selalu berangan-angan pindah negara. dulu gw juga bukan orang yang cinta ama tanah ini karena masih suka buang sampah sembarangan, dulu gw juga bukan orang yang cinta dengan pulau-pulau dan pantai-pantainya dan malah suka merajuk kepanasan kalo ke pantai, dulu gw belajar, berkeringat di tanah ini demi ego gw, demi apa yang gw pikirin untuk gw sendiri, dulu gw pernah nulis mo bercita-cita jadi orang yang berguna buat bangsa ini, tapi sampai sekarang gw merasa belum maksimal dalam hal ini. dulu gw mencintai kebudayaan dari suku gw sendiri.

itu dulu…..

sekarang? gw mencintai negeri ini, gw mencintai orang-orangnya yang ramah, gw mencintai keanekaragaman negeri ini. gw mencintai makanannya, mencintai berbagai kebudayaannya, mencintai pulau-pulau dan tempat-tempat indahnya, gw mulai mencintai tanah tempat gw berpijak. gw mulai berusaha membuang sampah pada tempatnya, mencintai lingkungan alamnya, lapang dada dengan semua kesusahan yang menimpa bumi pertiwi ini, seburuk apapun pemerintahannya, aku tetap mencintai zamrud kathulistiwa ini, aku menyukai pantai-pantainya, menyukai gunung-gunungnya, menyukai berbagai macam watak orang di negeri ini.

coba bayangin, banyak banget yang bisa kita banggain dari negeri tercinta kita ini, kita punya batik dan angklung yang telah mendunia, kita punya jembatan terpanjang seAsia, kita punya kota terbersih seAsia Tenggara, kita punya sambel, indomie dan teh botol! orang-orang Indonesia yang hidup di luar begitu kangennya dengan ketiga hal ini. orang luar kaga punya keanekaragaman kuliner kayak negara kita. kita punya banyak anak bangsa loh dengan prestasi membanggakan, kita punya Shandy Sandoro, Shakila, adek-adek yang telah berhasil menjuarai berbagai olympiade di luar sana, kita punya atlet yang legendaris, kita punya banyak hal yang bisa kita banggakan kalo kita mau ngulik bangsa kita ini dan tidak melihat hal yang negatifnya aja.

walau tetep aja gw ga suka dengan pemerintahan dan semua oknum-oknum di dalamnya. hanya dari segi politiknyalah yang gw sesalkan, kenapa mereka kok tega terhadap bangsanya sendiri, tempat mereka lahir dan dibesarkan, tempat mereka makan hasil panennya, tempat mereka berteduh selama ini, dan tak memikirkan alamnya dengan baik. yang dipikirkannya adalah kesenangannya saja, keegisannya saja. Indonesia saat ini lebih butuh pemimpin yang optimis! pemimpin yang mencintai negeri ini dan rakyatnya dengan segala kekurangan dan kelebihannya. pemimpin yang mau mengharumkan nama bangsa ini dan tidak takut akan bangsa lain, selama bangsa kita benar dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

di luar pemerintahannya itu, gw sayang dan mencintai Indonesia, selamat ulangtahun Indonesia ke-65, masih banyak PR yang harus diselesaikan, dan kita selesaikan pelan-pelan dan pasti bisa! Indonesia butuh masyarakat yang optimis akan kemajuan bangsanya serta tak lupa akan budaya dan sejarahnya.

4 thoughts on “Ulang tahun Indonesia ke 65

  1. A pure love would be pure act for the good of our country. Ada beberapa hal yang memang belum bisa terwujud di negeri ini namun bukan berarti tak akan bisa terwujud bukan?πŸ™‚.

Leave a Reply

