gerakan mati lampu selama 1 jam

hari ini adalah hari gerakan matikan lampu selama 1 jam atau yang di kenal dengan earth hour. tahun inipun alhamdulillah bisa aku ikuti. walo untuk tahun ini di rumah sepi berhubung ortu lagi di Padalarang dan kakak aku malem mingguan, but that’s ok, the show must go, rite? jadi yang aku lakukan adalah mematikan seluruh lampu yang ada di dalam rumah. mengapa hanya dalam rumah? demi keamanan, mana di rumah hanya ada dua perempuan pula. takut terjadi hal yang tidak diinginkan soalnya.

bagaimana dengan yang lain? aku ga tahu, yang pasti aku melakukan gerakan ini dengan kesadaran untuk mengubah kebiasaan yan masih manja banget ama penggunaan lampu di malam hari. yups sesuatu telah berubah sejak gerakan mematikan lampu tahun lalu. aku mulai care dengan sekitar, mulai tidak menggunakan lampu saat tidak diperlukan, mencabut kabel yang terpasang di breaker, menggunakan kabel sambungan yang memiliki tombol on-off masing-masing sehingga bisa memutuskan satu persatu listrik yang terpakai.

hanya sebagas listrikkah? tentu tidak. aku beruntung memiliki seorang kawan segeng-gong yang peduli sekali dengan lingkungan. ia selalu refleks membuang sampah yang berceceran, lama-laam kebiasaan ini menular kepada aku. jadi gatel aja kalo ga buang sampah ga di tempatnya. kalo ga ada tempat sampah? bagian depan tas akulah yang jadi tempat sampah sementara. selain itu sudah mulai terbiasa menolak kantong plastik dan membawa kantong belanjaan sendiri sehingga menghemat penggunaan plastik.

semoga keinginan aku menjadi manusia yang lebih baik lagi, yang makin sadar bahwa bumi ini sudah tua dan sedang sakit sehingga melakukan gerakan sekecil apapun yang dimulai dari diri sendiri untuk menyelamatkan bumi ini. aku mencintai bumi ini, demi dapat melihat anak-anak dan cucu-cucuku kelak masih dapat bermain di hijaunya rumput yang ada di bumi ini.

ini bukan mengenai di wilayah atau negara tempat kita tinggal, ini persoalan dimana planet kita tinggal. demi diri sendiri, demi ego pribadi, demi anak-anak dan cucu-cucu kita, demi bumi yang sehat, demi alam yang nyaman, demi planet tercinta ini. aku memilih bumi.

selamat hari mematikan lampu sedunia selama satu jam yaitu pukul 20.30 – 21.30, semoga bumi dapat menjadi lebih baik lagi.

cheers!!!

One thought on “gerakan mati lampu selama 1 jam

Leave a Reply

