Backpacker ke Pangandaran

OK,,setelah 3 hari meninggalkan Bandung, satu yang gw sadari, kulit gw mencoklat efek pergi ke dataran rendah a.k.a ke pantai. tahun baruan kemarin gw akhirnya pergi ke Pangandaran!! untuk informasi, gw belum pernah ke pangandaran sebelumnya (seriously!!! udik memang😀 ).

kemaren itu gw pergi ke Pangandaran dengan backpackeran bersama 6 orang lainnya. rombongan kita terdiri dari 2 cowo dan 5 cewe (yups cowo nya udah berasa bodyguard aja😀 ). kita berangkat ke pangandaran tanggal 30 dengan 2 kloter. kloter pertama adalah yang berangkat jam 8 dari Bandung dan kloter kedua adalah yang berangkat jam 13.00 dari Bandung (hal ini dikarenakan ada yang bimbingan, mau quiz, dan yang baru selesai menugas). kita naik bus AC Budiman Bandung – Pangandaran seharga 35.000 . perjalanan apabila tidak macet dapat di tembuh dalam waktu 6 jam, tapi kalo macet bisa nyampe 8 jam. gw ikutan yang kloter kedua, karena awalnya mau ada quiz dan ternyata ga jadi (beteee tau gitukan bisa berangkat pagi kita semua >,< ).

sesampainya di pangandaran kita rada bingung, maklum ternyata kloter kedua ini belum pada pernah ke Pangandaran naek bus, jadi kita liburan beneran modal nekat ama duit doang (hkwkwkwkkw). akhirnya setelah bertanya pada kloter pertama, ternyata kita langsung aja naek becak menuju penginapan. awalnya becak itu menawarkan 20.000 nyampe penginapan dan bisa kita tawar ampe 15.000 (tapi kalo mau lagi, bisa kita tawar ampe 12.500 -ketauan ga mau rugi😀 -). saat itu lumayan gerimis mengundang. kita dapet penginapan di depan pantai timur Pangandaran, harga permalamnya lumayan siy, karena kita pergi ke sana saat pickseason. untuk kamar yang kecil (1 tempat tidur tapi kata gw buat cowo bisa nampung 3 orang, dengan tidur agak mindang dan kamar mandi di dalam dan bersih) kita di kenain harga 100.000/ malam. sedangkan untuk kamar yang satu lagi (denagn 4 tempat tidur dan bisa dapet ekstra bed gratis walo kata gw bisa nampung ampe 10 orang dengan berpindang ria dan bawa sleeping back sendiri :p, kamar mandi di dalem dan bersih) kita dikenain harga 300.000/malam. alhamdulillah kita dapet diskon 10% dari bapak-bapak yang punya penginapan, sehingga total harga yang kita keluarin untuk 2 malan adalah 720.ooo, di bagi 7 jadi 103.000/orang.

penginapan

begitu nyampe hotel yang kita lakukan adalah mengeluarkan kaen bali untuk alas tempat tidur, karena buat gw sih rada kurang bersih (walo kata yang cowo ga ada masalah), tetapi berhubung gw lupa bawa, jadilah gw membeli kaen pangandaran (beneran masalah tak terduga niy😦 ). setelah kita beristirahat sejenak, kita memutuskan buat makan malem di pasar ikan di pantai timur Pangandaran. di sana kita milih tempat makan yang rada ke dalem karena ternyata lebih murah dan ibu nya baik banget karena ngasi kita diskon a.k.a pembulatan ke bawah. kita makan udang 1/5kg , ikan tongkol 1/5kg, cumi 1/5kg, 2  tumis kangkung dan telor, kita ngeluarin duit 150.000. setelah makan akhirnya kita jalan ke arah pantai barat buat nyari kaen panandaran untuk alas tidur gw dan 2 orang laennya yang juga lupa bawa😀. lumayan juga ternyata jalan dari pasar ikan-ke pos 3 pantai barat – ke pos 1 pantai barat – le pantai timur – dan balik ke penginapan. setelah nyampe penginapan pada ngumpul dulu di kamar cewe buat maen capsah dan ngobrolin rencana teknis untuk paginya.

