TOEFL

minggu kemaren akhirnya saya memutuskan untuk iseng nyobain ikutan tes TOEFL (lagi) bersama 2 orang teman saya. kita pengen liat, sejauh apa kemampuan bahasa kita dan apa yang akan kita lakukan dengan hasil TOEFL tersebut. hari kamis, kami bertiga sudah mendaftar ke balai bahasa yang berada di Universitas yangterletak di dekat terminal Ledeng, Bandung.

hari ini, adalah hari kami tes. sejujurnya saya tidak menyiapkan persiapan yang berati. hanya menonton dvd, mendnegrakan musik dan ikutan nyanyi, serta mengikuti kelas conver saya seperti biasa. saat menjawab soal TOEFL, kami di haruskan menggunakan pensil 2B, karena lembar jawabannya pake komputer. dan taukah anda, bahwa 100 soal yang sudah saya kerjakan, dan saya baru sadar kalo saya paek pensil HB!!! (ogeb bet dah gw!!!!). alhasil yang saya lakukan adalah menebalkan jawaban-jawaban saya (dan rada panik, karena masih ada 50 soal lagi dan itu tuh reading!!!). saat itu saya berusaha tetap tenang, karena reading itu butuh konsentrasi lebih besar daripada yang lain, maklum saya rada malas membacanya :p. setelah selesai mengerjakan seluruh tes TOEFLnya, saya hanya bisa berdoa semoga tes yang saya kerjakan dapat hasil yang baik. karena sejujurnya untuk tes kali ini, saya merasa lebih siap, lebih rileks, dan tidak mempunyai tekanan yang luar biasa.

beberapa menit yang lalu, saya baru saja membuka website balai bahasa tempat saya mengikuti TOEFL. hasil TOEFLnya sudah keluar! wah deg-degan melihat hasilnya, ternyata masih di bawah 500😦 . tetapi saya cukup sennag karena nilai TOEFL saya naik 30 poin dari terakhr say ates, yaitu 460, alhamdulillah.

saya jadi inget kata teman saya tadi siang “tes TOEFL itukan kayak psikotes”.Β  hihihi mungkin maksudnya kita tetap harus rileks, percaya diri dan ga nyontek, serta suka cemas ga jelas dengan hasilnyaπŸ˜€. hihi paling yang membedakan instruksinya adalah kita ga dibilangin ga boleh ngelipet buku saat tes TOEFL, sedangkan psikotes kitaga oleh melakukan hal itu, dan beberapa perbedaan yang lain.

apapun itu,,saya senang dengan kemajuan yang saya capai. itu artinya saya menggunakan Akal dan Qalbu sayaπŸ˜€ [jadi ingat pelajaran PAI pagi ini…]. keep struggle with life, cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s