Bersyukur

tak henti-hentinya kuucapkan hamdalah ketika mengetahui nilai metodologi penelitian (metpen) 2Β  saya. iya,,metpen yang membuat saya nyaris gila dan frustasi karena tekanannya yang luar biasa. metpen yang membuat saya ingin berhenti di tengah jalan saja apabila tidak ada dukungan dari teman, kawan, sahabat, dan keluarga. metpen yang membuat saya muak dan sudah ingin menyerah saja apabila saya tidak teringat ucapan upline saya untuk tidak menyerah dan menyelesaikan hingga akhir apa yang sudah saya mulai.

harus saya akui, bahwa terkadang saya memulai sesuatu dan memilih untuk berhenti melakukannya ketika saya buntu di tengah jalan, apabila di tanya mengapa berhenti saya akan mengelak dengan mengatakan hanya menunda saja. setidaknya saya ingin membuktikan dengan metpen ini bahwa saya bukanlah seorang penunda sejati, bukan seseorang yang tidak pernah menyelesaikan sesuatu yang telah ia mulai. di metpen ini saya membuktikan kepada diri saya sendiri bahwa saya mampu berada di atas dari kelelahan psikis saya, mampu mengeluarkan usaha yang dibayar dengan harga sebuah nilai yang menurut saya memuaskan.

awalnya saya sudah pasrah dengan nilai saya untuk metpen ini. dengan berkali-kali judul saya di tolak, dengan fenomena yang berkali-kali saya ganti, dengan saya melihat berbagai kehebatan dan kepastian terhadap fenomena teman-teman saya sekelompok bimbingan, saya tidak berharap banyak dengan metpen ini, harapan untuk nilai A tentu saja ada terus di kepala, tetapi saya juga sadar bahwa saya merasa teman-teman saya lebih hebat, lebih santai, tidak frustasi seperti saya. saya ingat sekali malam-malam ketika saya menangis sendirian di kamar saya, sebagai bentuk kelemahan diri atas judul dan fenomena yang selalu di tolak oleh pembimbing saya. sakit rasanya ketika saya mengucapkan kepada ibu saya mengenai putus asanya saya mencari judul dan ingin berhenti di tengah jalan, serta betapa sabarnya beliau mengiyakan pilihan saya ketika itu. *huwaaa jadi mellow deh.

ya ya ya, bisa di bilang hal-hal di atas mungkin terkesan lebay dan parah banget, tetapi itulah yang saya rasakan. baru kali itu saya merasakan perasaan yang luar biasa sesak hingga akhirnya memilih kabur sejenak ketika ujian akhir saya yang berupa mempresentasikan kepada penguji selesai.

setelah semua itu selesai, rasanya beban berat terangkat. mau apa nilainya saya hanya bisa pasrah. mengetahui nama penguji saya yang memberikan kesan horor kepada beberapa mahasiswa saja telah menyurutkan energi saya. saya hanya melakukan apa yang bisa saya lakukan, berusaha semaksimal mungkin pada saat presentasi dan tenang. setelah itu saya pasrah. hingga pagi tadi, saya masih harap-harap cemas menantikan nilai saya itu keluar dan pasrah apapun yang terjadi. tak ingin memupuk harapan terlalu tinggi, takut sakit kalo ternyata tidak sesuai. saat saya iseng melihat nilai-nilai saya di komputer, foila ada nilai metpen!!!! betapa bersyukurnya saya ketika mengetahui nilai metpen saya B!!!!!!!!!! ingin berteriak rasanya mengetahui nilai saya itu. Alhamdulillah. saya benar-benar bersyukur atas nikmat ini. terimakasi kepada Allah, keluarga yang selalu memberikan saya kekuatan, pilihan, dan doa, teman-teman dan sahabat-sahabat saya yang selalu memberikan semangat, doa, dan idenya untuk saya, pasangan saya yang sabar menghadapi emosi saya yang luar biasa labilnya, memberikan semangat tanpa henti, dan doanya. terimakasih buat semuanya!!!!!!! love you allπŸ™‚.

cheers!!!

4 thoughts on “Bersyukur

  1. y begitu lah ra, kadang apa yg kita cita2 kan ato kita usahakan harus dilakukan dengan pengeorbanan, kesabaran, trus pasrah dalam artian kita memang udah berusaha semaksimal mungkin, dik2 jg ngalamin koq pas waktu buat TA, gmn rasanya g ngerti harus ngap in, di bantai, ngerubah total bab pendahuluan, bolak-balik jakarta untuk asistesi, tapi hasilnya alhamdulilah ra… intinya dik2 ngambil kesimpulan bahwa usaha akan berbanding lurus ra dengan hasilnya… apalagi kalau kita menikmati prosesnya… kerasa bgt ra…

Leave a Reply