pagi-pagi di tanggal 31, jam 04.30 kita pada bangun dan mandi terus ngeliat matahari terbit dari depan penginapan. sayangnya karena masih ada sisa awan mendung semalam, jadilah itu matahari terbit ga terlalu keliatan. setelah puas liat matahari terbit, kita balik ke penginapan buat sarapan popmie dan kopi yang kita bawa dari Bandung. alhamdulillah ternyata penginapan kita nyediain aer termos😀. beres sarapan jam 08.00 kita pergi dari penginapan dan jalan nyampe terminal buat ke green canyon. jalan yang kita tempuh lumayan, sekitar 2km-an.

ternyata di terminal itu ada 2 cara menuju ke batu hiu- green canyon- batu karas. pertama kita bisa naek bus Pangandaran – Cijulang dan lanjut dengan ojek, atau yang kedua kita bisa nyarter angkot. setelah ditimang-timang dengan pemikiran bahwa bus itu ga tiap saat ada, kita memutuskan nyarter angkot. lumayan angkot itu bisa di carter 200.000 atau 28.000/orang (makin banyak rombongan makin murah perorangnya). supir angkotnya baik banget karena mengantar kita jalan-jalan ampe jam 3 sore! supir angkotnya juga bertanya apakah kita mau lewat pesisir pantai atau lewat jalan hutan. kalo kita lewat pesisir pantai berarti keta lewat batu hiu dulu sebelum ke green canyon.

jarak yang di tembuh Pangandaran – Green canyon itu kurang lebih 1 jam. sampai di green canyon kita beli tiket perahu. perperahu itu bisa di duduki oleh 5 orang. harga per perahunya 75.000 atau 15.000/orang. gilaaaaa keren banget!!! aernya beneran warna ijo! pas ditanya kenapa aernya berwarna hijau, ternyata kedalaman sungainya adalah 8m! sesampainya di ujung sungai, kita bisa liat kayak terowongan gitu dan disitulah perahu bisa masuk. kalo mau liat gua-nya kita mesti berenang dulu dan itu ditambahin biaya buat life jacket dan perpanjangan waktu. walau awalnya kita ga mau basah-basahan, ternyata di ujung itu kita bakal nemuin tetesan air yang lumayan dari atas tebing, jadi mau ga mau pasti basah.

green canyon

setelah puas ke green canyon, kita melanjutkan perjalanan ke batu karas. green canyon – batu karas ternyata lumayan juga jaraknya (bersyukur banget bisa nyarter angkot). begitu nyampe batu karas, untuk rombongan kita, kita kudu bayar biaya masuk 10.000 (tapi sebenernya itungannya adalah 2.500/orang). weuw,,batu karasnya keren bangetttttt!!!!! kita berfoto, maen aer dan ada yang jalan-ja;an ampe ke pinggi pantai. puas banget nikmatin jalan-jalan di sana. puas jalan, kita beli nasi goreng seharga 7.000. baru setelah itu kita pulang dengan sebelumnya mampir dulu ke batu hiu.

batu karas

nyampe di batu hiu, awalnya kita pada bingung, apa yang menarik dari batu hiu? selain pintu masuk ke pantai yang menyerupai batu hiu. ternyata di dekat sana, ada penangkaran penyu. selain itu setelah kita lewat gerbang batu bentuk hiu, kita bisa liat pemandangan pantai dari atas (sekilas ngingetin gw ama tanah lot,Bali). lumayan buat temen-temen yang niat pre-wed, di sini bisa jadi alternatif😀 .

batu hiu

setelah puas keliling, akhirnya kita balik lagi ke penginapan. supir angkotnya baik banget nganterin kita ampe depan penginapan. weuw harga nyarter yang awalnya terlihat mahal setelah dipikir-pikir terbayar lah yah!!! di penginapan, kita pada mandi an istirahat. lumayan tuh kita nyampe penginapan jam 4an.

puas istirahat, kita jalan menyusuri pantai timur dan mengarah ke pantai barat, setelah itu ke pasar ikan buat makan. gila!!!! macet banget jalanan. maklum soalnya malem tahun baru. buat kita sih, langsung pada pusing dan males banget impit-impitan ama orang-orang yang jalan-jalan di pantai Barat dan memutuskan buat tahun baruan di penginapan aja. di pasar ikan, kita kembali makan di tempat kemaren, tetapi menu ikan dan telur di ganti ama rajungan dan ayam goreng. hari ini kita makan seafood dan minum es kelapa muda  ampe 178.000 atau sekitar 26.000/orang. puas makan, kita balik ke penginapan. akhirnya kita maen capsah ampe jam 11.45. terus keluar kamar buat nyebrang ke pantai timur dan menunggu tahun baru. wauw,,,kembang api di mana-mana menyambut tahun baru! setelah jam 12.05 ternyata langsung gerimis dan ujan dong! akhirnya kita balik ke penginapan dan tidur.

makan – capsah- kembang api

tanggal 1 januari 2010 pagi, kita berencana mau ke pasir putih yang ada di cagar alam ujung Pangandaran. sayang cuaca ga mendukung dan malah gerimis. akhirnya pagio ini malah pada pijet-pijetan dan packing. beres jumatan, kita akhirnya cek out dari penginapan, dan mampir dulu ke pantai barat buat makan di rumah makan padang. lumayan 15.000 makan nasi, sayur, rendang, amam es teh manis. panas banget siang-siang. beres makan, akhirnya kita memutuskan naek becak ke terminal. awalnya tukang becak ini ingin di bayar 20.000/becak. setelah kita ngobrol panjang, akhirnya diputuskan 50.000/4 becak. nyampe terminal kudu nunggu dulu dong busnya!. alhamdulillah jam 3 bus AC Budiman jurusan Pangandaran – Bandung dateng juga. untuk perjalanan pulang ini, AC tempat gw dan 2 orang lainnya  duduk ga bisa di tutup, alhasil kita bertiga kedinginan >.< nyampe caheum. di terminal caheum kita nyampe jam 10.00 malem.

bener-bener liburan yang menyenangkan!! di total-total kita ngabisin duit sekitar 315.000 belum termasuk cemilan, pop mie, kopi, susu, dan aqua buat di jalan. di perjalanan ini gw juga menemukan 2 temen baru yang asyik banget. thanks for all,,,cheers!!!!

17 thoughts on “Backpacker ke Pangandaran

    • hu?? ga banyak kok dik,,,
      itu merupakan akumulasi gaji, dan pemakaian uang jajan bulan januari😀
      lagian namanya juga backpacker berarti ngehemat :p

      kurang foto yah dik?

  1. pick season atou peak season ya?
    :))
    musim mengambil donk..
    wkwkkwkwkk..
    gw nyari ilham dari tulisan lo yaa (sok keren gini bahasanya)

  2. tanks wat infonya… bisa minta no.kontak penginapannya???
    gw mw kesana cuma 5 orang akhir bulan juni ini.. bales pliz,gw tunggu secepatna… thx b4

    • sama-sama, semoga bisa membantu yah🙂
      kebetulan nomer penginapannya gw ilang. tapi bisa cek 108 deh,,nama hotelnya Bumi Pananjung.

    • mas? wah foto saya kayak mas-mas yah? padahal perempuan niy T-T.

      kalo dari malang, saya ga terlalu tahu harus naek apa. tapi coba saja lihat jadwal bus apakah ada yang ke arah pangandaran atau tidak. coba cek bus budiman atau kramat jati, etc.

      atau kalo mau rada jauh, naekj kereta aja dari malang ke bandung, baru dari bandung kamu ke terminal caheum dan naek bus yang ke pangandaran.

      semoga infonya bisa berguna yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s